Sukses


8 Besar Piala Menpora di Malang, Tidak Semua Klub Satu Hotel Lagi

Bola.com, Malang - Malang kembali ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Menpora 2021. Setelah penyisihan Grup B digelar di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, kini ada dua laga delapan besar yang dilangsungkan di tempat sama pada 9-10 April.

PSIS Semarang akan melawan PSM Makassar dan Persija Jakarta menghadapi Barito Putera. Jadi, ada empat klub lagi yang kini singgah di Malang.

Namun, ada hal berbeda yang dilakukan panitia pertandingan. Klub kontestan delapan besar tidak ditempatkan dalam satu hotel. Padahal, babak penyisihan, 4 klub ditempatkan dalam satu hotel.

Tujuannya mempermudah penerapan protokol kesehatan. Karena saat tiba, tim menjalani swab antigen. Begitu juga pagi hari menjelang pertandingan.

“Sekarang hotelnya berbeda. Ini permintaan klub peserta juga,” kata Media Officer Arema yang masuk dalam panitia lokal Piala Menpora di Malang, Sudarmaji.

"Ketentuan LIB soal tim diperbolehkan memilih hotel sendiri, tapi tetap wajib penerapan prokes dan diawasi langsung satgas COVID-19 yang telah ditunjuk," lanjutnya.

"Bahkan ketika hari H pertandingan, swab dilakukan sejak pagi di hotel klub bertanding dan tidak diperbolehkan keluar masuk hotel sampai pertandingan," tutur Sudarmaji.

Kali ini, tim yang akan saling berhadapan dapat hotel yang berbeda. Hanya Persija Jakarta dan Barito Putera yang dijadikan satu hotel. Dua tim itu tidak akan berhadapan di delapan besar Piala Menpora.

Sedangkan PSIS dan PSM sama-sama menempati hotel lain yang lokasinya masih di Kota Malang. Jadi ada tiga hotel yang menampung empat klub itu dalam setengah pekan.

Kini, panitia dan satgas COVID-19 yang harus kerja lebih keras dalam memantau protokol kesehatan di perempat final Piala Menpora.

“Kami bertugas memeriksa kedatangan dan hari pertandingan. Di luar itu, masing-masing klub melibatkan tim medisnya yang menjalankan protokol kesehatan,” kata Nanang Tri Wahyudi, dokter tim Arema yang masuk dalam Satgas COVID-19 di Malang.

 

2 dari 3 halaman

Persija Karantina, Tim Lain Tetap Hati-Hati

Dari empat klub tersebut, penerapan protokol kesehatannya memang berbeda. Dari pantauan tim Satgas COVID-19 di Malang, Persija Jakarta jadi tim yang cukup ketat selama mengarungi Piala Menpora. Mereka memberlakukan karantina untuk timnya sehingga tidak ada anggota tim yang bisa keluar masuk seenaknya.

“Yang saya tahu Persija menerapkan karantina tim. Yang lain punya cara masing-masing,” sambung Nanang.

Selain Persija, sebenarnya Bhayangkara FC juga jadi tim yang menerapkan protokol kesehatan ketat. Namun tim itu sudah kembali ke Solo karena tak lolos ke delapan besar.

Tapi, bukan berarti PSIS, PSM dan Barito Putera tidak menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mereka punya aturan masing-masing. Mereka memagari pemainnya agar tidak berkeliaran di luar hotel.

“Saya lebih banyak di kamar saja. Mau ketemu pemain dari klub lain juga tidak bisa. Kan menerapkan protokol kesehatan masing-masing,” jelas bek PSM, Hasim Kipuw.

Jadi, semua pemain yang ada di Malang hanya berkomunikasi lewat telepon maupun media sosial. Mereka pun mencoba membiasakan diri dengan hal itu. Di Liga 1 nanti, protokol kesehatan seperti ini bakal diterapkan kembali. 

 

3 dari 3 halaman

Video

Highlights Pertandingan Terakhir Babak Grup Piala Menpora 2021

Video Populer

Foto Populer