Sukses


3 Pemain Persib yang Layak Tembus Timnas Indonesia Besutan Shin Tae-yong Selain Aqil Savik

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memanggil 34 pemain untuk pemusatan latihan Timnas Indonesia di Jakarta pada Mei 2021. Tercatat, hanya ada satu pemain Persib Bandung yang dipanggil, yakni kiper Aqil Savik.

Pemanggilan Aqil Savik cukup mengejutkan. Sebab, sosoknya jarang tampil di Piala Menpora 2021 kemarin meski timnya, Persib Bandung melaju hingga ke final menghadapi Persija Jakarta.

Sebaliknya, kiper yang bermain atraktif di Piala Menpora, Hilman Syah, masih belum dilirik oleh Shin Tae-yong. Padahal, penjaga gawang PSM Makassar itu sempat mendapatkan pujian dari asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto.

Adapun tiga kiper pilihan Shin Tae-yong untuk melakoni training center (TC) dalam waktu dekat adalah Nadeo Argawinata (Bali United), M. Riyandi (Barito Putera), dan Aqil Savik (Persib Bandung).

Tampaknya, Shin Tae-yong tidak menjadikan Piala Menpora 2021 sebagai patokan utama dalam pemanggilan tersebut. Terbukti, Persija sebagai juara saja cuma mengirimkan empat perwakilan, sementara Persib hanya Aqil seorang.

Padahal, ada sejumlah penggawa Persib Bandung yang dinilai layak untuk setidaknya dilirik Shin Tae-yong untuk masuk kerangka Timnas Indonesia. Berikut ini Bola.com mengulasnya berdasarkan performa di Piala Menpora 2021.

 

2 dari 5 halaman

1. Frets Butuan

Frets Butuan menjadi sosok yang cukup diandalkan Persib Bandung selama mengarungi turnamen Piala Menpora 2021. Di tengah krisis striker, Frets menjadi penyelamat bagi Maung Bandung setelah Geoffrey Castillion dipinjamkan ke klub Serie C Italia, Como 1907, kemudian Wander Luiz dan Ferdinand Sinaga telat bergabung.

Pelatih Robert Alberts pun mengandalkan pemain sayap salah satunya Frets Butuan dan itu berbuah manis, dimana pada laga perdana grup D Piala Menpora yang dilangsungkan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakaorta, Frets menyelamatkan Persib setelah tertinggal skor oleh Bali United.

Di pertandingan kedua lawan Persita Tangerang, Frets kembali dipercaya Robert Alberts. Kepercayaan itu kembali dibuktikan Frets dengan menyumbang gol sehingga Persib menang 3-1.

Selama di Piala Menpora, Frets Butuan telah mengoleksi 3 gol.

Frets Butuan mulai dikenal ketika merumput bersama PSMS Medan. Kecepatan, kelincahan, dan keberaniannya dalam menusuk sayap jantung pertahanan lawan menjadi ciri khas pemain yang tercatat sebagai prajurit TNI ini.

Memasuki musim 2020, pemain bernomor punggung 21 di Persib ini baru tampil 114 menit karena Liga 1 2020 dihentikan akibat pandemi COVID-19.

Kini, Frets kerap menjadi andalan, maklum pemaim sayap kiri ini lambat laun semakin menunjukkan kemampuannya bersama Persib Bandung. Terkadang, pemain dengan tinggi 167 cm ini mampu menempatkan posisi untuk menjebol gawang lawan.

Maka itu, Frets Butuan cukup pantas untuk dicoba menjadi kekuatan Timnas Indonesua di bawah asuhan Shin Tae-yong.

 

3 dari 5 halaman

2. Beckham Putra Nugraha

Pemain jebolan Diklat Persib ini kemampuannya cukup mumpuni di posisi gelandang. Pemain kelahiran Bandung, 29 Oktober 2021 ini membawa sedikit perbedaan di dalam tim saat dimasukan Robert Alberts selama turnamen Piala Menpora.

Salah satunya, saat leg pertama babak semifinal lawan PS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, 16 April 2021 lalu, dimana Beckham dimasukkan Robert menggantikan Ferdinand Sinaga.

Serangan yang dibangun Beckham pun cukup membawa gairah terhadap permainan Persib Bandung pada babak kedua. Adik dari Gian Zola Nasrulloh itu membawa suasana hidup Persib dalam melakukan serangan.

Terbukti, performa Beckham mampu memberikan kemenangan bagi Persib dan bisa membuktikan dalam membantu serangan Maung Bandung di lini tengah walaupun gagal membawa Persib juara Piala Menpora.

Namun, dengan usia yang masih muda, sosok Beckham cukup pantas untuk memperkuat Timnas Indonesia.

 

4 dari 5 halaman

3. Bayu Fiqri

Pemain kelahiran Banyuwangi, 13 Januari 2001 ini bisa menjadi pembeda bagi Persib di bek sayap. Itu dibuktikan pada babak penyisihan grup D Piala Menpora, dimana pemain timnas U-19 ini cukup cepat beradaptasi dengan rekan barunya di Persib.

Perannya sebagai bek sayap Persib Bandung saat babak penyisihan Piala Menpora 2021 cukup memukau. Ia terkadang berani melakukan serangan di sektor sayap.

Dengan kemampuannya yang mumpuni, pemain bernomor punggung 4 di Persib ini sangat mungkin untuk dicoba di Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin tae-yong.

Bayu Fiqri pun merupakan pemain yang mampu melakukan umpan terobosan cukup matang di sisi sayap. Tak hanya itu, peran Bayu Fiqri pun mampu menahan laju serangan yang dibangun tim lawan di sektor sayap.

Sayangnya, saat leg kedua babak final Piala Menpora, Bayu Fiqri hanya bermain sebentar setelah diganjar kartu kuning kedua sehingga kemampuannya tidak terliaht di babak final.

Namun, dengan usia yang cukup muda, Bayu Fiqri setidaknya bisa menjadi bagian dari Timnas Indonesia yang akan dipersiapkan pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022.

5 dari 5 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer