Sukses


Shin Tae-yong Tantang Pemain Timnas Indonesia Ubah Mental untuk Bermain di Luar Negeri

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menantang para pemainnya untuk mengubah mental agar berani bermain di luar negeri. Menurut Shin Tae-yong, para pemain Indonesia sebenarnya memiliki kemampuan dan potensi untuk membela klub di negara lain.

Shin Tae-yong memberikan motivasi tersebut saat upacara pelepasan Timnas Indonesia jelang keberangkatan ke Dubai, Uni Emirat Arab, pada Jumat (14/5/2021). Pelatih asal Korea Selatan itu ingin, pemain Timnas Garuda mau mengambil risiko untuk bermain di luar negeri.

Menurut Shin Tae-yong, hal itu sangat penting untuk peningkatan karier sang pemain. Namun, masih banyak pesepak bola di Tanah Air yang tak berani mengambil risiko tersebut, karena khawatir akan perbedaan bahasa, budaya, dan kultur sepak bola di negara lain.

"Jangan hanya mau bermain di Indonesia saja. Akan tetapi, bermain di luar negeri seperti Egy, Witan, dan Abimanyu," kata Shin Tae-yong.

"Saya rasa kalian bisa bermain di luar negeri. Mulai sekarang, kalian harus mengubah pikiran untuk mendapatkan mental dan fisik yang kuat," tegas Shin Tae-yong.

Para pemain Timnas Indonesia yang bermain di luar negeri juga mendapatkan perhatian dan panggilan dari Shin Tae-yong. Sebut saja Ryuji Utomo (Penang FC), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners FC), Elkan Baggott (King's Lynn Town), Syahrian Abimanyu (Newcastle Jets), Witan Sulaeman (Radnik Surdulica), dan Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk) yang turut dalam 28 pemain untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022.

2 dari 3 halaman

3 Laga Krusial

Timnas Indonesia akan melakoni tiga pertandingan sisa di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Laga-laga tersebut sangat krusial meskipun sudah tidak menentukan apapun untuk skuad Garuda.

Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand (3/6/2021), Vietnam (7/6/2021), dan Uni Emirat Arab (11/6/2021) pada laga penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Laga ini sangat penting untuk memperbaiki peringkat di ranking FIFA.

Sebelum itu, Timnas Indonesia akan melakoni dua laga uji coba di Dubai, Uni Emirat Arab. Pasukan Shin Tae-yong itu akan menghadapi Afghanistan (25/5/2021) dan Oman (29/5/2021).

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer