Sukses


Mengulik Skuad Persik untuk Liga 1: Tak Punya Bomber Maut, Pemain Asing Bak Beli Kucing Dalam Karung

Bola.com, Kediri - Persik Kediri memiliki semangat baru menyongsong Liga 1 2021. Perombakan cukup frontal dilakukan manajemen atas rekomendasi pelatih kepala Joko Susilo.

Berdasar pengalaman Joko Susilo pada musim 2020, yang dihentikan akibat Pandemi COVID-19 lalu, separuh kekuatan Macan Putih dirombak total.

Beberapa wajah baru masuk Persik Kediri. Mulai kiper Dikri Yusron, OK Jhon, M. Fisabilillah, Aldo Claudio, Ahmad Agung, Agil Munawar, dan Hariyanto Panto. Namun reformasi ini belum menunjukkan performa yang menjanjikan.

Menurut Joko Susilo situasi ini wajar bagi tim yang sedang mengalami transisi. Apalagi arsitek asal Cepu, Blora, Jateng itu juga bereksperimen berbagai taktik permainan yang bakal diterapkan di kompetisi.

Dari kiprah Persik di Piala Menpora lalu hingga beberapa kali uji coba, nyaris semua lini belum padu. Lini belakang yang dihuni bek-bek pengalaman belum kukuh.

Duet Andri Ibo-OK Jhon masih sering melakukan blunder yang berakibat fatal bagi pertahanan Persik.

Lini tengah juga masih compang-camping, terutama kordinasi dan komunikasi antargelandang yang sering terputus. Sehingga ritme dan alur permainan terganggu.

Padahal di sektor ini ada pemain naturalisasi sarat pengalaman yakni Sackie Teah Doe. Juga ada gelandang muda lokal Adi Eko Jayanto dan Bayu Otto yang merupakan warisan skuat Persik Kediri saat juara Liga 1 2019.

Pos ini belum mampu memerankan sebagai filter saat diserang dan agresif ketika menyerang. Makanya, Joko Susilo sering menerapkan pola bola-bola panjang di pertahanan lawan.

 

2 dari 4 halaman

Bak Beli Kucing Dalam Karung

Yang paling miris sektor penyerang. Persik hanya memiliki satu striker murni Satria Septian Bagaskara. Peran bomber muda ini masih di bawah aksi Antoni Putro Nugroho yang kaya pengalaman.

Padahal Joko Susilo ingin memberi jam terbang lebih kepada top skorer Liga 3 2018 tersebut. Kiprah Septian Bagaskara masih jauh dari harapan. Apalagi jika dia berhadapan dengan bek-bek tangguh Liga 1. Dia nampak tampil inferior di lapangan.

Persik telah mendatangkan M. Ridwan dari PSIS sebagai tandem Bagaskara. Namun hingga kini Bagaskara dan Ridwan belum tampil bersama. Ridwan mengalami cedera setelah dikontrak Persik.

Solusinya, Joko Susilo sangat mengandalkan empat legiuner asing yang akan tiba di Kediri. Bak membeli kucing dalam karung, karena Joko Susilo belum pernah melihat aksi pemain impor tersebut.

Kuartet ini pendatang baru di sepak bola Indonesia. Lain masalah bila di antara mereka ada yang pernah merasakan atmosfer sepakbola Indonesia. (Gatot Susetyo)

 

3 dari 4 halaman

Prakiraan Formasi Pemain

Persik (4-4-2): Dikri Yusron (G), Vava Mario Yagalo, Andri Ibo, OK Jhon, Dani Saputra (4), Hariyanto Panto, Adi Eko Jayanto, Sackie Teah Doe, Faris Aditama (T), Septian Bagaskara, Antoni Putro Nugroho (D).

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Video Populer

Foto Populer