Sukses


5 Fakta Menarik Selepas 3 Laga BRI Liga 1: Catatan Istimewa Bali United dan Bhayangkara FC

Bola.com, Jakarta - Genderang kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 telah ditabuh. Tiga pertandingan perdana yang juga dijadikan percontohan kompetisi musim ini berhasil dihelat tanpa halangan berarti.

Walaupun intensitas pertandingan tak setinggi sebelumnya, enam tim yang bertanding tetap semangat menampilkan permainan terbaiknya. Meski begitu, tak ada kejutan berarti yang tercipta.

Di laga pembuka, Bali United yang berstatus juara bertahan Liga 1 2019 berhasil membungkam klub promosi, Persik Kediri. Melalui pertempuran sengit, M. Rahmat berhasil menjadi pembeda lewat gol tunggalnya di menit 83.

BRI Liga 1 - Kolase Pertandingan Pekan Pertama (Bola.com/Adreanus Titus)

Pada laga selanjutnya, Persita Tangerang berhasil mengagetkan tim kuat Persipura Jayapura. Lebih difavoritkan, tim Mutiara Hitam itu justru keok dengan skor tipis 2-1.

Sementara di laga terakhir, Bhayangkara FC yang dihuni pemain bertabur bintang sempat kesulitan menghadapi kuda hitam, Persiraja Banda Aceh. Tetapi pada akhirnya, Ezechiel N'Douassel berhasil membawa timnya unggul lewat brace yang diciptakannya.

Selain itu, beberapa fakta menarik juga berhasil dihimpun dalam tiga laga perdana BRI Liga 1 2021/22. Mari kita kupas kelima fakta menarik ini.

2 dari 6 halaman

1. Stefano Cugurra Dekati Capaian 200 Poin

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra hanya butuh tiga angka atau satu kemenangan lagi untuk menggenapkan perolehan poinnya menjadi 200 sepanjang sejarah Liga 1.

Hal itu didapat setelah Serdadu Tridatu, julukan Bali United, berhasil mengandaskan Persik Kediri di partai perdana mereka di BRI Liga 1, Jum'at (27/8/2021).

Dalam 104 pertandingan yang telah dijalaninya. Pria yang akrab disapa Teco tersebut berhasil mengemas 57 kemenangan, 26 hasil imbang dan 21 kekalahan.

Dari 197 poin yang telah didapatkannya, 123 poin diantaranya diraihnya saat dua tahun memimpin Persija jakarta pada musim 2017 dan 2018. Sedangkan 74 poin lainnya didapatkan saat memimpin Bali United sejak 2019 hingga sekarang.

3 dari 6 halaman

2. Bali United Hapus Kutukan Juara Bertahan

Sebelum laga pembuka dimulai, Bali United dihantui kegagalan juara bertahan meraih kemenangan di laga pembuka kompetisi tahun selanjutnya. Hal itu telah berlaku dalam tiga tahun terakhir.

Bhayangkara FC hanya bermain imbang tanpa gol dengan Persija Jakarta pada laga perdananya di Liga 1 2018. Setahun berselang, giliran Macan Kemayoran, julukan Persija Jakarta, yang harus puas bermain imbang 1-1 dengan tuan rumah Barito Putera.

Bali United juga pernah merasakan kutukan tersebut tahun lalu. Fadil Sausu dkk tak bisa menaklukkan Persita Tangerang yang memaksa mereka bermain dengan skor kacamata.

4 dari 6 halaman

3. Rekor Positif Widodo C. Putro Atas Jacksen F. Tiago Berlanjut

Pelatih Persita Tangerang, Widodo C. Putro, boleh saja belum memiliki gelar Liga Indonesia. Tetapi secara head to head, pria asal Cilacap tersebut memiliki rekor lebih mentereng ketimbang Jacksen F. Tiago.

Sebelum laga berlangsung, Jacksen F. Tiago tak pernah bisa membawa timnya meraih kemenangan atas tim yang dilatih juniornya tersebut. Dalam empat pertandingan, pria asal Brasil itu harus rela menelan dua kekalahan dan dua hasil imbang.

Kemenangan Persita jelas memperburuk rekor tersebut. Jacksen F. Tiago bahkan angkat topi dengan rivalnya tersebut yang dianggapnya jauh lebih baik.

5 dari 6 halaman

4. Berakhirnya Kesempurnaan Fakhurrazi Quba

Fakhrurrazi Quba merupakan satu-satunya penjaga gawang yang belum pernah kebobolan selama penampilannya di Liga 1. Kiper Persiraja Banda Aceh tersebut membukukan rekor 270 menit tanpa kebobolan pada Liga 1 2020.

Rekor itu coba dipertahankannya saat timnya menghadapi Persita Tangerang pada laga perdana mereka di BRI Liga 1 2021/22. Tetapi rekor tersebut langsung patah di menit kedelapan.

Ezechiel N'Douassel berhasil menempatkan diri di ruang terbuka saat terjadi kemelut. Tendangan Renan Silva yang mengarah kepadanya disontek ke gawang kosong dengan mudah.

6 dari 6 halaman

5. Bhayangkara FC Ulangi Pencapaian Saat Juara Liga 1 2017

Bhayangkara FC selalu kesulitan mendapatkan kemenangan di laga perdana setiap musimnya. Dalam tiga tahun terakhir, mereka hanya berhasil mendapat deretan hasil imbang.Hal ini bermula saat mereka bermain imbang tanpa gol dengan Persija pada laga perdana Liga 1 2018.

Setahun berselang, Borneo FC memaksa mereka bermain imbang 1-1. Persiraja Banda Aceh yang juga mereka hadapi di laga pertama tahun lalu, mampu menahan mereka dengan skor kacamata.

Kembali menghadapi mereka di awal tahun ini, membuat bayangan hasil imbang itu menghantui mereka.

Namun, mereka mampu menghentikan tradisi buruk tersebut dan mengulangi pencapaian di Liga 1 2017. Kala itu, The Guardian, julukan Bhayangkara FC sukses meraih kemenangan 2-1 atas Perseru Serui sebelum akhirnya menjuarai kompetisi di akhir musim.

Video Populer

Foto Populer