Sukses


Rapor Pemain PSM pada Leg I Semifinal Piala Menpora: Lini Depan Masih Buntu, Belakang Oke

Bola.com, Sleman - Pertandingan leg pertama semifinal Piala Menpora 2021 antara PSM Makassar dan Persija Jakarta di Stadion Maguwoharjo, Sleman, berakhir imbang tanpa gol, Kamis (15/4/2021) malam. Duel tersebut berlangsung sengit dan cukup keras, hingga diwarnai hujan kartu dari wasit.

Laga ini mencatatkan rekor tersendiri, yakni wasit mengeluarkan 12 kartu kuning dan satu kartu merah. Pertarungan ketat dan menarik. Aksi jual beli serangan diperagakan oleh kedua tim.

Banyak peluang didapat kedua tim yang sejak awal tampil terbuka, hanya tidak berbuah hasil, terutama tekanan hebat yang dilancarkan PSM Makassar di babak pertama. PSM sedikit menurunkan serangan di babak kedua, meski tetap bermain dengan pressing ketat.

PSM tercatat tidak berhasil mencetak gol dalam dua pertandingan terakhir. Sebelumnya mereka juga hanya bermain imbang tanpa gol dengan PSIS di babak delapan besar, meski sukses memenangkan pertandingan lewat adu penalti.

PSM Makassar dan Persija masih akan menjalani leg kedua semifinal Piala Menpora 2021, di Stadion Manahan, Solo pada 18 April. Kemenangan menjadi tuntutan wajib jika ingin lolos ke final. Berikut catatan Bola.com mengenal rapor pemain PSM di leg pertama semifinal Piala Menpora 2021. 

 

2 dari 7 halaman

Kiper

Hilman Syah

Kembali bermain gemilang seperti di laga fase grup maupun saat menyingkirkan PSIS pada babak delapan besar. Hilman semakin matang dan layak menjadi kiper utama PSM.

Satu diantara buktinya adalah saat Persija berpeluang unggul lebih dulu pada menit ke-19 lewat aksi Osvaldo Haay. Namun, bola hasil tembakan Osvaldo mampu digagalkan oleh Hilman Syah.

Nilai: 7

3 dari 7 halaman

Belakang

Zulkifli Syukur

Kapten tim dan pemain senior yang menunjukkan kualitasnya yang belum habis. Zulkifli Syukur mampu mengorganisir permainan di sektor kanan.

Selain bertahan, Zulkifli Syukur juga kerap ikut membantu penyerangan dari sayap. Satu momen terbaiknya adalah menghentikan laju bola sontekan Marko Simic yang sudah melewati jangkauan kiper Hilman Syah.

Nilai: 7,5

 

Erwin Gutawa

Erwin Gutawa menjadi pemain paling menonjol dalam laga ini. Ia sukses meredam serangan Persija yang sudah dilancarkan sejak menit-menit awal.

Man marking ketat terhadap striker Persija, Marko Simic berjalan dengan baik. Sang striker dibuat mati kutu olehnya.

Nilai: 8

 

Hasyim Kipuw

Beroperasi sebagai bek sayap kiri dapat diembannya dengan baik. Khususnya dalam mengawal pergerakan sayap-sayap lincah Persija seperti Osvaldo Haay dan Novri Setiawan.

Nilai: 6,5

 

Abdul Rachman

Tampil apik dan stabil sepanjang laga. Tidak hanya kuat menahan laju kecepatan penyerang para penyerang Persija, seperti Marko Simic dan Heri Susanto. Posturnya yang tinggi juga sering memenangi duel udara.

Nilai: 7

 

4 dari 7 halaman

Tengah

Rasyid Bakri

Rasyid Bakri masih tampil dengan konsistensi tinggi sebagai gelandang sentral yang menjadi nyawa permainan Juku Eja. Selain berani dalam duel perebutan di tengah, pemain Persija juga cukup kesulitan menghentikan pergerakan baik dengan atau tanpa bolanya.

Nilai: 6,5

 

Sutanto Tan

Ia tampil menggebu-gebu dalam laga kontra Persija. Sutanto seperti tak takut untuk berduel merebut bola dari lawan. Bahkan beradu fisik di udara dengan motor serangan Persija, Marc Klok.

Dia harus mendapatkan kartu kuning. Secara umum ia tampil baik sebagai seorang breaker, merusak konsentrasi permainan tengah Persija. Meski harus berhati-hati di leg kedua nanti akibat koleksi kartu yang didapatkannya.

Nilai: 7

 

Muhammad Arfan

Arfan membantu peran Rasyid Bakri di tengah. Satu peluang terbaiknya menyelesaikan bola pantul kemelut di depan kotak penalti Persija. Meski sayangnya bola tendangannya masih bisa diblok oleh Andritany Ardhiyasa.

Nilai: 6,5

 

Muhammad Rizky

Rizky tampil ngotot dengan ikut memberikan tekanan ke pertahanan Persija. Bermain di sektor sayap kiri, kelincahannya membuat pemain Persija sering ngos-ngosan menghentikannya.

Termasuk Marco Motta yang kalah lincah dan sering berduel dengannya. Kolaborasi Rizky dengan Saldy juga nyaris berbuah gol andai tak diselamatkan kiper Persija, Andritany Ardhiyasa.

Nilai: 7

 

5 dari 7 halaman

Depan

Saldy

Saldy menjadi pembeda di sekor penyerangan Juku Eja. Ia menjadi pendamping yang pas untuk Yakob Sayuri di saat menghadapi kebuntuan.

Salah satu peluang terbaiknya terjadi pada enit ke-27. Sayangnya, bola hasil tembakan Saldy Amiruddin mampu dihentikan Andritany Ardhiyasa yang mengawal gawang PSM.

Nilai: 7,5

 

Yakob Sayuri

Ketajamannya sedikit menurun jika dibandingkan pada babak penyisihan. Di leg pertama semifinal kontra Persija, Yakob Sayuri belum terlihat istimewa, meski pemain ini punya potensi yang besar.

Masih kerap miskomunikasi dengan para penyuplai bola untuknya. Ikut mengobrak-abrik pertahanan Persija, namun dalam beberapa kesempatan terjadi salah paham dalam membangun sebuah serangan.

Nilai: 6,5

 

6 dari 7 halaman

Pemain Pengganti

Patrich Wanggai

Ia sebenarnya dijadikan kartu As dalam laga ini, dengan tampil di paruh kedua sebagai supersub. Ketajamannya belum berkurang, dan beberapa kali membahayakan lini belakang Persija.

Namun waktunya tidak banyak dan cukup terlambat. Potensinya besarnya bakal dimaksimalkan oleh pelatih Syamsuddin Batolla di leg kedua nanti.

Nilai: 6

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Ketum PSSI Apresiasi Piala Menpora dan Berharap Liga 1 Bergulir Juli Tahun Ini

Video Populer

Foto Populer