Sukses


3 Pemain Serep yang Bisa Jadi Senjata Rahasia Mematikan Persija untuk Bungkam PSM di Leg Kedua Semifinal Piala Menpora

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta hanya butuh tiga langkah lagi untuk menjadi juara Piala Menpora 2021. Bahkan laga kontra PSM Makassar pada leg kedua semifinal yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Minggu (18/4/2021) malam, akan sangat penting untuk terus menghidupkan asa menyelesaikan turnamen pramusim ini sebagai yang terbaik.

Kiprah Persija Jakarta di Piala Menpora 2021 terbilang tidak mulus-mulus amat. Bahkan Macan Kemayoran memulainya dengan kekalahan 0-2 dari PSM Makassar pada laga pertama Grup B di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, 22 Maret 2021.

Namun, kekalahan menyesakkan dari PSM Makassar menjadi pembelajaran tersendiri bagi tim asuhan Sudirman itu. Persija bangkit dan menang telak 4-0 atas Borneo FC Samarinda di pertandingan kedua di stadion yang sama pada 27 Maret 2021.

Selebrasi pemain Persija Jakarta, Marko Simic usai berhasil menjebol gawang Borneo FC Samarinda dalam pertandingan Babak Penyisihan Grup B Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Malang. Sabtu (27/3/2021). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Macan Kemayoran pun memastikan diri melangkah ke perempat final sebagai juara Grup B Piala Menpora 2021 setelah menang 2-1 atas Bhayangkara Solo FC pada laga terakhir fase grup. Persija memperlihatkan bahwa proses yang mereka jalani dalam turnamen pramusim ini memperlihatkan peningkatan yang signifikan.

Kemenangan 1-0 atas Barito Putera di Stadion Kanjuruhan dalam laga perempat final Piala Menpora 2021 pada 10 April lalu, membuat Macan Kemayoran makin dekat dengan trofi juara. Namun, pada semifinal yang digelar dalam dua leg, Persija harus kembali menghadapi PSM, satu-satunya tim yang berhasil mengalahkan mereka di turnamen pramusim itu.

Dalam leg pertama yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Kamis (15/4/2021) malam, Persija dan PSM harus puas bermain imbang tanpa gol. Persija telah belajar demi menghindari kekalahan untuk kedua kalinya.

Para pemain Persija Jakarta merayakan gol kedua yang dicetak gelandang Marc Klok ke gawang Bhayangkara Solo FC dalam laga matchday ke-3 Grup B Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Rabu (31/3/2021). Persija menang 2-1 atas Bhayangkara Solo FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Namun, Macan Kemayoran juga membutuhkan kemenangan dalam leg kedua pertandingan semifinal yang digelar pada Minggu (18/4/2021). Selain mengandalkan para pemain yang sejauh ini menjadi bagian penting dalam permainan Persija hingga melangkah ke semifinal, butuh kejutan untuk bisa menyingkirkan PSM dari persaingan meraih trofi juara.

Persija memiliki kedalaman skuat yang luar biasa, terutama di lini tengah dan belakang. Para pemain pelapis pun memiliki kualitas yang tidak kalah dari para pemain yang biasa diturunkan oleh Sudirman sejak awal pertandingan.

Kali ini Bola.com mengulas 3 pemain yang biasa menghuni bangku cadangan Persija Jakarta di Piala Menpora 2021 tapi punya kans untuk menjadi senjata Macan Kemayoran untuk mengalahkan PSM pada leg kedua semifinal. Siapa saja mereka?

2 dari 5 halaman

Sandi Sute

Sandi Sute merupakan seorang gelandang bertahan berkarakter keras yang tidak takut mengambil keputusan untuk menghentikan aliran bola menuju pertahanan Persija Jakarta. Gelandang asal Palu ini sudah bersama Persija sejak 2017 dan memiliki daya jelajah yang luar biasa di lapangan hijau.

Dalam perhelatan Piala Menpora 2021 ini, Sandi Sute harus lebih sering duduk di bangku cadangan. Pada fase grup, Persija memang lebih sering mengandalkan Marc Klok, Ramdani Lestaluhu, dan Novri Setiawan sebagai starter di lini tengah.

Ia satu kali masuk lapangan sebagai pemain pengganti saat laga kontra Bhayangkara FC, di mana Persija menang 2-1. Setelah itu, Sandi Sute menjadi pilihan utama Sudirman kala Persija menghadapi Barito Putera di perempat final. Namun, Sandi tidak bermain penuh dalam laga tersebut.

Dalam pertandingan leg pertama semifinal Piala Menpora 2021 pun Sandi Sute diistirahatkan oleh Sudirman. Keputusan tersebut tentu membuat sang pemain akan dalam kondisi yang sangat bugar dan siap untuk melakoni pertandingan kontra PSM Makassar di leg kedua semifinal Piala Menpora besok.

3 dari 5 halaman

Maman Abdurrahman

Maman Abdurrahman merupakan stoper senior yang dimiliki Persija Jakarta. Pemain berusia 38 tahun itu merupakan satu dari beberapa pemain yang memiliki pengaruh yang besar bagi para pemain yang lebih muda di skuat Macan Kemayoran, baik di dalam maupun di luar lapangan.

Namun, dalam lima pertandingan yang sudah dijalankan oleh Persija di Piala Menpora 2021, Maman Abdurrahman belum sekalipun turun ke lapangan. Malah rencana Sudirman memainkan Maman di laga perempat final justru batal karena efek dari gempa bumi di Malang.

Kala itu, Sudirman mengaku sudah mempersiapkan Maman Abdurrahman turun memperkuat lini pertahanan Persija. Namun, pada hari yang sama dengan pertandingan, gempa bumi terjadi di Malang.

Maman, seperti halnya pemain lain, berusaha melarikan diri menuju tempat yang aman. Sayangnya, pada saat pelarian tersebut, Maman justru mengalami cedera pergelangan kaki yang membuatnya harus batal bermain menghadapi Barito Putera.

Sudirman tidak hanya memutuskan untuk mengistirahatkan Maman Abdurrahman saat laga Persija kontra Barito Putera, tapi juga pada leg pertama semifinal Piala Menpora 2021 menghadapi PSM Makassar. Harapannya, Maman bisa cukup fit dan tidak memiliki masalah cedera lagi ketikaPersija menjalankan partai hidup dan mati dalam leg kedua semifinal Piala Menpora 2021, Minggu (18/4/2021).

4 dari 5 halaman

Braif Fatari

Dalam lima pertandingan yang sudah dijalani Persija Jakarta di Piala Menpora 2021 sejauh ini, Braif Fatari mendapatkan kesempatan untuk tampil dalam tiga pertandingan. Pemain muda berusia 18 tahun itu selalu bermain sebagai pemain pengganti.

Dalam laga pertama Grup B Piala Menpora 2021 kontra PSM Makassar, Braif Fatari mendapatkan kepercayaan turun sejak awal babak kedua. Sementara pada laga kontra Bhayangkara Solo FC, Braif Fatari mendapatkan kesempatan bermain dalam 10 menit terakhir.

Penampilan terakhir Braif Fatari terjadi dalam laga perempat final Piala Menpora 2021, kala Persija menang 1-0 atas Barito Putera. Braif Fatari masuk pada menit ke-78 menggantikan Ramdani Lestaluhu.

Setelah diistirahatkan dalam leg pertama semifinal Piala Menpora 2021, Braif Fatari punya kans untuk kembali menjadi senjata rahasia Persija untuk menyingkirkan PSM dari Piala Menpora sekaligus memastikan diri melaju ke final.

5 dari 5 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer