Sukses


Wasit Tegas apa Kelewat Batas? PSM Vs Persija Cetak Rekor di Piala Menpora, 12 Kartu Kuning dan 1 Kartu Merah

Bola.com, Sleman - Wasit Hamim Tohari obral kartu. Pada babak semifinal Piala Menpora 2021 antara PSM Makassar kontra Persija Jakarta, total 12 kartu kuning dan satu kartu merah keluar dari saku pengadil laga asal Jawa Timur itu.

Di tengah banjir kartu, partai PSM melawan Persija Jakarta di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (15/4/2021) berakhir tanpa pemenang. Kedua tim harus puas dengan hasil antiklimaks 0-0.

Baru juga tiga menit berjalan, Hamim Tohari telah mengganjar Sutanto Tan dengan kartu kuning setelah mengganggu Marc Klok dalam duel udara. Padahal, pelanggaran itu merupakan yang pertama untuk pemain PSM Makassar ini.

Dua menit berselang, Hamim Tohari menjatuhi dua kartu kuning sekaligus, masing-masing untuk Yann Motta dan Erwin Gutawa. Dari tayangan ulang, keduanya terlibat friksi di kotak penalti saat tendangan penjuru Persija Jakarta.

Hamim Tohari begitu enteng mengeluarkan kartu kuning. Semenit kemudian, giliran Zulkili Syukur terkena getahnya. Kapten PSM Makassar itu dianggap melanggar Heri Susanto.

Lima kartu kuning dalam sepuluh menit, kira-kira begitulah highlight PSM melawan Persija Jakarta di awal pertandingan. Balas dendam Marc Klok kepada Sutanto Tan berujung kartu kuning pada menit ke-10.

Bek Persija Jakarta, Marco Motta, terbawa suasana kerasnya pertandingan. Mantan pemain Timnas Italia itu menjadi pemain keenam yang dikartu kuning setelah melanggar Rizky Eka.

Motta menerimanya pada menit ke-23.

Enam kartu kuning dikeluarkan Hamim Tohari pada 45 menit pertama pertandingan. Jumlah itu bahkan lebih banyak dari total tendangan ke gawang yang kedua tim yaitu empat shots on goal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Bagaimana dengan Babak Kedua?

Obral kartu Hamim Tohari belum berhenti di paruh kedua. Wasit berlisensi FIFA itu masih bagi-bagi enam kartu kuning dan satu kartu merah.

Ramdani Lestaluhu menjadi pemain ketujuh yang dikartu kuning Hamim Tohari pada menit ke-58, disusul Yakob Sayuri semenit berselang.

Hamim Tohari bahkan langsung mengganjar Patrich Wanggai kartu kuning pada menit ke-83 dalam percobaan pertamanya melanggar pemain Persija Jakarta.

Pada momen yang sama, Hamim Tohari tiba-tiba memberikan kartu kuning untuk Abdul Rahman dan Marco Motta. Entah apa yang terjadi dengan keduanya. Dalam tayangan ulang, keduanya hanya terlihat saling berbalas kata-kata.

Sial bagi Persija Jakarta, kartu kuning itu menjadi kedua yang bagi Motta. Bek berusia 34 tahun itu harus keluar lapangan di kondisi yang cukup genting.

Kartu kuning terakhir yang keluar dari kantung Hamim Tohari menjadi milik Rasyid Bakri. Gelandang PSM ini menerima hukuman setelah melanggar Riko Simanjuntak.

3 dari 3 halaman

Pecah Rekor

Total 12 kartu kuning dan satu kartu merah yang diobral Hamim Tohari mencetak rekor di Piala Menpora. Akibat hobinya bagi-bagi kartu, partai PSM kontra Persija menjadi pendulang kartu kuning terbanyak.

Bola.com mencoba meminta penilaian dari kedua pelatih, Syamsuddin Batola dan Sudirman terkait kepemimpinan Hamim Tohari pada konferensi pers setelah pertandingan melalui kolom chat Zoom. Namun, pertanyaan dari Bola.com tidak disampaikan oleh media officer yang bertugas.

Kedua tim akan kembali berhadapan pada leg kedua semifinal Piala Menpora. PSM dan Persija Jakarta bakal berebut satu tiket ke partai puncak pada Minggu (18/4/2021) di Stadion Manahan, Solo.

Video Populer

Foto Populer