Sukses


3 Kiper Hebat yang Pernah Jadi Pelindung Gawang Persija: Lokal pun Tak Kalah Kualitas dari Asing

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta dikenal sebagai klub yang sering menggunakan kiper-kiper berkualitas. Hal itulah yang membuat klub ibu kota memiliki sejarah panjang di Indonesia.

Kiper yang direkrut Persija Jakarta memiliki kemampuan mumpuni dan nama besar. Wajar bila Persija menjadi lawan yang disegani sampai saat ini.

Kiper berkualitas yang dimiliki Persija tak hanya berasal dari Indonesia, melainkan juga asing. Klub Indonesia memang dikenal jarang menggunakan kiper yang berasal dari luar negeri.

Meskipun hal itu bukan jaminan prestasi yang dimiliki Persija Jakarta. Namun, setidaknya Persija selalu mampu bersaing dalam perebutan gelar liga berkat kehadiran penjaga gawang jempolan.

Kiper-kiper yang direkrut Persija memiliki refleks dan kemampuan membaca arah bola yang bagus. Wajar bila Persija harus membayar mahal dalam urusan gaji kiper.

Bola.com mencatat ada tiga kiper hebat yang pernah mengawal gawang Persija Jakarta. Lantas, siapa saja kiper yang pernah menjadi andalan Persija di bawah mistar gawang?

2 dari 5 halaman

Evgeny Khmaruk

Evgeny Khmaruk merupakan kiper Persija Jakarta pada musim 2007-2008. Ketika itu, kehadiran Evgeny Khmaruk membuat gawang Persija sukar dibobol lawan.

Kiper berpostur 190 cm itu tampil mengesankan di bawah mistar gawang Persija. Namun, kariernya di Persija tidak bertahan lama.

Evgeny Khmaruk sempat berkelahi dengan Christian Gonzalez pada babak delapan besar Liga Indonesia 2007-2008. Akibat ulahnya itu, Evgeny Khmaruk masuk daftar hitam pemain asing yang tidak direkomendasikan bermain di Indonesia.

3 dari 5 halaman

Hendro Kartiko

Hendro Kartiko pernah memperkuat Persija Jakarta dalam tiga periode. Kiper berpostur 178 cm itu menjaga gawang Persija rentang 2005-2006, 2008-2009, dan 2010-2011.

Meskipun tidak pernah memberikan prestasi untuk Persija, namun kehadiran Hendro Kartiko punya pengaruh besar. Gawang Persija bersama Hendro Kartiko sempat sukar ditembus lawan.

Maklum, Hendro Kartiko adalah kiper Timnas Indonesia dengan punya reflek yang baik. Secara keseluruhan, Hendro Kartiko mengoleksi 89 pertandingan untuk Persija.

4 dari 5 halaman

Mbeng Jean Mambalaou

Mbeng Jean Mambalaou bisa dikatakan sebagai kiper asing paling sukses di Persija Jakarta. Bergabung pada 1996 saat berusia 19 tahun, Mbeng Jean Mambalaou tampil mengesankan di bawah mistar gawang Persija.

Mbeng Jean Mambalaou membuat gawang Persija sukar kebobolan. Dalam 26 laga yang dimainkan bersama Persija, kiper asal Kamerun itu hanya kebobolan 18 gol.

Ketika itu, Persija bersama Persib menjadi tim yang paling sedikit kebobolan. Puncak prestasi Mbeng Jean Mambalaou adalah membawa Persija menjuarai Divisi Utama 2000-2001.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

3 Gol Terbaik BRI Liga 1 Pekan Ketiga, Gol dari Pemain Persita Tangerang Nomor 1

Video Populer

Foto Populer