Sukses


Rapor 3 Tim Promosi BRI Liga 1: Persita Paling Oke, Persik Masih Meragukan

Bola.com, Jakarta - Tiga laga awal BRI Liga 1 2021/2022 sangat enak ditonton. Enam tim yang berjibaku tampak ingin menampilkan permainan terbaik untuk menuntaskan dahaga mereka, setelah 1,5 tahun tak merumput.

Dari tiga partai tersebut, yang kebetulan melibatkan tim promosi yakni Persik Kediri, Persita Tangerang, dan Persiraja Banda Aceh layak diapresiasi. Me

Apalagi, trio klub yang naik kasta ke Liga 1 pada 2019 ini harus menghadapi tim-tim papan atas seperti Bali United, Persipura, dan Bhayangkara FC.

Dari catatan Bola.com, Pendekar Cisadane, julukan Persita, tampil paling moncer. Kemenangan anak asuh Widodo C. Putro atas Persipura 2-1 jadi modal awal sangat berharga.

Gelandang Persita, Taufiq Febriyanto (kiri) berebut bola dengan gelandang Persipura, Ramai Melvin Rumakiek dalam laga pekan pertama BRI Liga 1 2021/2022 antara Persipura Jayapura melawan Persita Tangerang di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/08/2021) malam WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Keberhasilan menjinakkan Mutiara Hitam ini juga bukan sebuah kebetulan. Internal Persipura goyah usai dicoretnya dua sosok sentral, Boaz Solossa dan Tinus Pae.

Tapi Agung Prasetyo dkk. telah menunjukkan kinerja oke banget. Meski tim runner-up Liga 2 2019 ini dihuni pemain muda, namun mereka tak gagap menghadapi tim sebesar Persipura di BRI Liga 1.

2 dari 3 halaman

Persiraja Ngotot

Kinerja cukup bagus juga dipamerkan Persiraja. Kendati Laskar Rencong ditekuk Bhayangkara FC 2-1, Defri Rizki cs. memberikan perlawanan dan determinasi sepanjang pertandingan.

Padahal Persiraja banyak ditinggalkan para bintangnya seperti Rijal Torres, Miftahul Hamdi, Luis Irsandi, Asep Budi, Eriyanto, Feri Komul, dan kiper Tedi Heri Setiawan.

Namun sang arsitek Hendri Susilo mampu membangun kekuatan Persiraja dengan wajah-wajah baru guna menandingi para bintang The Guardians, sebutan Bhayangkara FC. Persiraja tampil dengan ciri khas ngotot dan pantang menyerah.

3 dari 3 halaman

Rapor Buruk Persik

Di antara tim promosi ini hanya Persik yang rapornya kurang bagus. Perombakan yang dilakukan pelatih Joko Susilo belum menunjukan progres menggembirakan.

Sebenarnya juara Liga 2 2019 ini tak perlu tunduk di kaki Bali United dengan skor 1-0 pada partai pembukaan, jika sepakan penalti Youssef Ezzejjari tak digagalkan kiper Wawan Hendrawan.

Tapi secara keseluruhan Persik masih butuh perbaikan. Joko Susilo pun mengakui fisik pasukannya masih kedodoran, bila dipaksa main spartan.

Hasil pekan pertama dari tiga laga awal menempatkan Persita berkuasa di puncak klasemen bersama Bhayangkara FC dengan tiga poin. Namun Persita diuntungkan sebagai away tim saat mengalahkan Persipura.

Sementara Persiraja dan Persik di zona degradasi masing-masing pada urutan ke-17 dan 18. Dan, prematur juga jika memvonis Persiraja dan Persik bakal terdegradasi dan melorot lagi ke Liga 2.

Tiga pertandingan ini masih berstatus "percobaan'. Jika evaluasi PSSI, PT LIB, dan Pemerintah bagus, BRI Liga 1 bisa digelar hingga partai pamungkas.

Video Populer

Foto Populer