Sukses


Hitung-hitungan Peluang Lolos di Grup C Piala Menpora: Kans Persebaya Paling Besar, PSS dan Persela Butuh Hasil Positif

Bola.com, Bandung - Berbeda dengan tiga grup lain di Piala Menpora 2021 yang sudah memasuki momen penentuan pada matchday ketiga pada pekan ini, Grup C masih belum memasuki pekan krusial lantaran hanya grup ini yang berisikan lima tim peserta. Persebaya Surabaya punya peluang paling besar untuk lolos, begitu pun Madura United. Sementara Persela Lamongan dan PSS Sleman harus bekerja keras untuk bisa mengejar peluang tersebut.

Persebaya Surabaya saat ini berada di puncak klasemen Grup C Piala Menpora 2021 dengan enam poin, unggul tiga poin dari Madura United yang berada di peringkat kedua. Sementara itu, Persela Lamongan dan PSS Sleman sama-sama mengoleksi satu poin di peringkat ketiga dan keempat. Sementara Persik Kediri berada di dasar klasemen tanpa poin.

Pada matchday ketiga Piala Menpora 2021 ini, Persebaya yang berada di puncak klasemen mendapatkan kesempatan untuk beristirahat, setelah dalam dua matchday sebelumnya Persela dan Persik yang mendapatkan kesempatan istirahat.

Bagi Persebaya kesempatan istirahat ini menjadi momen untuk mengembalikan kebugaran setelah dua kali bertanding menghadapi Persik Kediri dan Madura United. Harapannya ketika menghadapi Persela dan PSS, tim asuhan Aji Santoso itu bisa kembali melanjutkan tren positif yang sudah mereka raih dalam dua laga pertama.

Namun, bagi empat tim lain, tidak bertandingnya Persebaya tentu menjadi momen untuk bisa mendapatkan poin dan memperkecil selisih dengan Bajul Ijo, terutama bagi Madura United yang berada di peringkat kedua.

Lalu bagaimana kans tim-tim di Grup C Piala Menpora 2021 untuk lolos ke perempat final, mengingat matchday ketiga ini bukanlah pertandingan terakhir mereka? Berikut ulasannya.

Video

2 dari 5 halaman

Persebaya Paling Berpeluang

Seperti sudah diulas sebelumnya, Persebaya merupakan tim yang paling berpotensi lolos ke perempat final Piala Menpora 2021. Kemenangan dalam dua pertandingan yang sudah dijalani Bajul Ijo menjadi modal yang sangat bagus, terutama karena mereka akan tetap berada di puncak meski tidak bertanding dalam matchday ketiga.

Bajul Ijo memulai Piala Menpora dengan kemenanga 2-1 atas Persik Kediri. Dua gol penalti Samsul Arif membantu Bajul Ijo bangkit dari ketinggalan karena gol yang dicetak Andri Ibo lebih dulu.

Sementara itu, pada pertandingan kedua Persebaya menang 2-1 atas Madura United. Ady Setiawan dan Rendi Irwan membantu Bajul Ijo meraih kemenangan kedua mereka.

Dua kemenangan tersebut membuat Persebaya tidak tersentuh di puncak klasemen, termasuk jika Madura United meraih kemenangan atas Persik Kediri pada laga hari ini. Persebaya yang unggul head to head atas Madura United karena kemenangan 2-1 yang mereka raih membuat mereka bakal tetap di puncak.

Kini tinggal menanti apakah Persebaya bisa memenangi dua laga tersisa. Satu kemenangan dalam dua laga tersisa itu sudah cukup untuk mengamankan kans Persebaya untuk lolos ke perempat final Piala Menpora 2021.

3 dari 5 halaman

Madura United Bisa Menjadi Pendamping

Madura United saat ini berada di peringkat kedua klasemen Grup C Piala Menpora 2021 dengan tiga poin. Kemenangan 2-1 atas PSS Sleman menjadi modal yang sangat bagus untuk mengawali Piala Menpora.

Sayang Madura United harus menyerah 1-2 dari Persebaya Surabaya pada laga kedua. Hal itu membuat Laskar Sape Kerap masih harus berjuang untuk bisa mengamankan peluang melangkah ke perempat final.

Kemenangan atas Persik Kediri akan membuat Madura United punya jumlah poin yang sama dengan Persebaya Surabaya. Artinya, Madura United juga punya peluang yang sama besar seperti Persebaya seandainya meraih kemenangan dalam laga ini.

Namun, tidak demikian jika Persela mampu menahan imbang atau mengalahkan Madura United. Laskar Sape Kerap bakal kesulitan karena hasil pertandingan antara Persik Kediri dan PSS Sleman akan ikut memengaruhi peluang Madura United untuk lolos ke perempat final.

4 dari 5 halaman

Persela dan PSS Masih Punya Asa

Persela Lamongan dan PSS Sleman saat ini berada di peringkat ketiga dan keempat dalam klasemen sementara Grup C Piala Menpora 2021. Kedua tim itu sama-sama mengoleksi satu poin yang mereka dapatkan kala saling berhadapan ketika bertanding pada matchday kedua.

Sementara itu, PSS kalah dari Madura United pada laga pertama pada matchday pertama. Sementara Persela Lamongan memang baru menjalani satu pertandingan karena tidak bertanding pada matchday pertama.

Kemenangan pada matchday ketiga Grup C akan menjadi jalan bagi kedua tim untuk sama-sama memiliki kans lolos ke perempat final Piala Menpora 2021. Namun, tentu itu tidak mudah.

Persela harus menghadapi Madura United. Tentu Laskar Joko Tingkir tidak akan dengan mudah meraih kemenangan atas tim asuhan Rahmad Darmawan itu. Tapi, keajaiban menang bakal membawa tim asuhan Didik Ludiyanto itu punya kans untuk lolos ke perempat final.

Sementara itu, PSS bertemu dengan Persik pada hari ini. PSS tentu punya peluang lebih besar karena Persik yang menjadi lawan kini berada di dasar klasemen karena kekalahan dari Persebaya pada laga matchday pertama.

5 dari 5 halaman

Tanpa Poin, Persik Punya Peluang Asal Sapu Bersih Kemenangan

Persik Kediri memang saat ini masih tanpa poin di Grup C Piala Menpora 2021. Itu karena Macan Putih baru satu kali bertanding di Grup C, yaitu saat kalah 1-2 dari Persebaya Surabaya pada matchday pertama.

Sementara pada matchday kedua, Persik tidak bertanding dan mendapatkan kesempatan istirahat. Hal ini yang membuat tim asuhan Joko Susilo itu belum punya poin hingga saat ini.

Namun, pada saat yang sama, Persik masih punya tiga pertandingan lagi hingga laga terakhir Grup C, mulai dari laga kontra PSS Sleman pada hari ini, kemudian menghadapi Madura United, dan terakhir menghadapi Persela Lamongan.

Jika mampu menyapu bersih kemenangan dalam tiga laga tersisa, Persik tentu bisa bersaing untuk meraih dua posisi teratas di Grup C Piala Menpora. Namun, jika kembali gagal meraih kemenangan, peluang Macan Putih untuk lolos benar-benar tertutup.

Video Populer

Foto Populer