Sukses


Duel Kapten Timnas Indonesia Vs UEA: Perbedaan Kontras dalam Pengalaman

Bola.com, Dubai - Timnas Indonesia akan menghadapi Uni Emirat Arab dalam laga terakhir penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang digelar di Stadion Zabeel, Jumat (11/6/2021) malam WIB. Laga ini menjadi panggung adu gengsi antara kedua kapten tim, Evan Dimas kontra Walid Abbas.

Kedua tim punya kepentingan berbeda dalam laga ini. Timnas Indonesia yang sudah tersingkir hanya ingin menutup kompetisi dengan hasil manis, sedangkan Uni Emirat Arab yang masih berpeluang bertekad untuk meraih kemenangan.

Hal ini yang membuat pertandingan nanti akan berlangsung menarik. Timnas Indonesia dan UEA akan sama-sama menurunkan kekuatan terbaik untuk meraih hasil maksimal.

Penampilan kedua tim juga akan bergantung kepada kepemimpinan para kapten di dalam lapangan. Timnas Indonesia dipimpin oleh Evan Dimas, sedangkan UEA dikomandoi Walid Abbas.

Secara usia dan pengalaman, terdapat perbedaan mencolok antara kedua pemain tersebut. Evan Dimas saat ini berusia 26 tahun, sedangkan Walid Abbas sembilan tahun lebih tua alias 35 tahun.

Selain itu, Evan Dimas meniti karier melalui Timnas Indonesia kelompok umur dan sukses menembus skuad senior pada usia 19 tahun. Adapun Walid Abbas langsung ke Timnas Uni Emirat senior dan melakoni debut pada usia 23 tahun.

Keduanya juga memiliki perbedaan mencolok dari ukuran caps yang telah dimainkan. Evan Dimas sejauh ini sudah mengoleksi 27 penampilan bersama Timnas Indonesia, sedangkan Walid Abbas mengumpulkan 93 caps bersama UEA.

2 dari 3 halaman

Beda Posisi dan Gaya Bermain

Evan Dimas dan Walid Abbas juga punya posisi yang berbeda. Evan Dimas merupakan seorang gelandang Timnas Indonesia, sedangkan Walid Abbas adalah pemain bertahan yang berperan sebagai bek tengah.

Perbedaan posisi antara keduanya tentu memengaruhi gaya kepemimpinan di lapangan. Walid Abbas lebih diunggulkan karena sebagai bek tengah bisa melihat seluruh celah secara penuh.

Walid Abbas merupakan bek tengah yang tangguh. Walid Abbas juga andal dalam memotong bola-bola udara dan tak segan mengandalkan fisik untuk mematikan pergerakan lawan.

Walid Abbas memiliki komunikasi yang baik sehingga menjadi kapten pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. Wajar bila sosoknya sangat krusial di jatung pertahanan Timnas Uni Emirat Arab.

Adapun Evan Dimas merupakan gelandang berpengaruh yang ada di Timnas Indonesia saat ini. Evan Dimas bisa dikatakan sebagai motor serangan di lini tengah Tim Garuda.

Evan Dimas memiliki visi bermain yang jelas. Evan punya kemampuan individu di atas rata-rata sehingga sering mampu menyumbang gol untuk Timnas Indonesia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer