Sukses


8 Pemain Jebolan U-19 yang Dipromosikan Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia Senior

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memanggil 34 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan yang digelar di Jakarta pada 1 sampai 10 Mei 2021. Uniknya, terdapat banyak pemain muda yang mendapatkan kesempatan promosi.

Pemusatan latihan Timnas Indonesia digelar sebagai persiapan untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab. Pasukan Garuda memiliki tiga laga sisa yakni melawan Thailand (3/6/2021), Vietnam (7/6/2021), dan Uni Emirat Arab (11/6/2021).

Namun, sebelumnya Timnas Indonesia akan melakoni dua laga uji coba. Tim Merah-Putih akan menantang Afghanistan (25/5/2021) dan Oman (29/5/2021) di Dubai, Uni Emirat Arab.

Hal itulah yang membuat Shin Tae-yong ingin membentuk skuad yang terbaik untuk Timnas Indonesia. Menariknya, ada delapan pemain U-19 yang mendapatkan kesempatan untuk promosi ke timnas senior.

Pemain-pemain itu merupakan andalan Shin Tae-yong saat menukangi Timnas Indonesia U-19. Secara kualitas, mereka memiliki kemampuan mumpuni dan siap bersaing dengan pemain lainnya.

Lantas, siapa saja pemain U-19 yang dipercaya naik kelas oleh Shin Tae-yong? Berikut ini delapan pemain U-19 yang siap menggebrak di Timnas Indonesia senior.

2 dari 10 halaman

Genta Alparedo

Genta Alparedo bukan nama baru buat Shin Tae-yong. Pada pemusatan latihan di Spanyol dirinya masuk skuad Timnas Indonesia U-19.

Genta Alparedo juga dipromosikan ke Timnas U-22 proyeksi SEA Games 2021. Kini, Shin Tae-yong masih ingin melihat penampilan sang pemain di skuad Timnas Indonesia senior.

Genta Alparedo merupakan gelandang potensial yang punya kemampuan mumpuni di lini tengah. Genta Alparedo bisa diandalkan sebagai gelandang serang hingga sayap kiri.

3 dari 10 halaman

Salman Alfarid

Salman Alfarid bukan nama baru buat Shin Tae-yong. Pemain Persija Jakarta itu pernah mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-19 di Spanyol.

Salman Alfarid juga sebelumnya dipromosikan Shin Tae-yong ke Timnas U-22 proyeksi SEA Games 2021. Pemain berusia 19 tahun itu bisa diandalkan di sektor kiri pertahanan.

Salman Alfarid juga dikenal sebagai pemain yang lincah dan sering membantu serangan dari sektor sayap. Kemampuan inilah yang diyakini membuat Shin Tae-yong mempromosikannya ke Timnas Indonesia senior.

4 dari 10 halaman

Braif Fatari

Nama Braif Fatari tentu sudah tidak asing lagi buat Shin Tae-yong. Pemain Persija Jakarta itu sudah mendapat perhatian Shin Tae-yong sejak masih di Timnas Indonesia U-19.

Shin Tae-yong bahkan menjadikan Braif sebagai penyerang, posisi yang bukan keahliannya. Namun, hal itu berhasil dibayar dengan penampilan terbaik di lapangan.

Performa Braif Fatari semakin matang bersama Persija. Braif turut memiliki peran penting saat membantu Persija menjadi kampiun Piala Menpora 2021 dengan sumbangan satu gol.

5 dari 10 halaman

Irfan Jauhari

Irfan Jauhari bisa dikatakan sebagai pemain kunci Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19. Irfan Jauhari merupakan pemain multifungsi.

Selain dapat bermain melebar, winger berusia 20 tahun itu juga bisa diplot sebagai penyerang. Irfan Jauhari biasa dimainkan di sisi kiri.

Dengan kaki kanannya, Irfan Jauhari bisa menusuk ke tengah lapangan atau beradu lari dengan pemain lawan. Kemampuan itulah yang membuat Irfan dipromosikan ke timnas senior.

6 dari 10 halaman

Saddam Gaffar

Saddam Gaffar merupakan andalan Shin Tae-yong di lini depan bersama Timnas Indonesia U-19. Saddam merupakan tipikal penyerang murni dan dikenal memiliki akurasi bagus, baik melalui tembakan maupun sundulan.

Saddam juga memiliki pergerakan yang lincah. Posturnya yang mencapai 183 cm membuatnya kerap unggul dalam duel udara.

Penampilan Saddam semakin matang bersama PSS Sleman di Piala Menpora 2021. Saddam sukses mencetak satu gol sekaligus membantu PSS meraih peringkat ketiga pada turnamen pramusim tersebut.

7 dari 10 halaman

Pratama Arhan

Pratama Arhan merupakan andalan pelatih Shin Tae-yong di posisi bek kiri saat menukangi Timnas Indonesia U-19. Pratama Arhan tak tergeser dari posisi tersebut saat mengikuti pemusatan latihan di Kroasia pada September 2020.

Kepercayaan itu dibayar tuntas oleh Pratama Arhan melalui penampilan gemilang. Pratama tampil moncer di lini belakang dan kerap membantu serangan Timnas U-19.

Pratama Arhan dikenal memiliki lemparan jauh ke dalam yang baik. Beberapa kali lemparannya itu berhasil dimaksimalkan menjadi gol oleh pemain Timnas U-19. Hal inilah yang diyakini menjadi faktor bagi Shin Tae-yong dalam mempromosikan Pratama Arhan ke Timnas Indonesia senior.

8 dari 10 halaman

Elkan Baggott

Elkan Baggott merupakan pemain andalan Shin Tae-yong di jantung pertahanan Timnas Indonesia U-19. Penampilan apiknya dalam menghalau serangan lawan membuat Shin Tae-yong mempromosikannya ke timnas senior.

Elkan merupakan bek tengah dengan kemampuan mumpuni dalam mengantisipasi serangan melalui bola udara. Hal itu didukung dengan postur tubuhnya yang mencapai 194 cm.

Elkan Baggott saat ini bermain di klub Inggris, King's Lynn Town. Elkann sudah mengoleksi sembilan penampilan di semua ajang bersama klub berjulukan The Linnets itu.

9 dari 10 halaman

Witan Sulaeman

Witan Sulaeman merupakan senjata utama pelatih Shin Tae-yong di posisi sayap kanan saat melatih Timnas Indonesia U-19. Posisi Witan hampir tidak tergeser selama mengikuti pemusatan latihan dan laga uji coba di Kroasia.

Dalam 10 laga yang sudah dimainkan, Witan tampil sebanyak sembilan kali sebagai starter. Hampir semua laga dimainkan Witan secara penuh sampai peluit akhir.

Witan memiliki kelincahan, kecepatan berlari, dan tembakan akurat sehingga sering dipercaya pelatih Shin Tae-yong. Menarik untuk melihat kiprah Witan bersama Timnas Indonesia senior.

10 dari 10 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer