Sukses


Selalu Kebobolan di Piala Menpora, Persebaya Rombak Gaya Bertahan

Bola.com, Bandung - Persebaya Surabaya masih memiliki waktu untuk bersiap melakoni pertandingan berikutnya di Grup C Piala Menpora 2021. Mereka tidak bertanding saat empat kontestan Grup C lainnya berlaga pada Kamis (1/4/2021).

Tim Bajul Ijo masih akan bertanding pada Sabtu (3/4/2021) dengan melawan Persela Lamongan di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung. Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, mulai melakukan persiapan untuk melakoni duel sesama tim Jawa Timur itu.

Rachmat Irianto dkk. menjalani menu latihan taktik dan penguasaan bola di komplek Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Rabu (31/3/2021). Selama sekitar 30 menit, skuad Persebaya menggenjot kemampuan mengalirkan bola dalam situasi mendapat tekanan lawan.

“Latihan hari ini tadi intensitas cukup tinggi. Ini tadi latihan taktik. Di akhir latihan saya beri memberikan penjagaan kondisi. Karena besok saya liburkan pemain, jadi saya tingkatkan di hari ini,” kata Aji Santoso.

Setelah itu, dilanjutkan dengan mini game 11 lawan 11. Aji tampak beberapa kali menghentikan permainan guna memberikan contoh langsung dari strategi yang ia inginkan. Mantan pelatih Timnas Indonesia tersebut juga mencoba mengutak-atik komposisi pemain di lini tengah.

Aji juga meningkatkan intensitas latihan guna memantapkan taktik permainan. Latihan hari ini berlangsung 90 menit dengan didominasi menu taktikal. Pelatih berusia 50 tahun itu lebih banyak memperbaiki gaya bertahan Persebaya Surabaya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Persebaya Lebih Diuntungkan

Hal itu tidak lepas dari kelemahan sektor pertahanan dalam dua laga terakhir meski berhasil menang. Persebaya selalu kebobolan karena menang dengan skor identik 2-1 melawan Persik Kediri dan Madura United.

Catatan belum pernah membukukan clean sheet itu menjadi sorotan buat Aji Santoso agar timnya tak lagi kebobolan menghadapi Laskar Joko Tingkir.

“Main sebenarnya anak-anak sudah menunjukkan peningkatan bagus. Yang perlu saya benahi soal pertahanan, karena kami selalu kebobolan. Saya juga instruksikan untuk bertahan lebih kuat. Disiplin dalam bertahan serta prinsip-prinsip bertahan juga harus dipahami dengan baik,” imbuhnya.

Persebaya sedikit lebih diuntungkan dengan memiliki waktu tiga hari sebelum duel itu berlangsung. Sedangkan Persela masih akan bertanding kontra Madura United, Kamis (1/3/2021), dan hanya punya istirahat sehari sebelum bertempur melawan Persebaya.   

Video Populer

Foto Populer