Sukses


Duel Antarlini Thailand Vs Timnas Indonesia: Saatnya yang Muda Berbicara

Bola.com, Dubai - Timnas Indonesia akan mendapatkan ujian berat dari Thailand dalam laga lanjutan penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang digelar di Stadion Al-Maktoum, Dubai, Kamis (3/6/2021) malam WIB. Laga ini diprediksi bakal berlangsung menarik.

Pelatih Shin Tae-yong mengandalkan mayoritas pemain muda untuk skuad Timnas Indonesia saat ini. Pilihan Shin Tae-yong realistis mengingat Timnas Indonesia sudah tak punya kepentingan apapun di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Timnas Indonesia saat ini menghuni dasar klasemen Grup G dengan nol poin hasil lima kekalahan beruntun. Hal itulah yang membuat Shin Tae-yong ingin memberikan kesempatan kepada pemain muda untuk unjuk gigi agar dipersiapkan menjadi skuad masa depan Tim Merah-Putih.

Sementara itu, Thailand punya kepentingan lain karena masih berpeluang di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tim berjulukan Gajah Perang itu membutuhkan kemenangan untuk terus bersaing karena saat ini menghuni posisi ketiga klasemen sementara.

Meski demikian, pelatih Akira Nishino bukan tanpa pemain muda dalam skuad Thailand. Ada beberapa pemain muda potensial yang akan dipadukan dengan pemain senior sehingga membuat tim menjadi lebih seimbang.

Lantas, akan seperti apa pertandingan antara Thailand melawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022? Berikut ini duel antarlini yang bakal tersaji versi Bola.com.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 5 halaman

Kiper

Timnas Indonesia diyakini akan mengandalkan Adi Satryo di bawah mistar gawang. Adi Satryo merupakan sosok yang sudah tidak asing buat pelatih Shin Tae-yong.

Ketika di Timnas U-19, Adi Satryo tak tergantikan dari posisi utama. Adi Satryo punya postur tinggi sebagai kiper sehingga dapat memaksimalkan perannya dengan baik.

Sementara itu, pelatih Akira Nishino diyakini akan memberikan kesempatan pada Patiwat Khammai. Seperti diketahui, Patiwat Khammai baru membukukan satu penampilan untuk Timnas Thailand.

Akira Nishino terkesan dengan kemampuan Patiwat Khammai dalam membaca arah bola. Selain itu, kiper berusia 26 tahun itu juga memiliki refleks yang bagus dalam mengantisipasi serangan lawan.

3 dari 5 halaman

Belakang

Timnas Thailand akan mengandalkan pemain berpengalaman di jantung pertahanan yakni Manuel Bihr. Seperti diketahui, Manuel Bihr merupakan pemain senior yang punya kemampuan mumpuni.

Sejak debut pada 2017, Manuel Bihr sudah tampil sebanyak 10 kali. Memiliki postur tubuh 184 cm membuat Manuel Bihr mahir dalam menghalau serangan dari bola-bola udara.

Manuel Bihr juga mampu membaca arah serangan dengan baik. Tak segan, pemain Bangkok United itu bakal melakukan segala cara untuk mematikan pergerakan lawan.

Adapun Timnas Indonesia bisa mengandalkan Rizky Ridho. Secara kualitas, Rizky Ridho merupakan bek tengah yang komplet.

Rizky Ridhodi kenal sebagai pemain yang disiplin dalam mengawal lini pertahanan. Didukung postur tinggi membuat Rizky Ridho andal dalam melakukan duel-duel udara.

Rizky Ridho juga memiliki naluri yang baik dalam membaca arah serangan lawan. Hal itulah yang membuat peran pemain 19 tahun tersebut sangat krusial di jantung pertahanan.

4 dari 5 halaman

Tengah

Adu kreatif di lini tengah bakal menjadi pembeda dalam laga nanti. Pemain yang mampu memaksimalkan area tersebut besar peluang untuk meraih kemenangan.

Timnas Indonesia diprediksi bakal mengandalkan Evan Dimas sebagai motor serangan. Evan Dimas dikenal sebagai gelandang kreatif yang punya kemampuan mumpuni.

Pemain berusia 26 tahun itu andal dalam membuka serangan dari sektor tengah dan membantu rekan-rekannya di lini depan dengan umpan-umpan matang.

Evan Dimas juga memiliki kelebihan individu berupa tusukan-tusukan hingga tembakan terukur dari luar kotak penalti yang berbuah gol.

Sementara itu, Thailand bakal bergantung kepada Supachok Sarachat. Seperti diketahui, pemain 23 tahun itu memiliki kemampuan dalam mengolah serangan di sektor sayap.

Meskipun punya postur yang tidak terlalu tinggi yakni 169 cm, Supachok Sarachat sangat lihai dalam mengolah bola. Supachok Sarachat juga merupakan nyawa permainan Thailand di lini tengah.

5 dari 5 halaman

Depan

Pertarungan lini depan menjadi yang akan banyak mencuri perhatian. Thailand diprediksi bakal mengandalkan Suphanat Mueanta.

Pemain berusia 18 tahun itu memulai debut pada 2019 bersama Timnas Thailand. Meskipun berusia muda, namun Suphanat Mueanta tak canggung dalam menunjukkan kebolehannya.

Pada laga uji coba melawan Tajikistan, Suphanat Mueanta sukses memborong dua gol. Wajar bila pelatih Akira Nishino bergantung pada aset masa depan tim berjulukan Gajah Perang itu.

Sementara itu, Timnas Indonesia bisa mengandalkan Saddam Gaffar di lini depan. Pemain berusia 19 tahun itu layak mendapatkan kesempatan sebagai ujung tombak Timnas Indonesia senior.

Saddam Gaffar merupakan penyerang dengan naluri mencetak gol yang baik. Tidak hanya melalui kaki, Saddam juga andal melakukan duel bola udara karena didukung postur tubuh 187 cm.

Video Populer

Foto Populer