Sukses


3 Gol Terbaik Semifinal Piala Menpora: Lahir dari Keseruan Duel Persib Vs PSS

Bola.com, Jakarta - Semifinal Piala Menpora 2021 telah rampung dan menghadirkan Persija Jakarta dan Persib Bandung sebagai dua tim yang akan berlaga di laga puncak turnamen pramusim tersebut. Namun, jangan lupakan keseruan duel kedua tim finalis tersebut dengan PSM Makassar dan PSS Sleman di semifinal.

Persija Jakarta berhasil melangkah ke final Piala Menpora 2021 setelah menjalankan laga sengit kontra PSM Makassar di semifinal. Dua laga dimainkan, dan kedua tim harus puas bermain imbang tanpa gol dalam dua kali 90 menit. Akhirnya, pertandingan tersebut harus dilanjutkan dengan drama adu penalti.

Kedua kiper yang berlaga di pertandingan tersebut, Andritany Ardhiyasa dan Hilman Syah, tampil sangat apik. Namun, Persija akhirnya lebih beruntung setelah eksekusi kapten PSM, Zulkifli Syukur, ditepis oleh Andritany Ardhiyasa yang membuat laga berakhir dengan skor 4-3 pada fase adu penalti tersebut.

Sementara itu, dalam laga semifinal yang lain, Persib Bandung dan PSS Sleman juga terlibat duel yang seru. Dalam dua leg pertandingan tersebut, PSS lebih dulu menjebol gawang Persib. Namun, pada akhirnya Persib mampu membalas dan justru berhasil lolos ke final dengan agregat 3-2.

Artinya ada 5 gol yang tercipta dalam empat pertandingan semifinal Piala Menpora 2021 yang digelar dalam waktu normal. Kali ini Bola.com mengulas 3 gol terbaik yang tercipta sepanjang semifinal Piala Menpora 2021.

2 dari 3 halaman

Saddam Gaffar Luar Biasa, Persib Tak Mau Kalah

Striker muda PSS Sleman, Saddam Gaffar, memperlihatkan keberanian yang luar biasa dalam menjadi andalan lini depan Elang Jawa saat menghadapi Persib Bandung. Dua gol yang dicetak PSS dalam dua leg semifinal dicetak oleh penyerang berusia 19 tahun itu.

Bahkan dua gol yang dicetak Saddam Gaffar ke gawang Persib sebenarnya layak disebut sebagai gol-gol terbaik. Apalagi kedua gol tersebut dicetak dengan skema yang luar biasa dan membantu PSS unggul lebih dulu dari Persib Bandung.

Namun, Bola.com memilih gol yang dicetak Saddam Gaffar pada leg kedua semifinal Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Senin (19/4/2021) malam, sebagai gol yang terbaik, atau lebih baik dari gol yang dicetaknya pada leg pertama.

Pemain PS Sleman, Saddam Emiruddin Gaffar (kiri) mendapatkan selamat dari rekan satu tim usai menjebol gawang Persib Bandung dalam laga leg kedua semifinal Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Senin (19/4/2021). PS Sleman bermain imbang 1-1 dengan Persib. (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Memanfaatkan umpan silang dari sisi kiri yang dilepaskan oleh Samsul Arifin, Saddam Gaffar langsung melepaskan tembakan first time yang tak berhasil dihalau oleh I Made Wirawan.

Pemain muda PSS itu mampu memaksimalkan momen kelengahan lini pertahanan Persib untuk dalam sekejap menjebol gawang.

Gol tersebut sebenarnya tercipta dengan kondisi yang sama seperti gol yang dicetaknya ke gawang Persib pada leg pertama. Kala itu, lini pertahanan Persib juga lengah ketika umpan silang Samsul Arifin disambut Saddam dengan tandukan kepala yang mengejutkan.

Selebrasi pemain Persib Bandung, Ezra Walian usai mencetak gol penyeimbang 1-1 ke gawang PS Sleman dalam laga leg kedua semifinal Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Senin (19/4/2021). Persib bermain imbang 1-1 dengan PS Sleman. (Bola.com/Ikhwan

Sementara untuk gol terbaik yang lain dicetak oleh striker Persib, Ezra Walian, dalam leg kedua semifinal. Gol ini menjadi penentu sukses Persib melangkah ke final Piala Menpora karena membuat kedudukan menjadi imbang 1-1 dan secara agregat Persib unggul 3-2.

Ezra Walian yang awalnya masih berada di luar kotak penalti melihat umpan silang Ardi Idrus, langsung bergerak maju sembari menyambut bola dengan tandukan kepala yang keras dari jarak yang cukup jauh. Miswar Saputra yang mengawal gawang PSS pun tak bisa menghalau bola yang masuk ke dalam gawangnya.

Selebrasi pemain Persib Bandung, Victor Igbonefo (kiri) usai mencetak gol pertama timnya ke gawang PS Sleman dalam laga leg pertama semifinal Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (16/4/2021). Persib menang 2-1 atas PS Sleman. (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Sementara gol ketiga tercipta ketika Persib Bandung menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada kemenangan 2-1 di leg pertama semifinal Piala Menpora 2021. Gol tersebut dicetak oleh Victor Igbonefo kala menyambut umpan sepak pojok yang dilepaskan Febri Hariyadi.

Bola yang mengarah tepat ke depan kiper PSS Sleman, Ega Rizky, disambar oleh Victor Igbonefo dengan tandukan kepala yang keras. Victor yang tidak terkawal mampu mengungguli Ega Rizky dalam perebutan bola. Postur bek tengah Persib yang tinggi membuat Ega Rizky tak bisa berbuat apa-apa hingga bola masuk dalam gawangnya.

Berikut cuplikan 3 gol terbaik semifinal Piala Menpora 2021 pilihan Bola.com:

3 dari 3 halaman

Video

Ketum PSSI Apresiasi Piala Menpora dan Berharap Liga 1 Bergulir Juli Tahun Ini

Video Populer

Foto Populer