Sukses


Jelang Piala Wali Kota Solo 2021: Semua Peserta Siap Bersaing dan Saling Lempar Psywar

Bola.com, Solo - Stadion Manahan dan Kota Solo kembali punya hajatan sepak bola bergengsi, turnamen pramusim bertajuk Piala Wali Kota Solo 2021. Turnamen ini dijadwalkan bergulir pada 20 hingga 26 Juni mendatang.

Setidaknya ada delapan klub yang disebut-sebut sebagai tim sultan akan bersaing di Piala Wali Kota Solo, seperti Persib Bandung, Bali United, Arema FC, dan Bhayangkara Solo FC yang datang dari klub Liga 1, dan Persis Solo, RANS Cilegon FC, PSG Pati, dan Dewa United yang merupakan klub Liga 2.

Persib, Bali United, Arema FC, dan Bhayangkara Solo FC merupakan tim yang mapan secara finansial di Liga 1. Sementara itu, klub-klub Liga 2 yang tampil pun tak bisa diremehkan, mulai dari Persis yang baru diakuisisi Kaesang Pangarep, RANS Cilegon FC yang kini menjadi milik Raffi Ahmad, kemudian PSG Pati yang dipimpin Atta Halilintar, dan Dewa United yang merupakan wajah baru dari Martapura FC.

Turnamen ini digelar dengan format sistem gugur. Sesuai bagan, dipastikan tim Liga 1 dan Liga 2 baru akan berjumpa di laga final. Dalam undian yang disusun, Persis Solo akan berjumpa PSG Pati, sementara RANS Cilegon FC bertemu Dewa United. Kemudian empat tim Liga 1 akan saling sikut, Persib melawan Arema FC dan Bali United menghadapi Bhayangkara Solo FC.

Sebelum bersaing di turnamen nanti, sebagian perwakilan tim sudah saling melempar psywar. Hal itu terlihat dalam konferensi pers virtual jelang turnamen Piala Wali Kota Solo, Jumat (11/6/2021).

Kaesang Pangarep (Persis), Raffi Ahmad (RANS Cilegon FC), Teddy Tjahjono (Persib), dan Gilang Widya Pramana (Arema FC), saling memberi komentar mengenai persiapan maupun kans tim masing-masing di Piala Wali Kota Solo.

2 dari 4 halaman

Sajian Big Match

Persaingan untuk peserta Liga 2 tertuju kepada Persis Solo. Tuan rumah tampaknya sangat siap menghadapi kompetisi. Tim berjulukan Laskar Sambernyawa ini bahkan sudah punya 37 pemain dengan komposisi tim berkelas.

"Persiapan kami (Persis) ya latihan seperti biasa. Tidak membuat sesuatu yang spesial. Ini ajang uji coba sebelum tampil di Liga 2. Sebagai pemilik ya pastinya ingin menang, terserah pemain mau menang satu atau dua gol," terang Kaesang.

"Kami juga biasa saja, tidak merasa terbebani yang penting bisa juara Liga 2 dan masuk ke Liga 1. Pesan untuk RANS ya harus menang dulu lawan Dewa United untuk bisa ketemu Persis nanti. Kami juga siap melawan PSG," ujar putra bungsu Presiden Joko Widodo itu.

Bos RANS Cilegon FC, Raffi Ahmad, pun turut memberikan uneg-uneg. Ia menyebut RANS Cilegon FC akan kembali mencari pengalaman dan evaluasi sebelum tampil di Liga 2. Sebelumnya, RANS Cilegon FC menggelar latihan di Bali dan beruji coba dengan Arema FC.

"RANS Cilegon FC sangat semangat tampil di Piala Wali Kota Solo nanti. Kami punya semangat baru dan siap melakukan yang terbaik. Tim sudah berada di Jakarta dan kembali berlatih, mempersiapkan diri untuk turnamen nanti," ujar Raffi Ahmad.

"Sejauh ini baru menambah satu pemain seperti Patrich Wanggai, yang jelas turnamen ini menjadi bahan evaluasi. Kalau dirasa sudah optimal, kami tidak menambah pemain baru," ucap selebriti papan atas Indonesia itu.

Tidak kalah menarik duel dua tim besar Liga 1 yang langsung bertemu di partai pertama. Persib Bandung kontra Arema FC yang bakal menghasilkan permainan sengit dan seru. Persib dan Arema FC akan sama-sama membayar kegagalan di Piala Menpora lalu.

"Kami menyambut baik turnamen ini sebagai pemanasan sebelum tampil di Liga 1 pada awal Juli nanti. Lawan pertama langsung bertemu Arema FC. Kami juga sudah siap karena latihan berjalan sejak pekan ketiga Mei," ujar Direktur Operasional Persib, Teddy Tjahjono.

"Pemain asing kami ada dua, yang jelas tampil yaitu Nick Kuippers dan Wander Luiz, lainnya siapa lagi ya ditunggu saja kejutannya. Bonus juga akan kami siapkan," lanjutnya.

"Secara umum Arema FC sudah mempersiapkan diri tampi di Piala Wali Kota Solo nanti. Kami akan memberikan warna baru dan laga menjadi seru. Arema FC jelas tanpa pemain asing, akan kami berikan bonus di setiap pertandingan," ujar Presiden anyar Arema FC, Gilang Widya Pramana.

3 dari 4 halaman

Protokol Kesehatan Seperti Piala Menpora

Sementara itu, pelaksanaan turnamen Piala Wali Kota Solo bakal mengikuti kesuksesan ajang Piala Menpora 2021 medio Maret dan April lalu. Khususnya protokol kesehatan yang wajib dijalankan karena masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

Rangkaian tes kesehatan dan koordinasi yang baik dengan stakeholder menjadi kuncinya. Seperti yang disampaikan oleh Organizing Committee (OC) Piala Wali Kota Solo, Cahyadi Wanda maupun Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, selaku pemilik hajatan turnamen nanti.

"Pedoman seperti di Piala Menpora kemarin diterapkan. Tentunya berkoordinasi dengan pihak keamanan, BNPB, Satgas COVID-19. Artinya persyaratan penunjang protokol kesehatan harus dipenuhi," tegas Cahyadi Wanda.

"Animo menjelang kompetisi sangat tinggi. Kami ingin ikut meramaikan suasana. Biar pemain sedikit melakukan pemanasan. Sebelumnya Solo juga sudah menjadi tuan rumah yang sukses dengan protokol kesehatan yang ketat seperti di Piala Menpora kemarin. Pesan saya untuk semua klub selamat bertanding saya tunggu nanti di Kota Solo," jelas sang Wali Kota.

4 dari 4 halaman

Video

PT LIB Akan Gelar Liga 1 pada 20 Agustus 2021

Video Populer

Foto Populer