Sukses


3 Pemain yang di Luar Dugaan Menjadi Bintang Piala Menpora 2021: Captain, Leader, dan Legend PSM Bernama Zulkifli Syukur

Bola.com, Solo - Bukan hanya klub yang berkepentingan di Piala Menpora 2021, pemain juga. Ajang ini dijadikan panggung para pesepak bola untuk unjuk gigi.

Siapa sangka, Piala Menpora tidak hanya melahirkan bintang baru, namun juga membangkitkan pamor pemain yang era keemasannya telah lewat.

Buktinya sudah ada. Lihat saja bagaimana performa Zulkifli Syukur di Piala Menpora. Kapten PSM Makassar ini mampu bermain konsisten sepanjang turnamen.

Banyak orang yang mengira kualitas Zulkifli Syukur sudah habis. Namun, mantan pemain Timnas Indonesia itu bisa menjawabnya dengan penampilan prima di atas lapangan.

Zulkifli Syukur tidak tergantikan sebagai kapten dan bek sayap PSM hingga babak perempat final Piala Menpora. Hebatnya, pemain yang akan menginjak 37 tahun pada 3 Mei 2021 ini selalu tampil penuh.

Putra daerah Makassar itu mampu memimpin materi pemain lokal PSM melaju ke empat besar Piala Menpora. Padahal di awal turnamen, tim berjulukan Pasukan Ramang itu sama sekali tidak diunggulkan.

Zulkifli Syukur benar-benar bermain sesuai ciri khas PSM, keras dan ngotot. Mantan pemain Arema FC itu masih tampil trengginas di posisi bek sayap kanan.

Selain Zulkifli Syukur, masih ada beberapa pemain yang di luar dugaan melejit sebagai bintang di Piala Menpora. Berikut Bola.com merangkum dua di antaranya.

2 dari 4 halaman

Assanur Rijal

Assanur Rijal membuktikan bahwa pemain lokal bisa bersaing dalam perebutan sepatu emas. Striker Persiraja Banda Aceh itu masih memimpin dengan empat gol padahal timnya telah tersingkir sejak babak penyisihan.

Singgasana top scorer Piala Menpora dicapai Assanur Rijal bukan tanpa kerja keras. Penyerang berusia 26 tahun itu langsung tancap gas. Pada partai pertama Grup D, pemain yang karib dipanggil Torres itu mencetak hattrick ketika Persiraja menang 3-1 atas Persita Tangerang.

Satu gol lagi diciptakan Assanur Rijal saat Persiraja kalah 1-2 dari Persib Bandung pada matchday terakhir Grup D. Kekalahan itu bikin Torres mengucapkan selamat tinggal kepada Piala Menpora.

Penampilan gemilang Assanur Rijal di Piala Menpora berbuah lirikan klub lain. Persis Solo, tim yang dimiliki oleh putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, memintanya bergabung untuk Liga 2 musim ini.

3 dari 4 halaman

Frets Butuan

Aman menganggap bahwa Frets Butuan adalah penampil terbaik untuk Persib Bandung di Piala Menpora. Statistik winger berusia 24 tahun itu tidak berbohong.

Frets Butuan memimpin dua daftar statistik penting Persib di Piala Menpora. Mantan pemain PSMS Medan itu menjadi yang tersubur di kategori gol dan assists.

Frets Butuan menjadi top scorer sementara Persib bareng Wander Luiz dengan dua gol.

Selain tajam, Frets Butuan juga bersumbangsih nyata untuk produktivitas Persib lainnya. Mantan pemain PSMS Medan ini menyumbangkan dua assists.

Frets Butuan juga selalu tampil sebagai starter di Piala Menpora. Pemain kelahiran Ternate, Maluku Utara ini berhasil memenangkan persaingan dengan Esteban Vizcarra untuk slot sayap kiri Persib.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer