Sukses


Rapor Pemain Persija pada Leg 1 Semifinal Piala Menpora: Lini Depan Masih Ompong

Bola.com, Sleman - Persija Jakarta harus puas bermain imbang 0-0 pada leg 1 babak semifinal Piala Menpora 2021 yang digelar di Stadion Maguwoharjo Sleman, Kamis (15/4/2021) malam WIB. Padahal, klub ibukota tampil agresif dan dominan dalam laga tersebut.

Sejumlah peluang yang dihasilkan Persija Jakarta gagal menemui sasaran berkat ketangguhan lini pertahanan PSM Makassar. Hal itulah yang membuat lini depan Persija dinyatakan belum mampu maksimal.

Pelatih Sudirman mengakui, penyelesaian akhir masih menjadi pekerjaan rumah buat Persija. Menurut Sudirman, para pemain di lini depan sudah berusaha maksimal, namun ketatnya pertahanan PSM membuat peluang yang didapat menjadi sia-sia.

"Memang kami tidak berhasil menciptakan gol, walaupun ada beberapa peluang. Saya pikir pertahanan PSM sangat kukuh," kata Sudirman usai laga.

"Mereka bermain dengan fanatik dan sangat ngotot. Sehingga peluang-peluang yang kami dapat tidak berhasil dikonversi menjadi gol," tegas Sudirman.

Lantas, seperti apa rapor pemain Persija Jakarta secara keseluruhan dalam laga tersebut? Berikut ini rapor pemain Persija saat diimbangi PSM dengan nilai yang tersedia hanya pada sosok yang menjadi starting XI.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 5 halaman

Kiper

Andritany Ardiyasa berhasil memberikan penampilan gemilang di bawah mistar gawang Persija Jakarta pada laga melawan PSM Makassar. Kiper berusia 29 tahun itu terlihat beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang.

Meskipun sesekali Anditany terlihat masih gugup saat lawan melancarkan serangan. Namun, Andritany mampu mempertahankan catatan clean sheets-nya untuk dua pertandingan secara berturut-turut.

Nilai: 7

3 dari 5 halaman

Belakang

Marco Motta

Sejak awal laga, Marco Motta sejatinya tampil gemilang di sektor posisi bek kiri. Pemain asal Italia itu terlihat rajin membantu serangan dengan memberikan umpan-umpan matang. Namun, Motta hampir menjadi mimpi buruk Persija karena mendapatkan kartu merah tidak langsung pada menit ke-83.

Nilai: 6,5

Otavio Dutra

Bermain di jantung pertahanan Persija Jakarta, Otavio Dutra menjadi kunci ketangguhan lini belakang. Pemain naturalisasi itu mampu merepotkan lini serang PSM ketika mematahkan serangan dari darat dan udara.

Nilai: 7

Yann Motta

Berduet dengan Otavio Dutra, Yann Motta juga tampil gemilang di jantung pertahanan. Pemain asal Brasil itu tak segan melakukan duel fisik dengan pemain PSM yang mencoba memasuki daerah pertahanan Persija.

Nilai: 7

Novri Setiawan

Dipercaya menghuni posisi bek kiri, Novri Setiawan terlihat beberapa kali mampu mematikan pergerakan serangan PSM Makassar. Selain itu, Novri juga sesekali mau membantu serangan dengan melakukan build up dari belakang.

Nilai: 7

4 dari 5 halaman

Tengah

Rohit Chand

Kehadiran Rohit Chand di lini tengah mampu menjaga kedalaman skuad Persija. Bahkan, pemain asal Nepal itu menjadi penyeimbang tim saat mengubah transisi dari bertahan ke menyerang dan sebaliknya.

Nilai: 7

Ramdani Lestaluhu

Tampil di lini tengah, Ramdani Lestaluhu menunjukkan permainan yang menggebu-gebu. Akan tetapi, peluang yang dihasilkannya melalui umpan dan tembakan langsung terhadap tak menemui sasaran.

Nilai: 7

Marc Klok

Peran Marc Klok di lini tengah Persija cukup sentral. Pemain naturalisasi itu terlihat menjadi aktor kreativitas dan motor serangan Persija meskipun serangan yang dibangun belum mampu menjadi gol.

Nilai: 7

5 dari 5 halaman

Depan

Heri Susanto

Menghuni lini sayap kanan, Heri Susanto kurang bisa memaksimalkan perannya dalam memberikan umpan-umpan matang. Bahkan, Heri Susanto terlihat kesulitan membongkar lini pertahanan PSM.

Nilai: 6,5

Osvaldo Haay

Bermain di posisi sayap kiri, Osvaldo Haay mampu memberikan penampilan gemilang dengan tusukan-tusukan ke sektor pertahanan PSM. Namun, peluang yang dihasilkan belum mampu menjadi gol.

Nilai: 7

Marko Simic

Sebagai ujung tombak Persija, peran Marko Simic belum maksimal. Meskipun mendapatkan peluang nyata di depan gawang PSM, namun tembakan Simic dan upaya lainnya belum bisa merobek jala PSM.

Nilai: 6,5

Video Populer

Foto Populer