Sukses


5 Pemain Asing Bernilai Pasar Tinggi di Liga 1: Tembus Rp7,7 Miliar

Bola.com, Jakarta - Sepak bola Indonesia telah menjadi magnet bagi para pemain asing berkualitas dalam beberapa tahun terakhir. Klub-klub berlomba mendatangkan pemain asing terbaik untuk bisa bersaing meraih trofi Liga 1.

Para pemain yang mencicipi atmosfer Liga 1 belakangan ini merupakan sosok berkualitas. Mereka datang dengan pengalaman membela klub elite di Eropa hingga Amerika Selatan.

Kualitas dan penampilan apik sang pemain bakal menentukan nilai pasarnya. Semakin sering bermain dan pernah membela klub elite dunia, maka semakin mahal nilai pasarnya.

Hal inilah yang membuat klub di Tanah Air butuh dana besar untuk merkerut sang pemain. Namun, tingginya harga yang harus dibayarkan ternyata bukan halangan bagi klub Indonesia.

Sejumlah klub Indonesia berani membayar mahal jasa seorang pemain asing karena ambisi gelar. Ambisi itulah yang membuat liga di Indonesia menjadi kompetisi yang menarik bagi para pemain asing.

Bola.com mencatat ada lima pemain asing Liga 1 dengan nilai pasar tinggi menurut Transfermarkt. Sejauh ini, jumlah termahal menembus angka Rp7,7 miliar.

2 dari 8 halaman

5. Willian Pachecho

Bek Bali United, Willian Pachecho, memiliki nilai pasar sebesar 375 ribu euro (Rp6,4 miliar). Jumlah itu mengalami peningkatan sebesar 25 ribu euro dari banderol sebelumnya.

Kenaikan harga Willian Pacheco diyakini berkat penampilan apik sang pemain di Piala Menpora 2021. Tak sekadar membantu pertahanan, ketika itu pemain asal Brasil juga sukses mencetak gol.

Willian Pacheco saat ini terikat kontrak bersama Bali United sampai 30 Desember 2021. Masih ada waktu bagi pemain berusia 29 tahun itu untuk membuktikan kualitasnya.

3 dari 8 halaman

4. Dionatan Machado

Gelandang Persik Kediri, Dionatan Machado, memiliki harga pasar sebesar 400 ribu euro (6,8 miliar). Jumlah itu mengalami penurunan sebesar 100 ribu euro.

Penurunan itu dialami Dionatan Machado setelah memutuskan untuk bergabung dengan Persik Kediri. Pemain asal Brasil itu kini dihadapkan pada tantangan bermain apik di Liga 1.

Persik merupakan klub Indonesia pertama yang dibela Dionatan Machado. Menarik untuk menyaksikan kiprah dari pemain yang akrab disapa Tinga itu.

4 dari 8 halaman

3. Marko Simic

Marko Simic saat ini memiliki nilai pasar sebesar 400 ribu euro (Rp6,8 miliar). Jumlah itu mengalami penurunan 50 ribu euro dari sebelumnya.

Penurunan ini dialami Marko Simic karena penampilan yang tak maksimal di Piala Menpora 2021. Padahal, pemain asal Kroasia itu mencetak dua gol dan sukses membantu Persija juara.

Marko Simic masih terikat kontrak sampai 2023 di Persija. Sejauh ini, Simic sudah mengemas 4 gol dalam 64 pertandingan bersama Macan Kemayoran.

5 dari 8 halaman

2. Nick Kuipers

Nick Kuiper naik ke posisi kedua pemain asing dengan nilai pasar tertinggi di Indonesia. Pemain asal Belanda itu memiliki nilai pasar 425 ribu euro (Rp7,2 miliar).

Terdapat kenaikan 50 ribu euro dari harga Nick Kuipers sebelumnya. Kenaikan ini diyakini terjadi setelah sang pemain tampil gemilang bersama Persib Bandung di Piala Menpora 2021.

Nick Kuipers saat ini sudah tampil sebanyak 20 pertandingan bersama Persib. Pemain asal Belanda terikat kontrak jangka panjang sampai 2024 di Persib.

6 dari 8 halaman

1. Brwa Nouri

Brwa Nouri masih menjadi pemain asing dengan nilai pasar paling tinggi di Liga 1 2021/2022. Gelandang Bali United itu memiliki harga 450 ribu euro (Rp7,7 miliar).

Terdapat penurunan nilai pasar sebesar 25 ribu euro dari harga Brwa Nouri. Hal itu terjadi diyakini setelah sang pemain dipinjamkan ke Zakho Sport Club pada awal 2021.

Brwa Nouri telah bermain di Indonesia sejak 2018. Sejauh ini, pemain asal Irak itu sudah mengemas 43 pertandingan untuk klub berjulukan Serdadu Tridatu tersebut.

7 dari 8 halaman

Daftar Pemain Asing Termahal di Liga 1

  1. Brwa Nouri (Bali United) 450 ribu euro (Rp7,7 miliar)
  2. Nick Kuipers (Persib Bandung) 425 ribu euro (Rp7,2 miliar)
  3. Marko Simic (Persija Jakarta) 400 ribu euro (Rp6,8 miliar)
  4. Dionatan Machado (Persik Kediri) 400 ribu euro (Rp6,8 miliar)
  5. Willian Pacheco (Bali United) 375 ribu euro (Rp6,4 miliar)
  6. Rohit Chand (Persija Jakarta) 350 ribu euro (Rp5,9 miliar)
  7. Jaimerson Xavier (Madura United) 350 ribu euro (Rp5,9 miliar)
  8. Wander Luiz (Persib Bandung) 350 ribu euro (Rp5,9 miliar)
  9. Aaron Evans (PSS Sleman) 350 ribu euro (Rp5,9 miliar)
  10. Wiljan Pluim (PSM Makassar) 350 ribu euro (Rp5,9 miliar)
8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

3 Gol Terbaik BRI Liga 1, Salah Satunya Tendangan Spektakuler Irsyad Maulana

Video Populer

Foto Populer