Sukses


Liga 1: Persebaya Kembali Menangi Laga Uji Coba, Begini Evaluasi Aji Santoso

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya mengemas kemenangan 2-0 atas klub Liga 2, PS Hizbul Wathan (PSHW) dalam latihan bersama yang berlangsung di Lapangan Polda Jatim, Selasa (22/6/2021) sore. Dua gol kemenangan tersebut diciptakan oleh Jose Wilkson di menit ke-3 dan Alie Sesay tujuh menit jelang turun minum.

Ini merupakan latihan bersama kedua yang diagendakan Green Force, julukan Persebaya Surabaya, jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 2021/2022. Sebelumnya, Rendi Irwan dkk mengandaskan perlawanan klub Liga 3, Malang United dengan skor telak 11-0.

Berbeda dengan saat menumbangkan Malang United, pada laga kali ini pemain-pemain yang sebelumnya membela Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Dunia ikut diturunkan. Rizky Ridho dan Rachmat Irianto mendapat kesempatan mencicipi pertandingan.

"Baru kali ini kami pertandingan dengan pemain yang hampir komplet. Tapi tadi saya tidak menurunkan Arif Satria dan Ady Setiawan karena mereka baru datang kemarin (21/6) dan saya khawatir mereka malah mendapatkan cedera," ujar pelatih Persebaya, Aji Santoso.

Walaupun baru kembali dari panggilan negara, kondisi fisik dua pemain tersebut rupanya masih sangat bugar. Terutama Rian, panggilan akrab Rachmat Irianto, yang menjadi metronom lapangan tengah.

"Saya beri kebebasan ke dia, mau main atau tidak. dia katanya kepengin main, ya sudah saya coba. Dengan adanya Rian tadi, memang aliran bolanya jauh lebih hidup," jelas pelatih Persebaya Surabaya itu. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Tak Permasalahkan Gol Lewat Set-Pieces

Persebaya berhasil memenangkan pertandingan, tetapi ada kekhawatiran bila permainan mereka belum terlalu padu. Hal ini berkaca pada proses gol Persebaya ke gawang PS HW. Kedua gol tersebut tercipta melalui momen sepak pojok.

Wilkson dan Alie yang memang berpostur tinggi besar, bisa dibilang dengan mudah mendorong bola ke gawang. Tinggi yang nyaris mencapai dua meter tersebut memang memudahkan keduanya dalam setiap bola udara.

Para pemain lawan juga tampak kesulitan mengawal keduanya terutama dalam situasi set-pieces. "Dalam persiapannya, kami juga berlatih set pieces. Jadi kami memenangkan pertandingan itu dengan banyak cara. Bisa set-pieces, permainan kombinasi, bahkan mungkin lewat penalti untuk mencetak gol," jelasnya.

"Jadi gol dari situasi set pieces tadi bukan gol yang kebetulan. Kami memang berlatih seperti itu dalam setiap latihan set pieces," tandas Aji. 

Video Populer

Foto Populer