Sukses


Prediksi Duel Persiraja Vs PSS di BRI Liga 1: Hasrat Buru Kemenangan Perdana

Bola.com, Jakarta - Persiraja Banda Aceh berjumpa PSS Sleman dalam lanjutan pekan kedua BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Sabtu (11/9/2021). Pertarungan diprediksi berjalan alot karena kedua tim sama-sama mengincar kemenangan perdana.

Pada pekan sebelumnya, Persiraja dipaksa menyerah 1-2 oleh Bhayangkara FC. Sementara PSS Sleman berhasil lolos dari kekalahan atas Persija Jakarta setelah bermain sama kuat 1-1. 

Persiraja bukannya bermain buruk melawan Bhayangkara FC. Bahkan tim berjulukan Laskar Rencong sempat menyamakan kedudukan lewat pemain asingnya, Paulo Henrique, meski akhirnya kembali bobol lewat titik putih.

Adapun permainan PSS tak kalah dari Persija saat bentrok di Stadion Pakansari. Sempat kecolongan gol Yann Motta, PSS tampil disiplin merepotkan pertahanan Persija. Irkham Mila sukses menyamakan kedudukan dan memastikan satu poin untuk tim Elang Jawa.

Persiraja di bawah besutan Hendri Susilo punya bekal yang lebih baik dari PSS Sleman, yaitu tingkat kebugaran pemain karena ada jeda dua pekan setelah laga pertama yang mereka jalani. Sedangkan PSS baru akhir pekan kemarin bertanding.

 

2 dari 5 halaman

Sudah Banyak Belajar

Perlahan skuad Lantak Laju (julukan Persiraja) memulihkan kondisi kebugaran dan membenahi beberapa titik yang masih lemah. Mereka beruji coba melawan tim Liga 2, AHHA PS Pati, di Jakarta pada awal pekan.

Sayangnya Persiraja justru menjadi bulan-bulanan karena kalah telak 0-3 dan diwarnai insiden permainan kasar hingga tendangan kungfu yang mencederai salah satu pemainnya, Nadhiif Rizqi. Hasil itu jelas menjadi dorongan agar Persiraja bangkit.

"Harus lebih baik dari hasil pertandingan sebelumnya. Hal yang perlu diwaspadai dari PSS adalah semangat dan motivasi mereka. Bagi saya dalam sepak bola semua bisa terjadi, dan kami juga harus bisa melewati kesulitan di lapangan," beber pelatih Persiraja, Hendri Susilo, dalam konferensi pers menjelang pertandingan, Jumat (10/9/2021).

Persiraja tentunya sudah banyak belajar dari pertandingan pertama melawan Bhayangkara FC. Lini belakang yang dijaga duet Leonardo Lelis dan Muhammad Zamzani harus lebih meningkatkan konsentrasinya di depan penjaga gawang Fakhrurrazi Quba.

Sementara dua bek sayap Rifaldi dan Defri Rizki juga wajib mewaspadai pergerakan penyerangan sayap PSS yang dikenal sebagai kekuatan utama. Untuk lini tengahnya, pelatih Hendri Susilo akan kembali mempercayakan Mukhlis Nakata, Ramadhan, Vanja Markovic, serta berharap bisa menurunkan gelandang asal Jepang, Shori Murata.

Tumpuan lini depan mereka ada pada sosok Paulo Henrique, striker asal Brasil yang langsung nyetel sebagai ujung tombak mematikan Persiraja. Ia berhasil mencetak gol ke gawang Bhayangkara FC di laga sebelumnya. Pergerakan dan instingnya sebagai pemain depan wajib diwaspadai lini belakang PSS.

"Apapun hasilnya besok harus mendapatkan poin entah satu atau tiga, biar ke depannya lebih enak dalam persaingan. Semua pemain PSS tidak hanya satu atau dua pemain jangan biarkan mendapat ruang," ujarnya.

 

3 dari 5 halaman

Motivasi Tinggi

Kubu PSS sedang dibalut motivasi yang tinggi setelah hasil positif pada laga sebelumnya. Tim sekelas Persija dibuat kesulitan meladeni PSS. Bahkan tim Elang Jawa (julukan PSS) membuat Persija tertekan dengan skema serangan balik cepat yang menjadi senjatanya.

Pelatih Dejan Antonic seperti memainkan pola false nine pada laga pertama. Tak ada penyerang murni karena Arsyad Yusgiantoro, Irfan Bachdim, dan Irfan Jaya secara bergantian bisa menjadi penyerang tengah maupun sayap.

Mereka ditopang oleh tiga gelandang lincah yakni Irkham Mila, Kim Kurniawan, dan Aaron Evans. Strategi ini bisa kembali menjadi alternatif untuk meladeni Persiraja yang dikenal ngotot.

Untuk lini belakang, PSS tak terlalu cemas karena duet Asyraq Gufron dan Mario Maslac sudah nyetel dan padu. Begitu pula ketenangan seorang bekerja kanan sekaligus kapten mereka, Bagus Nirwanto.

Hanya saja di PSS dipastikan tanpa bek kiri Derry Rachman yang sedang melangsungkan pernikahan dan striker potensial Saddam Emiruddin Gaffar yang dibebat cedera.

"Kami masih belum bisa memainkan Saddam Emiruddin Gaffar karena cedera meniskus atau tendon. Saat latihan merasa sakit dan kami tidak mau menanggung risiko. Sementara Derry yang sedang punya acara pernikahan," tutur Dejan Antonic.

"Puji Tuhan kami sudah siap menghadapi pertandingan besok melawan Persiraja. Tidak ada yang mudah, perlu usaha keras untuk dapat hasil maksimal," lanjutnya.

PSS semakin siap karena kondisi kebugaran pemain berangsur normal. Setelah tampil habis-habisan kontra Persija, fisik para pemainnya banyak terkuras, tidak terlepas dari masa persiapan yang mepet untuk latihan bersama.

"Pertandingan kemarin memang cukup melelahkan, tapi kondisi pemain masih dalam batas normal. Dibutuhkan satu hingga tiga pertandingan untuk mengembalikan peak performance pemain," jelas pelatih fisik PSS, Danang Suryadi.

 

4 dari 5 halaman

Prediksi Susunan Pemain

  • Persiraja Banda Aceh (4-3-3): Fakhrurrazi Quba (Kiper); Rifaldi, Leonardo Lelis, Hamdan Zamzani, Defri Rizki (Belakang); Vanja Markovic, Mukhlis Nakata, Ramadhan (Tengah); Muhammad Isa, Eeng Supriyadi, Paulo Henrique (Depan)
  • Pelatih: Hendri Susilo
  • PSS Sleman (4-2-3-1): Ega Rizky (Kiper); Bagus Nirwanto, Asyraq Gufron, Mario Maslac, Arthur Irawan (Belakang); Irkham Milla, Kim Jeffrey Kurniawan, Aaron Evans, Irfan Bachdim, Irfan Jaya (Tengah); Arsyad Yusgiantoro (Depan)
  • Pelatih: Dejan Antonic

Prediksi Bola: 45-55

  • Siaran langsung dan live streaming: O Channel dan Vidio 
  • Sabtu, 11 September 2021
  • Pukul 15.15 WIB
5 dari 5 halaman

Yuk Tengok Peringkat Terbaru

Video Populer

Foto Populer