Sukses


Rahmad Darmawan Pasrah soal Kans Madura United ke Perempat Final Piala Menpora

Bola.com, Bangkalan - Madura United dalam situasi yang kurang menguntungkan dengan hanya mengoleksi empat poin di Grup C Piala Menpora 2021. Mereka berpeluang lolos ke perempat final api, kans itu tipis karena harus bergantung pada hasil yang didapat oleh tim lain.

Madura United sudah tidak memiliki agenda pertandingan lagi di Grup C. Sedangkan, empat tim lain, yakni Persebaya Surabaya (7 poin), PSS Sleman (4), Persela Lamongan (3), dan Persik Kediri (3), masih akan bertanding pada 7 April.

Persela dijadwalkan berjumpa Persik Kediri di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (7/4/2021) sore. Sementara PSS Sleman bakal berhadapan dengan Persebaya di stadion yang sama, Sabtu malam.

Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, sudah pasrah dengan sisa pertandingan tim lain. Sebab, kepastian timnya lolos ke perempat final sangat bergantung pada dua pertandingan terakhir di Grup C.

“Kami sudah berjuang maksimal dan memainkan semua pertandingan di Grup C. Situasinya seperti ini karena kami mendapat jadwal dengan memainkan semua pertandingan di awal, mungkin agak kurang menguntungkan,” ujarnya.

“Saat kami sudah menyelesaikan pertandingan, empat tim lain masih akan bertanding sampai tanggal 7 April. Mereka juga masih punya peluang lolos dan itu tergantung penampilan di pertandingan terakhir,” imbuh pelatih yang menangani Madura United sejak 2020 itu.

Video

2 dari 3 halaman

Baru Persebaya yang Lolos

Dari semua kontestan Grup C, hanya Persebaya yang telah mengunci tiket lolos ke perempat final. Namun, status mereka belum memastikan berstatus sebagai juara grup atau runner-up.

Madura United akan lolos dengan catatan, seandainya PSS ditekuk Persebaya, dan Persela bermain imbang kontra Persik. Dengan begitu, Laskar Sape Kerap bakal sama-sama mengoleksi empat poin bersama PSS, Persela, dan Persik. Itu pun masih perlu syarat tambahan.

Sesuai Regulasi Piala Menpora 2021 dalam Pasal 5, penentuan klasemen akan ditentukan lewat head-to-head jika terdapat beberapa tim dengan jumlah poin yang sama.

“Jumlah nilai yang lebih tinggi didapat masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan hanya di antara klub-klub terkait yang memiliki jumlah nilai yang sama,” demikian pada ayat 2.f.2.a.i.

Itu artinya, masing-masing pertandingan melawan Persebaya tidak dihitung karena poin yang dimaksud hanya dilihat pada pertemuan empat tim dengan poin yang sama tersebut.

3 dari 3 halaman

Peluang

Jika skema ini terjadi, maka Madura United, PSS, Sleman, dan Persik Kediri masih sama-sama mengoleksi empat poin. Sebab, ketiga klub tersebut kalah kontra Persebaya. Patut diingat, ini masih dengan catatan PSS ditekuk Persebaya di laga terakhir.

Maka, penentuannya akan berlanjut pada selisih gol yang kemungkinan juga masih akan sama-sama minus. Di sinilah peluang Madura United muncul. Mereka punya catatan produktivitas dengan lima gol, masih jadi yang terbanyak di antara tim lain di Grup C.

“Sekarang kami harus menunggu hasil pertandingan terakhir. Kita nanti akan sama-sama melihat hasilnya seperti apa,” ujar Rahmad Darmawan.   

Video Populer

Foto Populer