Sukses


3 Pemain Timnas Indonesia yang Tampil Apik Saat Menang atas Tira Persikabo

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia meraih kemenangan 2-0 atas Tira Persikabo dalam pertandingan uji coba yang digelar di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (5/3/2021) malam. Dalam pertandingan tersebut, anak asuh Shin Tae-yong mendapatkan perlawanan yang cukup ketat dari Abduh Lestaluhu dkk.

Timnas Indonesia mencetak gol lewat kaki Kadek Agung pada menit akhir babak pertama dan Muhammad Rafli pada menit ke-48.

Perlawanan ketat itu sudah terlihat sejak awal pertandingan. Tira Persikabo langsung mengemas empat peluang yang mengancam gawang Timnas Indonesia yang dikawal Muhammad Riyandi dalam empat menit pertama pertandingan.

Namun, Tim Garuda mampu memberikan pengawalan yang sangat baik di lini pertahanan. Muhammad Ridho dan Rachmat Irianto, dibantu dua pemain di sisi sayap pertahanan, Rifad Marasabessy dan Pratama Arhan, mampu mengatasi ancaman-ancaman yang dibuat Persikabo.

Harus diakui ada beberapa kesempatan dari Tira Persikabo, seperti Dimas Drajad mampu lolos dari penjagaan dan melepaskan tembakan, membuat gawang Tim Garuda nyaris kebobolan. Namun, Riyandi mampu mengamankan gawangnya dari ancaman.

Lini tengah Timnas Indonesia juga cukup baik. Hanif Sjahbandi bersama Adam Alis dan Kadek Agung mengawal lini tengah dengan baik untuk membantu Feby Eka Putra, Dendy Sulistyawan, dan Kushedya Hari Yudo mencari peluang mencetak gol ke gawang Tira Persikabo. Gol pertama pun baru tercipta pada menit akhir babak pertama lewat tembakan melengkung yang dilepaskan Kadek Agung.

Mengingat ini sebuah laga uji coba, Shin Tae-yong pun langsung melakukan empat pergantian pemain pada awal babak kedua. Ridho digantikan oleh Andi Setyo, Rizky Pellu masuk untuk menggantikan Hanif Sjahbandi, Feby Eka Putra ditarik keluar dan digantikan Yacob Sayuri, dan Muhammad Rafli masuk untuk menggantikan Dendy Sulistyawan.

Terlihat Riyandi, Adam Alis, dan Kushedya Hari Yudo masih ada di lapangan pada awal babak kedua. Rafli yang menggantikan Dendy Sulistyawan sukses mencetak gol pada menit ke-48.

Sepanjang babak kedua, Shin Tae-yong mencoba beberapa pergantian pemain lagi untuk menguji kekuatan para pemain yang dimilikinya. Kushedya Hari Yudo digantikan oleh Braif Fatari pada menit ke-71, sementara Rifad Marasabessy dan Adam Alis ditarik pada akhir babak kedua dan digantikan oleh Koko Ari Araya dan Irfan Jauhari. Namun, tak ada gol tambahan yang tercipta hingga peluit panjang berbunyi.

Lalu siapa saja pemain yang tampil apik dalam pertandingan ini? Bola.com memilih 3 pemain Timnas Indonesia di antara semua pemain yang tampil dalam laga uji coba tersebut. Siapa saja mereka?

2 dari 5 halaman

Kadek Agung

Pemain Bali United ini mengawal lini tengah Timnas Indonesia dengan baik. Berposisi sebagai gelandang tengah bersama Hanif Sjahbandi, Kadek Agung memiliki wilayah operasional yang cukup luas, membantu pertahanan dan membantu serangan dari berbagai arah.

Kadek Agung juga menjadi pemain yang beberapa kali menjadi eksekutor bola mati, selain Adam Alis, ketika Timnas Indonesia mendapat kesempatan dari tendangan bebas atau sepak pojok.

Akhirnya Kadek Agung pun memberikan kontribusi besar ketika melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Bola tendangan yang dilepas pemain Bali United ini melengkung ke sudut atas gawang Tira Persikabo dan gagal diantisipasi oleh kiper Syahrul Trisna Fadilah yang tampil apik di bawah mistar gawang Tira Persikabo.

Setelah mencetak gol pada akhir babak pertama, Kadek Agung ditarik keluar oleh Shin Tae-yong pada awal babak kedua untuk memberi kesempatan kepada pemain lain untuk beruji coba dalam pertandingan ini.

3 dari 5 halaman

Muhammad Rafli

Jika pada babak pertama ada Kadek Agung yang bermain apik di lini tengah Timnas Indonesia dan berkontribusi besar lewat gol yang ia ciptakan, pada babak kedua ada Muhammad Rafli yang masuk menggantikan Dendy Sulistyawan pada awal babak kedua.

Rafli, pemain muda yang sudah menjadi andalan di Timnas Indonesia U-22 sejak menjuarai Piala AFF U-22 2019 itu, berhasil mencetak gol hanya dalam kurun waktu tiga menit setelah masuk lapangan.

Duetnya bersama Kushedya Hari Yudo yang juga merupakan rekan setimnya di Arema FC cukup baik pada babak kedua. Rafli mampu dengan cepat beradaptasi dengan permainan tim meski baru masuk lapangan.

4 dari 5 halaman

Adam Alis

Berbeda dengan dua pemain di atas, Adam Alis merupakan satu dari beberapa pemain yang dibiarkan oleh Shin Tae-yong bermain selama 90 menit. Meski digantikan oleh Irfan Jauhari pada masa injury time, Adam Alis tercatat tampil baik dalam 90 menit bermain.

Adam Alis menjadi kreator di lini tengah untuk membangun serangan Timnas Indonesia. Bersama Hanif Sjahbandi dan Kadek Agung pada babak pertama, dan Rizky Pellu serta Yacob Sayuri pada babak kedua, Adam Alis tampil dengan performa yang terlihat tanpa lelah untuk merebut bola dari kaki pemain Tira Persikabo maupun berusaha menggedor pertahanan tim lawan.

Adam Alis beberapa kali juga memberikan ancaman terhadap gawang Tira Persikabo yang dikawal Syahrul Trisna Fadilah. Tampaknya, dari pertandingan ini Adam Alis bisa saja menjadi kandidat satu dari tiga pemain senior yang bakal memperkuat Timnas Indonesia di SEA Games 2021.

5 dari 5 halaman

Video

3 Gol Terbaik Semifinal Piala Menpora 2021, Sundulan Maut Ezra Walian

Video Populer

Foto Populer