Sukses


PSSI Umumkan 3 Kandidat Asisten Baru Shin Tae-yong di Timnas Indonesia: 2 dari Korea Selatan, 1 Asal Montenegro

Bola.com, Jakarta - PSSI merilis tiga kandidat asisten baru pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Ketiganya adalah Kim Bong-soo, Shin Sang-gyu, dan Dzenan Radoncic.

PSSI baru menggelar rapat dengan Shin Tae-yong pada Kamis (26/8/2021) di Kantor PSSI, Menara Olahraga Senayan (MOS), Jakarta Pusat.

PSSI diwakili oleh dua anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Haruna Soemitro dan Endri Irawan, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, dan Wakil Sekjen PSSI, Maaike Ira Puspita.

Sementara Shin Tae-yong, didampingi oleh penerjemah, Yoo Jae-hoon dan seorang analis, Kim Jong-jin.

Shin Tae-yong membutuhkan asisten baru di Timnas Indonesia setelah ditinggalkan oleh tiga tangan kanannya yang mengundurkan diri yaitu Kim Hae-woon, Lee Jae-hong, dan Kim Woo-jae.

2 dari 6 halaman

Evaluasi Timnas Indonesia

Selain membahas calon tiga asisten pelatih baru, PSSI juga melakukan evaluasi terhadap penampilan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Tim berjulukan Skuad Garuda itu babak belur setelah dihajar Vietnam 0-4 serta dibabat Uni Emirat Arab (UEA) 0-5, dan hanya mampu mengimbangi Thailand 2-2.

"Shin Tae-yong memberikan evaluasi apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan Timnas Indonesia selama mengikuti Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan pemusatan latihan sebelumnya. Kami juga berdiskusi terkait road map ke depannya," kata Haruna Soemitro dinukil dari laman PSSI.

3 dari 6 halaman

Dibawa ke Rapat Exco PSSI

PSSI akan membawa tiga nama asisten baru Shin Tae-yong di Timnas Indonesia ke rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI sebelum mengambil keputusan.

"Tiga nama yang diajukan, yakni Kim Bong-soo, Shin Sang-gyu, dan Dzenan Radoncic, untuk menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia," tutur Endri Erawan.

"Tentu kami akan memutuskan melalui rapat Exco PSSI apakah tiga orang tersebut layak menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia," jelasnya.

4 dari 6 halaman

Dzenan Radoncic

Dzenan Radoncic kemungkinan akan menggantikan Kim Woo-jae sebagai pelatih teknik. Pria asal Montenegro itu pernah menjadi anak buah Shin Tae-yong pada 2009-2011 ketika masih melatih Seongnam Ilhwa Chunma.

Dzenan Radoncic sembilan tahun berkarier di Korea Selatan. Selain Seongnam, mantan pemain berusia 38 tahun ini pernah membela Incheon United pada 2004-2008 dan Suwon Bluewings pada 2012-2013.

Dzenan Radoncic dikabarkan fasih berbahasa Korea Selatan sehingga akan memudahkan komunikasinya dengan Shin Tae-yong.

Dzenan Radoncic gantung sepatu pada 2015 di klub kampung halamannya, Mornar.

5 dari 6 halaman

Kim Bong-soo

Sementara itu, Kim Bong-soo berpeluang diproyeksikan sebagai penerus Kim Hae-woon sebagai pelatih kiper Timnas Indonesia.

Kim Bong-soo adalah pelatih kiper yang berpengalaman di Negeri Ginseng. Pria berusia 50 tahun itu pernah bekerja untuk Timnas Korea Selatan U-23 pada 2010-2012, Korea Selatan senior pada 2013-2015, dan Suwon Samsung Bluewings pada 2019-2020.

Asisten pelatih Shin Tae-yong asal Indonesia, Nova Arianto tidak menampik maupun membenarkan kabar Dzenan Radoncic dan Kim Bong-soo bakal menjadi partner barunya di Timnas Indonesia.

"Ditunggu saja beritanya nanti ya," kata Nova kepada Bola.com pada 10 Agustus 2021.

6 dari 6 halaman

Shin Sang-gyu

Tidak banyak rekam jejak yang didapatkan ketika menelusuri Shin Shang-gyu di dunia maya.

Berdasarkan data Transfermarkt, Shin Sang-gyu berasal dari Korea Selatan dan lahir pada 6 Juni 1986.

Shin Shang-gyu terakhir menjadi pelatih fisik di klub kasta kedua Liga China, Chengdu Rongcheng.

Pria berusia 35 tahun itu berpotensi untuk menjadi pengganti Lee Jae-hong sebagai pelatih fisik di Timnas Indonesia.

Video Populer

Foto Populer