Sukses


Curahan Hati Marc Klok: Enggak Kebayang Persija Tanding Tanpa Suporter

Bola.com, Jakarta - Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok, sulit membayangkan untuk bermain tanpa disaksikan suporter di stadion. Menurut Klok, suporter adalah unsur penting buat pemain untuk memotivasi memberikan penampilan terbaik di lapangan.

Pandemi COVID-19 membuat sepak bola harus menerapkan pengalaman baru berupa penerapan protokol kesehatan. Hal inilah yang mulai harus dibiasakan oleh Marc Klok dan pemain Persija Jakarta lainnya.

Para suporter tidak diperkenankan memberikan dukungan secara langsung di stadion. Hal ini terjadi untuk meminimalisir kerumunan dan mencegah penyebaran COVID-19.

Contohnya pada Piala Menpora 2021 yang akan digelar mulai 21 Maret mendatang. Kepolisian Republik Indonesia memberikan izin menggelar turnamen pramusim tersebut dengan catatan laga digelar tertutup dan harus disiplin protokol kesehatan.

"Sekarang sudah jelas tidak akan ada suporter. Saya rasa kecintaan semua pemain terhadap sepak bola karena adanya suporter," kata Marc Klok.

"Pasti akan sulit untuk pemain karena kami datang ke lapangan untuk suporter. Tak ada suporter membuat tidak ada motivasi dalam bertanding dan itu berbeda dengan situasi sebelumnya," tegas Marc Klok.

Persija Jakarta sudah menggelar pemusatan latihan sejak Senin (1/3/2021). Pasukan Sudirman punya waktu tak sampai tiga pekan untuk mempersiapkan tim jelang bertempur di Piala Menpora 2021.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Tantangan Berat

Marc Klok tak menampik bakal mendapatkan tantangan berat pada awal-awal latihan bersama Persija Jakarta. Hal itu sangat wajar mengingat mereka sudah lama tidak berlatih bersama di lapangan.

Selain itu, bermain pada masa pandemi COVID-19 juga bakal menghadirkan pengalaman baru. Klok kini berburu dengan waktu untuk bisa kembali ke level seperti sebelumnya.

"Kami punya tiga pekan untuk persiapan. Setelah itu akan ada pertandingan dalam tiga hari dan itu pasti akan berbeda. Pemain juga tidak akan fit seperti sebelumnya," ucap Klok.

Video Populer

Foto Populer