Sukses


3 Pemain Persebaya yang Berpotensi Menyulitkan Persela di Piala Menpora

Bola.com, Bandung - Persebaya Surabaya bakal menghadapi Persela Lamongan dalam lanjutan Grup C Piala Menpora 2021. Duel sesama tim Jawa Timur itu bakal dihelat di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu malam (3/4/2021).

Di turnamen pramusim ini, kualitas kekuatan tim Persebaya sebenarnya mengalami penurunan drastis. Pasalnya, manajemen Bajul Ijo membuat kebijakan dengan tidak merekrut pemain asing dan lebih mengandalkan pemain muda.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, berusaha untuk tetap bisa memanfaatkan pemain yang ada. Meski, sebenarnya tak banyak pilihan yang dimilikinya untuk menampilkan komposisi pemain dalam turnamen pramusim kali ini. 

Klub berjulukan Bajul Ijo itu memutuskan untuk mengandalkan pemain muda dalam Piala Menpora 2021. Sebut saja Rachmat Irianto, Koko Ari Araya, Rizky Ridho, Mochammad Supriadi, dan Satria Tama.

Kondisi ini justru membuat Aji bisa mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki oleh para pemain muda tersebut. Meski minim pengalaman, mereka bisa dibilang adalah talenta penting yang menjadi aset bagi klub.

Aji Santoso sendiri dikenal sebagai pelatih yang gemar mengorbitkan pemain muda baru untuk menjadi andalan tim. Sebelumnya, hal serupa sudah diterapkannya saat memoles Saddil Ramdani di Persela Lamongan.

Terlebih lagi, beberapa nama pemain muda Persebaya  merupakan pemain jebolan kompetisi internal atau asli Surabaya. Hal itu tentu saja menjadi keuntungan karena mereka sudah lama mendambakan impian bermain untuk tim asal Kota Pahlawan itu.

Apa yang dilakukan Persebaya ini justru menjadi kesempatan untuk melakukan regenerasi pemain. Sebab, mereka akan bertanding empat kali di Grup C Piala Menpora 2021. Artinya, ada banyak kans untuk menambah jam terbang pemain muda.

Di antara 24 pemain yang telah dikontrak Persebaya, hanya dua di antaranya yang telah berusia kepala tiga. Mereka adalah gelandang Rendi Irwan (33 tahun) dan striker Samsul Arif (36). Sisanya bahkan didominasi oleh pemain muda.

Dengan pemain minim pengalaman, Persebaya  diprediksi tidak akan kesulitan di Piala Menpora 2021. Sebab, mereka memiliki kemampuan yang cukup baik dengan pencapaian di berbagai Timnas Indonesia.

Itu sudah terbukti dengan keberhasilan Bajul Ijo menang 2-1 atas Persik Kediri di matchday pertama, Selasa (23/3/2021). Apalagi, Persebaya bermain dengan 10 personel sejak menit ke-35 dan tertinggal terlebih dahulu.

Persebaya juga sukses menekuk Madura United dengan skor yang sama (28/3/2021). Hal ini tentu menjadi catatan buat Persela yang juga ingin memetik kemenangan.

Meski berisikan pemain “hijau”, Persebaya Surabaya diprediksi tetap akan memiliki pemain andalan di masing-masing lini. Bola.com telah merangkum para pemain yang diprediksi menjadi bintang melawan Persela. Simak ulasannya:

Video

2 dari 4 halaman

Rachmat Irianto

Kapten Persebaya Surabaya ini termasuk pemain serba bisa yang mampu beroperasi di berbagai posisi. Dia berposisi asli sebagai bek tengah. Namun, pemain akrab disapa Rian itu juga pernah dipasang sebagai gelandang bertahan dan bek kiri.

Rian kemungkinan bakal kembali menjadi pemain yang menjaga jantung pertahanan. Kemampuannya dalam berduel, merebut bola, melakukan tekel, intersep, dan clearance sudah tentu menjadi modal penting menghalau serangan lawan.

Ketangguhannya di lini belakang sudah terbukti dengan kiprahnya bersama Timnas Indonesia di berbagai kelompok usia. Pemain berusia 21 tahun itu mengawalinya sejak Timnas Indonesia U-19 dan Timnas Indonesia U-22 yang di kedua tim itu dia menjadi kapten tim.

3 dari 4 halaman

Ricky Kambuaya

Persebaya mengalami masalah di lini tengah dengan absennya gelandang bertahan Muhammad Hidayat. Pemain berusia 24 itu mendapat larangan bertanding karena sudah mengoleksi dua kartu kuning.

Sebagai gantinya, Persebaya telah menyiapkan Ricky Kambuaya yang kemungkinan bakal berduet di posisi gelandang bertahan bersama Ady Setiawan. Pemain asal Papua itu juga belum mendapat kesempatan masuk starting eleven.

Di dua laga sebelumnya, Ricky harus puas sebagai pemain pengganti yang masuk di babak kedua. Tapi, dia mampu memberi kontribusi apik. Dia selalu menjadi alternatif untuk memecah kebuntuan yang datang dari lini kedua.

Kemampuannya dalam mengolah bola tentu bakal menyulitkan Persela dalam duel di lini tengah. Pemain satu ini patut diwaspadai karena memiliki pergerakan yang sulit ditebak.

4 dari 4 halaman

Rendi Irwan

Sosok berusia 33 tahun ini juga belum pernah tampil sebagai starter dalam dua laga sebelumnya. Tapi, jangan dikira pemain asli binaan Persebaya tidak mampu berkontribusi di usianya yang semakin senja.

Rendi termasuk pemain yang mampu memainkan bola di lini tengah dan membuyarkan konsentrasi lawan. Kemampuan itu sudah terbukti apik saat dia membantu Persebaya menekuk Madura United dengan skor 2-1 (28/3/2021).

Di laga bertajuk Derbi Suramadu itu, Rendi menjadi penentu kemenangan tim Bajul Ijo lewat golnya pada menit ke-72. Sebelumnya, Persebaya mencetak gol lewat Ady Setiawan (11’) dan sempat dibalas Madura United berkat Slamet Nurcahyo (47’).   

Video Populer

Foto Populer