Sukses


Piala Menpora: Menang Adu Penalti, Pemain Cadangan PSM Girang Sampai Angkat Kursi

Bola.com, Malang - PSM Makassar masih terus memberikan kejutan di Piala Menpora 2021. Juku Eja, julukannya, berhasil menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal turnamen pramusim itu setelah sempat dipandang sebelah mata pada awal turnamen ini digelar.

Hal tersebut tidak lepas dari persoalan finansial dan materi pemain yang dimiliki PSM Makassar di Piala Menpora 2021. PSM menggunakan 100 persen pemain lokal, juga persiapan yang mepet. Namun, berbagai persoalan ini seperti hilang di lapangan hijau.

Momen unik pun terjadi ketika PSM berjibaku di perempat final Piala Menpora di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jumat (9/4/2021) malam. Juku Eja menuntaskan perlawanan PSIS Semarang lewat drama adu penalti dengan skor 4-2 setelah bermain imbang tanpa gol pada waktu normal.

Momen mendebarkan sempat terasa di bangku cadangan pemain yang ada di tribune bawah, atau tribune VVIP Stadion Kanjuruhan. Keheningan di bangku cadangan pecah ketika penendang pertama PSIS, Pratama Arhan, gagal menyarangkan bola. Begitu juga ketika penendang kedua, yaitu Hari Nur Yulianto, yang tembakannya ditepis bek PSM, Hilmansyah.

Suasana tim cadangan PSM sudah berselebrasi. Zulham Zamrun mulai menari. Ada pula pemain cadangan lain yang sampai mengangkat kursi. Dia menjadikan kursi itu layaknya sebuah trofi Piala Menpora.

Pelatih PSM, Syamsuddin Batola, mengaku jika pemainnya percaya diri menghadapi drama adu penalti. Terutama setelah Hilman Syah menepis tendangan algojo pertama PSIS, Pratama Arhan.

"Setelah tendangan pertama PSIS berhasil ditepis. Itu membuat kepercayaan diri anak-anak meningkat," kata pelatih PSM Makassar itu.

Video

2 dari 2 halaman

Kehadiran Munafri Arifuddin

Ketika adu penalti berakhir 4-2, para pemain cadangan berlari masuk lapangan menyambut rekan-rekannya yang berjuang di perempat final Piala Menpora 2021.

Selain aksi pemain cadangan, tampak juga CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin, yang semringah di tribune VVIP. Dia turun dari tribune atas demi melakukan tos di batas tribune penonton dengan lorong masuk pemain.

Appi, sapaannya, tetap mematuhi protokol kesehatan dan tidak sampai masuk ke lorong stadion atau ruang ganti. Setelah melakukan tos dengan pemain, dia kembali ke tribune atas.

Munafri selalu mendampingi timnya selama bermain di Malang. Pemain ikut senang dengan kehadirannya. "Tentu senang CEO selalu bersama kami, karena dia bagian dari tim ini," tegas kapten PSM, Zulkifli Syukur. 

Namun, sepertinya tidak ada bonus khusus yang akan dikucurkan untuk pemain. Kondisi finansial Juku Eja masih belum stabil. Tapi, para pemain menyadarinya. Sekarang mereka hanya ingin membuktikan barisan pemain lokal PSM bisa berbuat banyak di Piala Menpora.

Video Populer

Foto Populer