Sukses


Duel Pelatih Sudirman Vs Syamsuddin Batola: Panggung Pembuktian 2 Sosok Kejutan di Piala Menpora 2021

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta kembali akan bertemu PSM Makassar di Piala Menpora 2021. Kedua tim tradisional di Indonesia itu bakal berduel pada semifinal turnamen pramusim tersebut.

Persija Jakarta melaju ke semifinal Piala Menpora 2021 setelah mendepak Barito Putera dengan skor 1-0. Adapun PSM Makassar sukses menyingkirkan PSIS Semarang melalui drama adu penalti dengan skor 4-2.

Kedua tim sebelumnya pernah bertemu pada Grup B Piala Menpora 2021. Ketika itu, PSM sukses mengalahkan Persija melalui gol Patrich Wanggai dan Yakob Sayuri.

Namun, laga semifinal nanti tentu akan terasa berbeda. Duel semifinal digelar dalam dua leg pertandingan yang bakal berlangsung pada 15 dan 18 April 2021.

Adanya dua pertandingan yang digelar membuat duel ini akan lebih sengit. Pertandingan ini menjadi pembuktian ketangguhan PSM Makassar atau panggung balas dendam Persija Jakarta.

Lantas bakal seperti apa laga semifinal antara Persija Jakarta melawan PSM Makassar? Laga ini diprediksi bakal menjadi panggung pembuktian dua sosok pelatih kejutan, Sudirman kontra Syamsuddin Batola.

2 dari 3 halaman

Duel 4-3-3

Pelatih Sudirman tentu sudah tidak asing di sepak bola Indonesia. Namanya, semakin sering terdengar oleh publik setelah dipercaya menukangi Persija Jakarta.

Mayoritas karier Sudirman adalah asisten pelatih. Namun, kali ini Sudirman memulai babak baru dalam kariernya sebagai pelatih kepala Persija.

Sudirman merupakan pelatih yang akrab dengan skema 4-3-3. Pada Piala Menpora 2021, Sudirman sempat mendapatkan kritikan karena miskin ide saat Persija takluk 0-2 dari PSM Makassar.

Namun, belakangan Sudirman berhasil membuat Persija bangkit dan memenangi tiga laga beruntun di Piala Menpora. Laga melawan PSM ini menjadi ujian Sudirman bisa lebih mengeksplorasi kekuatan Persija dengan maksimal, karena punya skuad yang mumpuni.

Nama Syamsuddin Batola juga sudah tak asing bagi PSM Makassar. Syamsuddin merupakan mantan pemain Juku Eja sehingga sudah khatam dengan karakter permainan timnya.

Syamsuddin sedari awal memang tak dibebani target tinggi. Namun, hal itu ternyata cukup ampuh membuat dirinya tanpa beban menukangi PSM.

Bersama Syamsuddin Batola, PSM kembali menjadi tim yang garang dan tampil agresif dalam serangan. Mengandalkan skema 4-3-3, Syamsuddin membuat Tim Juku Eja tangguh di semua lini mulai kiper, belakang, tengah, hingga depan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer