Sukses


3 Pemain yang Diharapkan Cemerlang Saat Timnas Indonesia Hadapi UEA: Saddam Gaffar Pantas Jadi Alternatif Lini Depan

Bola.com, Makassar - Timnas Indonesia dibantai Vietnam dengan skor 0-4 dalam matchday ketujuh Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Senin (7/6/2021) malam WIB. Hasil ini membuat pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, wajib menemukan solusi yang tepat agar skuad asuhannya tidak kembali dipermak tuan rumah UEA pada laga terakhir, Jumat (11/6/2021).

Apalagi UEA sangat butuh kemenangan untuk menjaga peluang lolos otomatis ke babak ketiga kualifikasi dengan status juara Grup G. Saat ini, UEA mengoleksi 12 poin atau tertinggal dua angka dari Vietnam yang bertengger di puncak klasemen. Selain Timnas Indonesia, UEA juga bakal menghadapi Vietnam pada laga terakhirnya, Rabu (16/6/2021).

Sementara itu Shin Tae-yong tetap tenang menyikapi situasi sulit yang dihadapi timnya di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Menurutnya, sesuatu yang wajar jika pemain melakukan kesalahan dalam sepak bola, tak peduli mereka berusia muda dan berpengalaman sekalipun.

Pelatih asal Korea Selatan itu menuturkan bahwa, mengingat kans lolos Piala Dunia 2022, sudah sirna, tujuan utamanya saat ini adalah menggenjot para pemain mudanya melalui pertarungan kompetitif, agar kelak tercipta chemistry dan pengalaman bertanding yang cukup.

Ia juga menegaskan bahwa ujian sebenarnya dimulai pada SEA Games 2021 yang digelar akhir tahun ini. Shin Tae-yong ingin skuadnya membangun kekuatan hingga 10 tahun ke depan.

"Kami menantikan SEA Games pada akhir tahun dan hingga lima atau 10 tahun ke depan," ujar Shin Tae-yong.

Mengacu kepada pernyataan di atas, bisa jadi Shin Tae-yong bakal memainkan deretan pemain yang diproyeksikan menjadi bagian utama tim pada SEA Games 2021 mendatang. Seperti diketahui, setiap tim peserta cabang sepak bola SEA Games hanya boleh mendaftarkan pemain U-22 dan dua pemain senior.

Lalu siapa pemain yang berpeluang dimainkan Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia menghadapi UEA? Bola.com memilih tiga nama yang bisa diharapkan tampil bagus saat Tim Garuda meladeni dominasi UEA dalam pertandingan nanti.

 

 

2 dari 5 halaman

Rizky Ridho

Stoper Persebaya Surabaya kelahiran 24 Juni 2021 ini menjadi pilihan utama Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia menghadapi Thailand dan Vietnam. Sosok Rizky Ridho mulai mencuri perhatian ketika membawa Persebaya U-20 meraih trofi juara EPA U-20 2019.

Sukses itu membuatnya mendapatkan panggilan dari Timnas Indonesia U-18 untuk mengikuti ajang Piala AFF U-18 di Vietnam. Saat di ajang tersebut, langkah Garuda Muda terhenti di semifinal.

Pada Liga 1 2020, ia sudah menjadi bagian dari tim senior Bajul Ijo dan melakoni debutnya pada pekan ketiga menghadapi Persipura Jayapura di Stadion Gelora Bung Tomo. Sayang kompetisi harus terhenti dan kemudian dibatalkan karena pandemi COVID-19 yang membuat izin dari kepolisian tidak kunjung terbit.

Tapi, peruntungan Riky Ridho di sepak bola tetap berlanjut setelah namanya masuk dalam daftar pemain Timnas Indonesia U-19 yang menjalani pemusatan latihan di Kroasia dan Spanyol.

Menilik rekam jejaknya bersama Timnas Indonesia yang ditangani Shin Tae-yong, maka Rizky Riho yang paling berpeluang menjadi pemain utama di posisi stoper saat SEA Games 2021 mendatang. Itulah mengapa Rizky Ridho butuh jam terbang lebih banyak di Timnas Indonesia untuk mematangkan kemampuan dan pengalamannya.

 

3 dari 5 halaman

Evan Dimas

Evan Dimas pantas masuk dalam daftar gelandang terbaik Indonesia saat ini. Kiprah Evan Dimas di level tim nasional terbilang baik.

Selain membawa Timnas Indonesia U-19 meraih trofi juara Piala AFF U-19 2013, Evan juga menjadi bagian ketika Timnas Indonesia menembus final Piala AFF 2016 dan SEA Games 2019.

Dengan status tersebut, pemain kelahiran 13 Maret 1995 itu berpeluang besar mengisi satu tempat kuota pemain senior di SEA Games 2021 mendatang.

Mobilitas, kejelian membaca permainan, plus umpan akurat ala Evan Dimas bisa diandalkan Timnas Indonesia saat menghadapi UEA yang mengandalkan permainan bola-bola pendek dengan tempo yang tidak secepat Vietnam dan Thailand.

Kematangan dan pengalaman Evan Dimas menghadapi tim Asia Barat juga dibutuhkan untuk membantu mengangkat moral para pemain yang lebih muda.

 

4 dari 5 halaman

Saddam Gaffar

Shin Tae-yong memainkan Saddam Emiruddin Gaffar pada babak kedua saat Timnas Indonesia dibantai Vietnam. Meski tak lama di dalam lapangan, pergerakan Saddam ditunjang postur tinggi mencapa 183 cm cukup merepotkan lini belakang Vietnam.

Mengacu kepada proyeksi tim SEA Games 2021, pemain kelahiran 20 April 2002 itu berpeluang tampil sejak menit pertama saat Timnas Indonesia menghadapi UEA.

Meski memiliki jam terbang minim di level senior, bukan berarti Saddam tidak bisa diandalkan dalam laga nanti. Ia bisa menjadi opsi alternatif pada laga nanti.

Kalau dimainkan Shin Tae-yong, striker PSS Sleman ini bisa membuat kejutan dengan mencetak gol seperti yang dilakukannya ke gawang Qatar U-19 dan Arab Saudi U-19 saat Timnas Indonesia U-19 beruji coba di Kroasia pada 2020.

 

5 dari 5 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer