Sukses


Peta Persaingan Perempat Final Piala Menpora: Siapa Jadi Unggulan dan Kuda Hitam?

Bola.com, Jakarta - Tujuh dari delapan slot untuk perempat final Piala Menpora 2021 telah terisi. Satu posisi lainnya masih diperebutkan oleh empat tim dari Grup C.

Ketujuh tim yang telah dipastikan melaju ke delapan besar Piala Menpora meliputi PSIS Semarang dan Barito Putera dari Grup A, Persija Jakarta dan PSM Makassar dari Grup B, Persebaya Surabaya dari Grup C, dan Persib Bandung serta Bali United dari Grup D.

Adapun, tandem Persebaya dari Grup C di perempat final akan terjawab dalam pertandingan terakhir babak penyisihan pada 7 April 2021.

Empat tim dari Grup C masih berpeluang untuk melangkah ke delapan besar Piala Menpora. Keempat klub tersebut adalah Madura United dengan nilai empat, PSS Sleman dengan poin empat, dan Persela Lamongan serta Persik Kediri yang sama-sama merangkum tiga angka.

Dua partai bakal digelar pada matchday terakhir Grup C. Pertandingan penentuan tersebut akan dimulai duel Persela kontra Persik, dilanjutkan pertarungan PSS menghadapi Persebaya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 4 halaman

Kapan Perempat Final Dimulai?

Perempat final Piala Menpora akan bergulir pada 9-12 April 2021. Juara Grup A, PSIS Semarang akan menghadapi PSM Makassar pada hari pertama

Sementara itu, penguasa Grup B, Persija Jakarta, bakal bertemu dengan Barito Putera selaku runner-up Grup A pada 10 April 2021. Dua pertandingan delapan besar ini akan dilaksanakan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

Adapun, Persib Bandung sebagai pemuncak Grup D akan berhadapan dengan runner-up Grup C pada 11 April 2021. Sehari berselang, kampiun Grup C bakal meladeni perlawanan Bali United.

Venue untuk perempat final yang mempertemukan wakil Grup C dan D masih belum ditentukan karena menunggu lawan Persib lebih dulu.

Ketua OC, Akhmad Hadian Lukita mengatakan, pihaknya tengah memikirkan antara Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung dan Stadion Maguwoharjo, Sleman, untuk perempat final Grup C dan D.

"Bandung dan Sleman masih menjadi opsi kami untuk venue perempat final Piala Menpora. Namun, kami juga mempertimbangkan lokasi-lokasi lain," kata Lukita kepada Bola.com, Minggu (4/4/2021).

OC belum dapat memutuskan satu stadion lagi untuk perempat final Piala Menpora, karena pertimbangan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kantimnas). Pasalnya, Persib sebagai juara Grup D, berpeluang berhadapan dengan Persebaya dari Grup C.

Jika skenario itu terwujud, OC disinyalir tidak akan menggelar perempat final Grup C dan D di Bandung untuk menghindari kemungkinan menarik antusiasme suporter, mengingat pendukung kedua tim, Bobotoh dan Bonek, memiliki kedekatan.

"Pertimbangannya karena terkait keamanan dan ketertiban masyakarat. Siapa yang akan menjadi lawan Persib Bandung nantinya, memengaruhi venue perempat final," jelas Lukita.

3 dari 4 halaman

Siapa Unggulan di Perempat Final?

Persib Bandung, Persija Jakarta, Bali United, dan PSIS Semarang menjadi unggulan pada perempat final. Keempatnya diyakini akan mulus melaju ke semifinal.

Secara kekuatan, Persib terlalu hebat untuk siapapun calon lawan dari Grup C. Tim berjulukan Pangeran Biru itu juga superior pada penyisihan grup setelah dua kali menang dan sekali seri.

Di sisi lain, Persija di ambang kelolosan ke empat besar setelah hanya berhadapan dengan Barito Putera. Tren Macan Kemayoran, julukannya, terus naik setelah kalah 0-2 dari PSM Makassar pada partai pertama Grup B.

Sementara itu, PSIS juga lebih diunggulkan atas PSM. Keperkasaan Hari Nur Yulianto dan kawan-kawan pada babak penyisihan menjadi penyebabnya.

Sama seperti Persib, PSIS tidak terkalahkan di Grup A dengan perolehan dua menang dan sekali seri.

Bali United pun di atas angin pada perempat final Piala Menpora. Armada Stefano Cugurra Teco itu berpeluang menghadapi Persebaya. Di atas kertas, tim berjulukan Serdadu Tridatu itu unggul segalanya dari lawannya tersebut.

4 dari 4 halaman

Kuda Hitam di Perempat Final

Meski begitu, hati-hati dengan PSM Makassar. Penampilan Zulham Zamrun dan kawan-kawan bak air tenang menghanyutkan.

Bermodalkan pemain lokal, PSM bisa keluar dari sergapan grup neraka. Tim berjulukan Pasukan Ramang itu juga berhasil mengalahkan Persija dan mengimbangi Bhayangkara Solo FC.

PSM akan bermain tanpa beban saat melawan PSIS. Kondisi seperti itu yang terkadang membuat tim kuda hitam dapat tampil mengejutkan.

Persebaya juga diposisikan sebagai kuda hitam perempat final di Piala Menpora. Sama seperti PSM, pasukan Aji Santoso tersebut juga bermaterikan pemain lokal.

Persib atau Bali United perlu mewaspadai semangat juang Persebaya. Samsul Arif dan kawan-kawan diperkirakan bakal bermain lepas mengingat tidak terbebani target di Piala Menpora.

Video Populer

Foto Populer