Sukses


Menilik Kedalaman Lini Pertahanan Persib di Piala Menpora: Solid dan Tidak Terpengaruh Rotasi

Bola.com, Sleman - Persib Bandung mulai menunjukkan taringnya sebagai tim favorit untuk memenangi turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Persib mampu menjuarai Grup C, dan itu tak lepas dari peran antarlini yang begitu kuat, satu di antaranya ada di sektor pertahanan.

Tidak ada yang bisa membantah bahwa Persib Bandung adalah tim besar dan bertabur bintang. Pemain dengan kualitas dan nama besar datang silih berganti di Persib, bukti sebagai tim yang selektif saat merekrut pemain.

Termasuk memasuki 2021 yang diawali dari turnamen pramusim bertajuk Piala Menpora. Meski sejumlah pemain baru datang, namun khsusus di lini belakang Persib tak mengalami perubahan yang signifikan.

Nama-nama bek andalan, mulai dari Victor Ignonefo, Nick Kuipers, Mario Jardel, hingga rekrutan baru rasa lama, yakni Ahmad Jufriyanto, menjadi palang pintu yang saling mengisi di jantung pertahanan Maung Bandung.

Sedikit menyimak dalam perjalanan Persib melakoni babak delapan besar Piala Menpora 2021. Menariknya adalah Roberts Alberts selalu merotasi seluruh lini, termasuk pos belakang, di tiga laga berbeda. Tak hanya sekadar pemain bertahan, posisi penjaga gawang pun selalu dirotasi.

Duet Nick Kuipers dan Victor Igbonefo diturunkan saat Persib menahan imbang Bali United. Kemudian saat laga kontra Persita Tangerang, giliran Igbonefo yang diduetkan dengan 'si anak hilang' Ahmad Jufriyanto yang sebelumnya bermain di Bhayangkara FC.

Sementara di laga terakhir, kembali Alberts memainkan duet bek Igbonefo dan Nick Kuipers saat mengatasi Persiraja Banda Aceh. Melihat performa mereka, Persib Bandung hanya kebobolan dua gol selama babak penyisihan grup.

Video

2 dari 3 halaman

Chemistry Terbentuk Lama

Kukuhnya lini belakang Persib karena kehadiran nama-nama tersebut, jut tidak lepas karena faktor chemistry. Mereka sudah lama berada di Persib Bandung untuk memaksimalkan latihan racikan Robert Alberts.

Victor Igbonefo misalnya yang sudah berseragam Persib sejak musim 2018. Nick Kuipers menyusul pada 2019. Sedangkan Ahmad Jufriyanto adalah pemain senior yang sudah tiga kali bolak-balik ke Persib.

Dengan demikian, pantas saja permainan lini belakang Persib begitu padu. Koordinasi maupun komunikasi untuk menjegal serangan lawan berjalan dengan maksimal.

Dua gol yang baru tercipta ke gawang Persib selama fase grup, satu di antara bukti kuatnya kombinasi mereka, meski harus mengalami rotasi. Kukuhnya lini belakang Persib akan diuji oleh Persebaya dalam laga perempat final, Minggu (11/4/2021).

3 dari 3 halaman

Keuntungan Besar

Deretan nama tersebut turut mempermudah pekerjaan pelatih Robert Alberts meracik skenario permainannya, terutama di barisan pertahanan Persib Bandung. Sang pelatih tinggal bongkar pasang memilih pemain yang disesuaikan dengan lawan-lawannya.

Pelatih berkebangsaan Belanda tersebut tak perlu pusing memikirkan lini belakang, apabila ada satu diantara pemainnya yang harus absen. Kualitas yang hampir sama menjadi keuntungan besar bagi Persib.

Kuatnya barisan pertahanan kombinasi Igbonefo-Kuipers-Ahmad Jufriyanto, semakin melengkapi kedalaman skuat antar lini di Persib. Selain punya kualitas di sektor tengah maupun depan yang tajam, gawang Persib juga sulit ditembus.

Video Populer

Foto Populer