Sukses


Bungkam Barito Putera, Persija Tembus Semifinal Piala Menpora dan Kembali Jumpa PSM

Bola.com, Malang - Persija Jakarta menang 1-0 atas Barito Putera pada laga perempat final Piala Menpora 2021, di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (10/4/2021) malam WIB. Hasil itu membuat Persija lolos ke semifinal dan kembali bersua PSM Makassar.

Rencananya, laga babak empat besar Piala Menpora antara Persija versus PSM akan berlangsung dua leg. Pertemuan pertama di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada 15 April mendatang, sedangkan leg kedua di Stadion Manahan, Solo, 18 April 2021. 

Sebelumnya, kedua tim telah saling berhadapan pada laga pertama Grup B Piala Menpora 2021. Ketika itu, Persija takluk 0-2 dari PSM dalam pertandingan yang dihelat di Stadion Kanjuruhan. 

Persija langsung dikejutkan oleh peluang yang didapat Barito Putera pada menit pertama pertandingan lewat aksi Bayu Pradana. Dia melepas tembakan keras dari luar kotak penalti, namun tembakannya masih melenceng di sisi kanan gawang Persija.

Laskar Antasari terpaksa melakukan pergantian cepat pada menit ke-7. Bagas Kaffa mengalami cedera setelah salah jatuh dalam perebutan bola duel udara di situasi sepak pojok. Dia pun ditarik keluar dan diganti dengan Nazar Nurzaidin.

Memasuki menit ke-11, bek kanan Persija Marco Motta mendapat peluang emas dengan sundulan setelah situasi sepak pojok. Sayangnya, bola hasil sundulan Motta tak terarah dengan baik dan hanya melambung ke atas.

Setelah cooling break, Tim Macan Kemayoran masih tampil agresif dan mendominasi permainan. Namun, tidak ada gol yang tercipta dari kedua kubu sampai turun minum. Skor 0-0 menghiasi babak pertama duel Persija Jakarta versus Barito Putera.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Barito Putera Coba Bangkit, tapi Pertahanan Persija Solid

Barito Putera berusaha mengambil inisiatif serangan memasuki babak kedua. Bek kiri Rifky Suryawan melakukan aksi individu dengan melakukan penetrasi hingga kotak penalti Persija pada menit ke-47. Tapi, umpan silang mendatarnya mudah diamankan Andritany.

Persija mendapat giliran tampil menyerang melalui sisi kanan yang dihuni oleh Riko Simanjuntak. Riko mampu mengirim umpan silang ke jantung pertahanan lawan dan disundul oleh Osvaldo Haay pada menit ke-53. Sayang, sundulan Osvaldo lemah dan mudah ditangkap Riyandi.

Dalam situasi mendapat tekanan bertubi-tubi, Barito Putera juga berusaha melakukan serangan. Kali ini peluang terbaik mereka lahir pada menit ke-60 setelah Alif Jaelani mengirim umpan ke depan lewat sundulan. Namun, bola hasil tembakan eksekusi Kahar Muzakkar melambung.

Semenit berselang, Persija Jakarta berhasil unggul lebih dulu. Lagi-lagi lahir dari skema aksi individu Riko Simanjuntak di sisi kanan.

Setelah lepas dari kawalan, dia mengirim umpan silang mendatar yang dengan mudah membuat Simic menceploskan bola. Skor 1-0 untuk Persija.

Pada injury time yang tersisa enam menit, Barito Putera malah lebih agresif dalam melakukan serangan. Beberapa tembakan merepotkan Andritany, namun tak ada gol yang tercipta sampai peluit berbunyi panjang. Persija menang 1-0 atas Barito.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

  • Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); Marco Motta, Rohit Chand, Tony Sucipto, Rezaldi Hehanusa (belakang); Marc Klok, Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu (tengah); Alfriyanto Nico, Marko Simic, Osvaldo Haay (depan)
  • Pelatih: Sudirman
  • Barito Putera (4-3-3): Muhammad Riyandi (kiper); Bagas Kaffa, Muhammad Firly, Cassio de Jesus, Rifky Suryawan (belakang); Luthfi Kamal, Bayu Pradana, Alif Jaelani (tengah); Ambrizal Umanailo, Donald Bissa, Rizky Pora (depan)
  • Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Video Populer

Foto Populer