Sukses


Liga 1: 2 Proyek Ambisius Persela, Bangun Lapangan Latihan dan Dirikan Akademi Sepak Bola

Bola.com, Jakarta - Persela Lamongan gebrakan baru dalam mengarungi musim baru. Klub berjulukan Laskar Joko Tingkir itu memiliki program membangun lapangan latihan baru untuk memperbaiki infrastruktur dan sarana klub.

“Kami siapkan lahan, nanti di sana akan ada lapangan yang kami khususkan untuk latihan,” kata Yuhronur Efendi, pembina Persela Lamongan sekaligus Bupati Lamongan, Rabu (9/6/2021). 

“Ini sudah mulai kami persiapkan, mudah-mudahan tahun ini bisa dikerjakan, karena kami harus pematangan tanah dulu dan sebagainya. Tapi yang jelas kami persiapkan,” imbuhnya.

Seperti diketahui, skuat Persela biasanya menggunakan Stadion Surajaya, Lamongan, sebagai tempat latihan. Tempat yang sama juga menjadi markas saat tim yang lahir sejak 1967 itu menjamu tim tamu.

Lapangan baru ini rencananya dibangun di Jalan Sumargo, Lamongan, yang berjarak sekitar tiga kilometer dari Stadion Surajaya.

Namun, belum dipastikan kapan realisasi pembangunan lapangan baru akan dilakukan. Yuhronur berharap pembangunan lapangan latihan untuk Persela dan PFA bisa dimulai tahun ini.

Rencananya di lahan tersebut tidak hanya dibangun satu lapangan latihan Persela Lamongan untuk senior, tapi juga akan ada lapangan bagi para pemain muda.

“Kami siapkan lapangan untuk latihan sendiri dan untuk PFA (Persela Football Academy) sendiri. Tentu lapangannya sesuai standar,” ucap Yuhronur.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Persela Football Academy

Ya, selain lapangan baru, manajemen Persela juga akan mendirikan Persela Football Academy yang menjadi wadah pembinaan para pemain muda. PFA merupakan transformasi dari akademi sepak bola yang sudah ada sebelumnya, yaitu Lamongan Soccer Academy.

Peluncuran PFA menjadi penanda dimulainya proyek jangka panjang untuk mengembangkan pemain-pemain muda potensial yang akan menjadi generasi baru Persela. Kehadiran PFA diharapkan bisa memperlancar regenerasi pemain muda.

“Mulai saat ini harus dikelola secara profesional, tidak hanya sekadar ada dan asal-asalan, tapi kami benar-benar mulai secara profesional. Kami sedang menyiapkan lapangan yang standar. Kami juga memiliki para pelatih yang sudah berlisensi,” tutur Yuhronur.

Pola pembinaan di PFA terbagi menjadi empat kelompok umur, mulai dari kelompok umur 10 tahun, 12 tahun, 14 tahun serta kelompok umur 16 tahun.

“Persela Football Academy merupakan afiliasi langsung dari Persela. Diharapkan (PFA) bisa memunculkan bibit-bibit pemain yang akan memperkuat Persela senior di waktu yang akan datang,” kata Agus Hariyono, Asisten Manajer Persela.

 

Video Populer

Foto Populer