Sukses


Utak-atik Formasi Inti Persib Bandung Menyongsong Liga 1: Siapkan Skema Alternatif Selain 4-4-2

Bola.com, Bandung - Persib Bandung belum menentukan formasi pakem untuk menyongsong kompetisi Liga 1 2021/2022. Tim pelatih masih mencoba berbagai skema baru sebagai alternatif.

Selama ini Persib kental dengan formasi 4-4-2. Skema tersebut kerap diterapkan Persib Bandung selama Turnamen Piala Menpora pada Maret lalu.

Formasi ini menempatkan empat pemain di lini belakang dengan dua bek tengah dan dua di sayap. Biasanya, sektor ini dihuni Victor Igbonefo, Nick Kuipers, Ardi Idrus dan Supardi Nasir.

Untuk lini tengah, kemungkinan akan mengalami perubahan setelah bergabungnya Mohammed Rashid. Pemain asal Palestina ini dipastikan akan mengambil alih satu posisi di lini tengah.

Biasanya Robert Alberts mempercayakan lini tengah kepada Dedi Kusnandar dan Beckham Putra Nugraha. Sedangkan, posisi sayap masih milik Febri Hariyadi, Frets Butuan atau Esteban Vizcara.

Untuk lini depan kemungkinan Wander Luiz  akan kembali berduet Geoffrey Castillion yang kabarnya akan tiba di Bandung pekan depan. Geoffrey sebelumnya dipinjamkan ke klub Liga Italia Como 1907.

Dua penyerang ini menjadi senjata Persib di lini depan. Ketajaman keduanya sudah terbukti dengan koleksi tujuh gol dari tiga pertandingan di kompetisi Liga 1 2020.

Jika Geoffrey Castillion masih terkendala kondisi fisik, Ezra Walian bisa menjadi pilihan untuk berduet dengan Wander Luiz.

Keunggulan memakai formasi 4-4-2 membuat Persib akan lebih agresif dalam menyerang. Terbukti dengan produktivitas gol Maung Bandung di Piala Menpora. Dari delapan pertandingan, Persib sukses mencatatkan 13 gol. 

Namun, yang menjadi kekurangan adalah rapuhnya lini belakang. Barisan pertahanan Maung Bandung selalu kerepotan mengantisipasi umpan silang tim lawan.

 

 

2 dari 3 halaman

Formasi Alternatif

Selain formasi 4-4-2, Robert juga mencoba melakukan eksperimen formasi sebagai alternatif. Saat ini Robert tengah mengasah formasi 3-4-3 dengan menempatkan tiga bek sejajar.

Untuk memantapkan formasi ini, tiga bek dipercayakan kepada Victor Igbonefo, Nick Kuipers dan Achmad Jufriyanto. Formasi tersebut sempat diterapkan Persib saat melakoni laga uji coba melawan Karawang United, Sabtu (5/6/2021).

"Ya bisa dikatakan kami bermain dengan formasi 3-4-3, jika ditambah dengan Made di belakang menjadi 1-3-4-3," ujar Robert.

Strategi tiga bek sejajar ini memang baru karena sebagai alternatif selain 4-4-2 yang biasa digunakan. Maka dari itu, para pemain Persib harus paham betul dengan strategi tersebut.

"Kalau dilihat, formasi di Persib ini kita baru mulai dengan formasi 3-4-3. Tapi itu dalam tahap latihan. Nanti uji coba kita gunakan formasi itu cocok atau enggak. Itu semua dari pelatih dari pemain harus siap semua,” terang bek sayap Persib, Ardi Idrus.

Keunggulan skema 3-4-3 ini tim lebih seimbang karena mempunyai empat pemain di sektor tengah. Selain mengalirkan bola ke tiga striker, gelandang juga bertugas membantu pertahanan ketika mendapat serangan lawan.

Artinya, dibutuhkan gelandang yang kuat dalam menyerang dan bertahan agar skema ini berjalan dengan baik.

Mohammed Rashid bakal menjadi tumpuan di lini tengah. Pengalamannya di Timnas Palestina dan pernah bermain di klub kasta kedua Liga Arab Saudi bersama Al Jeel sangat dibutuhkan Persib.

Sedangkan untuk posisi penjaga gawang, Teja Paku Alam dan I Made Wirawan menjadi kandidat kuat mengisi posisi inti. Keduanya saling bergantian menjaga mistar gawang Persib.

Namun, di sisi lain formasi 3-4-3 memiliki kelemahan. Gelandang sayap wajib menjangkau segala sisi dan itu akan sangat menguras tenaga. Kemudian, tiga striker harus memiliki karakter permainan yang berbeda. 

 

 

3 dari 3 halaman

Prediksi Susunan Pemain Persib

Formasi: 4-2-2

  • Kiper: Teja Paku Alam
  • Belakang: Victor Igbonefo, Nick Kuipers, Ardi Idrus, Supardi Nasir
  • Tengah: Mohammed Rashid, Beckham Putra Nugraha, Frets Butuan, Febri Hariyadi
  • Depan: Geoffrey Castillion, Wander Luiz

Formasi: 3-4-3

  • Kiper: I Made Wirawan
  • Belakang: Victor Igbonefo, Nick Kuipers, Achmad Jufriyanto
  • Tengah: Frets Butuan, Febri Hariyadi, Mohammed Rashid, Dedi Kusnandar
  • Depan: Ezra Walian, Geoffrey Castillion, Wander Luiz
PT LIB Akan Gelar Liga 1 pada 20 Agustus 2021

Video Populer

Foto Populer