Sukses


Mengulas Penghuni Lini Tengah Timnas Indonesia Pilihan Shin Tae-yong: Agresif, Cepat, dan Bertenaga

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong baru saja merilis daftar pemain pilihannya yang dipersiapkan menghadapi partai sisa Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai, UEA, Juni mendatang dan SEA Games 2021 di Vietnam pada 21 November hingga 2 Desember 2021.

Di kualifikasi Piala Dunia 2002, Skuad Garuda akan bertanding melawan Thailand pada 3 Juni 2021, Vietnam pada 7 Juni 2021, dan Uni Emirat Arab (UEA) pada 11 Juni 2021.

Sebelumnya, mereka akan menjalani pemusatan latihan di Jakarta sebelum terbang ke Dubai untuk lebih dulu melalui dua partai uji coba. Timnas Indonesia bakal menghadapi Afghanistan pada 25 Mei 2021 dan Oman empat hari berselang.

Dari 34 nama yang terpilih, sembilan di antaranya adalah pemain lini tengah yakni Evan Dimas, Adam Alis (Bhayangkara Solo FC), Kadek Agung (Bali United), Syahrian Abimanyu (Newcastle Jets), Marc Klok (Persija Jakarta),Genta Alfaredo (Semen Padang), Witan Sulaeman (Radnik Surdulica), Egy Maulana (Lechia Gdansk) dan Yakob Sayuri (PSM Makassar).

Dihubungi Bola.com, Rabu (28/4/2021), Tony Ho, pengamat bola asal Makassar mengungkapkan pemanggilan pemain versi Shin Tae-yong sah-sah saja sepanjang itu memang pilihannya.

"Jadi tak perlu diperdebatkan karena sudah pasti coach Shin Tae-yong memilih pemain berdasarkan karakter dan strategi yang ia ingin terapkan di tim nasional Indonesia," ujar Tony.

Khusus di lini tengah, Tony yang pernah menjadi asisten Miroslav Janu, pelatih yang terkenal dengan pola 4-4-2 bersama PSM ini menilai nama-nama yang dipanggil sudah sesuai.

Menurut Tony, pola 4-4-2 membutuhkan dua gelandang tengah yang bertenaga serta skill bagus. Serta dua pemain sayap yang tak hanya memiliki kecepatan tapi juga kuat dalam duel satu lawan satu.

"Selain fisik dan stamina yang prima, komunikasi antarpemain di lini tengah Timnas Indonesia harus intensif terutama saat terjadi transisi permainan di lapangan," terang Tony.

2 dari 4 halaman

Duet Marc Klok-Evan Dimas Di Gelandang Tengah

Berdasarkan nama yang dipanggil, Tony menunjuk duet Marc Klok dan Evan Dimas yang berpeluang menjadi pilihan utama Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Menurut Tony, Klok memiliki kelebihan dalam menjaga kedalaman sementara Evan bagus dalam membantu lini depan. Keduanya pun dikenal piawai dalam memanfaatkan situasi bola mati.

"Komunikasi antar keduanya penting untuk kesepahaman. Misalnya, satu dari keduanya bergerak ke depan untuk berdiri di belakang dua striker," ujar Tony.

Tony merujuk pengalamannya bersama Janu di PSM. Juku Eja mengandalkan duet Syamsul Chaeruddin dan Ponaryo Astaman.

ASEAN - Evan Dimas (Bola.com/Adreanus Titus)

"Keduanya sama-sama bertenaga dan memiliki mobilitas tinggi di lapangan. Berkat komunikasi yang baik, keduanya tampil konsisten. Bukan hanya di PSM tapi juga tim nasional Indonesia," tutur Tony yang kini sudah mengantongi lisensi pelatih Pro-AFC ini.

Terkait siapa yang menjadi eksekutor bola mati, Tony yakin Shin Tae-yong akan menentukannya pilihannya sesuai pengamatannya dalam latihan.

"Pemanfaatan situasi bola mati kerap jadi penentu hasil akhir sebuah pertandingan. Jadi harus disetting dengan baik," tegas Tony.

3 dari 4 halaman

Witan Sulaeman dan Adam Alis Terdepan di Sisi Sayap

Pada dua sisi sayap, empat nama yang dipanggil Shin Tae-yong dimata Tony memiliki kualitas yang sama baiknya.

Tapi, kalau disuruh memilih, Tony menunjuk dua nama yang pantas dikedepankan untuk mengisi sektor sayap yakni Adam Alis dan Witan Sulaiman.

Adam Alis saat membela Timnas Indonesia. (Bola.com/Dody Iryawan)

Tony yang musim lalu menangani Persipura U-20 ini menilai peran kedua pemain ini dibutuhkan pada strategi yang ingin diterapkan Shi Tae-yong.

"Keduanya sama-sama kerap melakukan penetrasi dengan baik dari sisi sayap dan mampu melewati bek lawan. Keduanya pun kerap aktif menutup celah kosong di tengah bila Evan atau Klok bergantian membantu serangan," papar Tony.

Sejatinya, di mata Tony, Yakob Sayuri dan Egy Maulana Vikri punya kapasitas sama dengan dua rekannya itu.

"Kita tunggu saja perkembangan mereka dalam latihan. Saya yakin, sebagai pelatih, Shin Tae-yong pasti memilih pemain terbaik dan siap untuk dimainkan," pungkas Tony.

4 dari 4 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer