Sukses


Bumbu-bumbu Semifinal Piala Menpora: Serunya El Clasico Indonesia dan Dendam Kesumat Mantan

Bola.com, Jakarta - Piala Menpora 2021 segera memasuki fase semifinal. Empat tim akan bersaing, yakni PSM Makassar, Persija Jakarta, PSS Sleman, dan Persib Bandung.

PSM melaju ke semifinal setelah mengalahkan PSIS Semarang 4-2. Persija lolos usai menumbangkan Barito Putera 1-0. Sementara itu, Persib juga harus melewati duel sengit kontra Persebaya dan menang 3-2.

PSS menjadi klub terakhir yang mengemas tiket empat besar. Skuad Elang Jawa lolos setelah mengalahkan juara Liga 1 2019, Bali United, lewat adu penalti.

Semifinal Piala Menpora akan digelar pada 15-19 April 2021 di dua tempat, Stadion Manahan, Solo dan Stadion Maguwoharjo, Sleman. Masing-masing tim bakal bermain dua kali alias bertanding dalam dua leg.

PSM akan menghadapi Persija di Stadion Maguwoharjo pada leg pertama, Kamis (15/2021) dan Persib melawan PSS di stadion yang sama pada Jumat (16/4/2021).

"Kami juga membawa semua staf untuk menyusul, kami butuh bantuan untuk melakukan latihan di sini. Karena kami akan berada di luar Bandung hampir dua pekan dan kami harus berlatih di sini," kata pelatih Persib, Robert Alberts.

Sebagai tambahan informasi, seluruh pertandingan Piala Menpora akan ditayangkan langsung oleh Indosiar dan live streaming di Vidio.

 

2 dari 4 halaman

El Clasico Indonesia

Duel PSM Makassar kontra Persija Jakarta bisa dibilang El Clasico Indonesia. Rivalitas Macan Kemayoran dan Juku Eja sudah dimulai sejak era Perserikatan.

Persija Jakarta dan PSM Makassar sama-sama berstatus eks juara di era Perserikatan. Persija tercatat lima kali meraih gelar Piala Perserikatan, yakni pada 1954,1964,1973,1975 dan 1979. Sementara PSM juga lima kali trofi juara pada 1956–1957, 1957–1959, 1964–1965, 1965–1966 dan 1991–1992.

Ketika PSSI memutuskan menggabungkan kompetisi Perserikatan dan Galatama menjadi Liga Indonesia, Persija Jakarta dan PSM tetap eksis di jajaran elite sepak bola nasional. Persija berjaya pada Liga Indonesia 2000-2001 mengikuti jejak PSM yang meraih trofi juara satu tahun sebelumnya (1999-2000).

Rivalitas Persija dan PSM berlanjut di era Liga 1 yang dimulai pada 2017. Tahun lalu, Persija juara Liga 1 dan PSM bertengger di peringkat kedua. Menariknya, PSM membalasnya pada Piala Indonesia 2018 dengan mengalahkan Persija di final dengan agregat gol 2-1.

Di Piala Menpora, PSM dan Persija juga bertemu di babak penyisihan. Laga itu dimenangkan oleh PSM dengan skor 2-0.

3 dari 4 halaman

Mantan

Fakta menarik lainnya ialah duel PSS kontra Persib. Aroma balas dendam mantan bakal mewarnai pertandingan ini.

Dua pemain PSS, Kim Kurniawan dan Fabiano Beltrame akan menghadapi mantan klubnya, Persib. Keduanya baru hengkang pada musim ini karena kontraknya tidak diperpanjang.

Pada partai empat besar lainnya, Persija Jakarta bakal melawan PSM Makassar. Bagi tim ibu kota, pertandingan nanti layaknya revans dari kekalahan di babak penyisihan.

Persija secara mengejutkan tunduk 0-2 dari PSM pada matchday pertama penyisihan Grup B Piala Menpora. Padahal, kekuatan kedua tim cukup timpang. Tim ibu kota masih mempertahankan skuad bertabur bintangnya. Sementara komposisi tim lawan murni pemain lokal.

 

PSS paling diuntungkan dalam semifinal Piala Menpora karena satu di antara venue pertandingan adalah kandang mereka, Stadion Maguwoharjo.

Sedari awal, Organizing Committee (OC) Piala Menpora mengedepankan sentralisasi di Piala Menpora. Buktinya, tidak ada satu tim yang bermain di markasnya selama babak penyisihan dan perempat final.

Namun, kondisinya beda cerita di semifinal Piala Menpora. OC telah menunjuk Stadion Maguwoharjo sebagai venue empat besar sejak jauh-jauh hari. Cepat atau lambat, PSS bisa bermain di homebase-nya.

"Venue semifinal Piala Menpora tidak akan berubah. Tetap akan dilaksanakan di dua stadion tersebut," kata Lukita dinukil dari laman Liga Indonesia Baru.

"Memang ada pertanyaan kepada kami apakah tetap di Stadion Maguwoharjo karena PSS lolos ke semifinal. Sekali lagi, venue telah ditetapkan sejak awal," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer