Sukses


BRI Liga 1: Trio Pemain Asing PSIS Tidak Nongol di Laga Kontra Persija, Ini Penjelasan Dokter Tim

Bola.com, Semarang - PSIS Semarang tampil memukau pada pekan kedua BRI Liga 1 2021/2022 kontra Persija Jakarta, Minggu (12/9/2021). Bermain di Indomilk Arena, Tangerang, Laskar Mahesa Jenar (julukan PSIS) mampu memaksa Persija bermain imbang 2-2.

Gawang PSIS yang dikawal Jandia Eka Putra kebobolan dua kali terlebih dahulu setidaknya sampai awal babak kedua. Namun, PSIS bangkit untuk mengejar defisit gol melalui Hari Nur Yulianto dan gol bunuh diri Rohit Chand.

Ada yang menarik pada duel klasik tersebut di Tangerang kemarin. PSIS memainkan 100 persen pemain lokalnya di babak pertama, hanya sosok Jonathan Cantillana sebagai pemain asing dan baru dimasukkan pada paruh kedua.

Masuknya Jonathan Cantillana membawa pengaruh positif hingga terciptanya dua gol PSIS yang melalui skema sama, hasil tendangan bebas. Sementara tiga pemain asing PSIS lainnya tidak nongol di daftar susunan pemain.

Situasi yang sempat membuat publik PSIS khususnya para suporter. Tidak sedikit yang mempertanyakan strategi tim PSIS dalam menghadapi lawan sekelas Persija.

Dokter tim PSIS, Alfan Nur Asyhar buka suara dan menjelaskan bahwa kondisi ketiga pemain asing tersebut cedera sehingga tidak dipaksakan untuk tampil.

"Sebelum pertandingan tim pelatih selalu menanyakan kondisi kebugaran pemain termasuk cedera. Saya juga memastikan kondisi pemain yang siap atau tidak. Persiapan yang mepet ini sesuai prediksi kami bahwa bisa berpengaruh pada kondisi persiapan pemain, meliputi otot atau sendi," beber Alfan Nur Asyhar dalam YouTube PSIS Semarang, Senin (13/9/2021).

2 dari 4 halaman

Penjelasan Dokter

Alfan lalu menjelaskan kondisi Wallace Costa. Ia mengalami cedera engkel pada pertandingan pertama.

"Kami periksa, berobat dan terapi, sempat ada progres. Namun dalam latihan terakhir menjelang pertandingan, merasakan di bagian engkel sehingga saya putuskan untuk tidak dimainkan," lanjut dia.

"Bruno Silva bisa mengikuti latihan sebelum pertandingan, tapi ada yang mengganjal di otot di paha bagian dalam atau adduktor. Walaupun sedikit tapi mengganggu performa, dokter pun memutuskan ia harus istirahat sama seperti Wallace Costa".

Alfan berharap kondisi Wallace Costa dan Bruno Silva segera membaik, setelah melewatkan satu pertandingan kemarin sehingga kontribusinya bisa dimaksimalkan saat PSIS Semarang melakoni pekan ketiga bertemu Persiraja Banda Aceh, Sabtu (18/9/2021).

"Untuk Wallace Costa semoga bisa bermain 100 persen di pertandingan berikutnya. Mudah-mudahan Bruno Silva bisa bermain lagi," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Berjuang Pulih dari Cedera

Tiga pemain lainnya juga masih berjuang sembuh dari cedera. Brian Ferreira, gelandang asal Argentina yang belum bisa melakoni debutnya untuk PSIS karena probelem hamstring. Kemudian bek Rio Saputro yang bermasalah pada lutut saat duel di laga pertama.

Sedangkan satu pemain lagi adalah Nerius Alom, gelandang jangkar mengalami cedera yang hampir sama dengan Bruno Silva, yaitu otot paha bagian dalam. Ia sempat tampil apik sebagai pemain pengganti di pekan pertama melawan Persela.

"Brian Ferreira memerlukan perawatan lebih lama dengan masalah kebugaran menjelang kompetisi. Setelah kami periksa dengan MRI, mengalami robekan dan bisa ditangani dengan progres bagus," kata Nur Asyhar.

"Kami sampaikan ke manajemen untuk tidak dipaksakan bermain. Pelan tapi pasti karena kompetisi masih panjang. Secara umum tidak ada cedera khusus atau kronis, semoga bisa segera pulih 100 persen dan tampil di pertandingan berikutnya," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer