Sukses


3 Pemain Persija yang Bisa Jadi Supersub di Final Piala Menpora, Bisa Bikin Persib Merana

Bola.com, Jakarta Persija Jakarta berhasil menembus perempat final Piala Menpora 2021 setelah menalukkan PSM Makassar dalam dua leg semifinal pekan lalu. 

Leg pertama berkesudahan 0-0, sedangkan pada leg kedua Persija Jakarta menang adu penalti 4-3. 

Keberhasilan itu membuat Persija Jakarta memiliki catatan yang unik selama fase gugur dengan tidak pernah kebobolan dalam waktu normal 90 menit.

Sebelumnya, Macan Kemayoran menang 1-0 atas Barito Putera dalam perempat final (10/4/2021). Laga leg pertama semifinal Piala Menpora 2021 kontra PSM juga berakhir 0-0 pada 15 April lalu.

Secara keseluruhan, permainan Andritany Ardhiyasa dkk. memang cukup apik selama fase gugur, terutama di babak semifinal. Mereka mampu menahan gempuran pemain lawan di barisan pertahanan.

Padahal, Persija sempat memulai turnamen pramusim ini dengan hasil yang kurang memuaskan di fase grup. Mereka tumbang 0-2 dari PSM Makassar dalam laga pertama Grup B pada 22 Maret silam.

Kini, tim arahan Sudirman itu akan berjumpa dengan Persib Bandung di partai puncak yang digelar dalam dua leg pada 22 dan 25 April.

Dari enam pertandingan sebelumnya, Persija Jakarta punya tiga pemain cadangan yang diprediksikan  bakal melahirkan kejutan melawan Persib nanti. Simak ulasan dari Bola.com berikut ini. 

2 dari 5 halaman

1. Alfath Faathier

Pemain berusia 25 tahun ini tercatat baru sekali tampil bersama Macan Kemayoran di Piala Menpora 2021. Itu terjadi saat Persija ditahan 0-0 oleh PSM Makassar dalam leg kedua semifinal (18/4/2021).

Sebelumnya, Alfath Faathier mendapat sanksi dari internal manajemen Persija. Meski lama tak tampil, pemain kelahiran Purwakarta itu terbukti mampu memberikan daya gedor untuk tim yang dibelanya menempati posisi sayap kiri.

Menariknya, Alfath merupakan pemain yang dibesarkan di Bandung dan pernah menjadi bagian Diklat Persib. Dia malah belum pernah membela Persib di karier seniornya. Duel ini bakal menjadi kali pertama buatnya menghadapi Persib dengan seragam Persija.

 

3 dari 5 halaman

2. Sandi Sute

Gelandang bertahan satu ini juga tidak banyak mendapat kesempatan bermain di Piala Menpora 2021. Sandi Darma Sute tercatat baru tampil dalam tiga pertandingan, namun mampu memberikan kontribusi untuk Persija.

Dari tiga penampilan itu, gelandang berusia 28 tahun tersebut membukukan 19 umpan berhasil dengan satu di antaranya assist yang berbuah gol. Angka itu cukup apik untuk pemain yang tidak masuk skuad inti.

Potensi yang dimiliki oleh Sandi Sute diprediksi bakal melahirkan kejutan buat Persib. Kemungkinan, pemain asal Palu itu ini akan tampil sebagai pengganti di babak kedua nanti.

 

4 dari 5 halaman

3. Ramdani Lestaluhu

Gelandang asal Ambon ini juga tidak reguler masuk dalam starting eleven Persija selama Piala Menpora 2021. Dia sebenarnya tampil dalam lima dari enam pertandingan yang sudah dimainkan Persija. Namun, beberapa di antaranya diawali dari bangku cadangan.

Meski demikian, Ramdani Lestaluhu termasuk pemain yang kuat dalam memegang bola dan menjaga lini tengah. Dia telah mencatatkan 2 tekel, 10 intersep, dan 65 umpan berhasil.

Selain itu, terdapat tiga tembakan yang dilepaskannya dengan hanya satu yang tepat sasaran. Namun, dia masih belum berhasil memberi kontribusi gol maupun assist.

Kemampuannya di lini tengah berpotensi merepotkan Persib dengan tampil sebagai pemain pengganti. 

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Video Populer

Foto Populer