Sukses


Marco Motta, Brwa Nouri, dan Parade Serdadu Impor Gaek di Liga 1

Bola.com, Jakarta - Sudah tua bukan berarti tidak laku. Ungkapan itu cocok untuk para pemain asing yang berkarier di Liga 1 2021/2022. Sejujmlah peserta tidak ragu mempertahankan serdadu impor berusia senja.

Persija Jakarta misalnya, yang masih percaya dengan Marco Motta. Padahal, bek asal Italia itu sudah berusia 35 tahun. Selain kontrak Motta yang masih tersisa hingga pengujung tahun ini, kualitas dan pengalaman Motta masih berguna bagi Persija.

Usia tidak menjadi penghalang bagi Marco Motta untuk menyusuri sisi sayap Persija. Pemain bernomor 47 tahun itu masih sanggup untuk konsisten berlari selama 90 menit.

Motta menjadi bagian penting dari Persija ketika menjuarai Piala Menpora 2021.

Motta tercatat sebagai legiun asing tertua kedua di Liga 1 musim ini. Namun, atribut tersebut masih kalah dari rekam jejaknya.

Motta berstatus mantan pemain Juventus, AS Roma, hingga Timnas Italia. Berkat kemampuannya, bek berpostur 186 cm itu masih sanggup bersaing di kasta teratas Liga Indonesia.

Motta bukan satu-satunya pemain asing gaek di atas 33 tahun yang masih eksis di Liga 1. Berikut empat pesepak bola lainnya.

2 dari 6 halaman

Demerson Bruno (35 Tahun)

Demerson Bruno adalah pemain asing tertua Liga 1 musim ini. Bek asal Brasil itu lahir pada 16 Maret 1986 alias berusia 35 tahun.

Demerson lebih tua hampir dua bulan dari Motta, yang lahir pada 14 Mei 1986.

Saat ini, Demerson kembali ke pelukan Persela. Sebelumnya, mantan pemain Bali United itu memperkuat Sarawak United di Liga Primer atau kasta kedua di Malaysia.

Demerson pernah bermain untuk Persela pada 2019. Eks Chapecoense membukukan 19 penampilan kala itu.

3 dari 6 halaman

Wallace Costa (34 Tahun)

Wallace Costa akan berusia 35 tahun pada 13 Agustus 2021. Namun, bek asal Brasil itu masih diandalkan oleh PSIS Semarang.

Wallace Costa menjadi palang pintu tangguh PSIS sejak 2018. Sebelumnya, pemain setinggi 186 cm itu membela Persela Lamongan pada 2018.

Memasuki tahun ketiga, PSIS masih percaya dengan jasa Wallace Costa. Bek bernomor punggung empat ini dikenal dengan ketenangannya dalam meredam serangan lawan.

4 dari 6 halaman

Aleksandar Rakic 34 (Tahun)

Aleksandar Rakic belum pudar di usianya yang telah menginjak 34 tahun. Bomber berdarah Serbia itu masih dipercaya Barito Putera.

Rakic telah membela Barito Putera sejak musim lalu. Pemain bernomor punggung sembilan ini sempat dipinjamkan ke klub Bosnia dan Herzegovina, Krupa, namun telah kembali.

Pada usianya yang tidak muda lagi, Rakic masih gacor. Striker kelahiran 7 Januari 1987 itu mencetak 33 gol dalam periode 2018-2019.

Rakic juga merupakan top scorer Liga 1 2018 dengan 21 gol bersama Tira Persikabo.

5 dari 6 halaman

Brwa Nouri (34 Tahun)

Usia tidak menghalangi Brwa Nouri untuk tetap menjadi pilar bagi juara bertahan Liga 1, Bali United. Pada umurnya yang sudah 34 tahun, peran gelandang berpaspor Irak itu masih dominan di timnya.

Kiprah Nouri bersama Bali United akan memasuki tahun keempat. Pemain kelahiran Urmia, Iran itu telah bermain sejak 2018.

Nouri sempat dipijamkan Bali United kepada klub Irak, Zakho, pada awal tahun ini. Namun, pemain bernomor punggung enam itu telah kembali ke Pulau Dewata.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

3 Gol Terbaik BRI Liga 1 Pekan Ketiga, Gol dari Pemain Persita Tangerang Nomor 1

Video Populer

Foto Populer