Sukses


Nostalgia Jelang Piala AFF 2020: Evan Dimas dan Hansamu Yama, Berteman dari Culun sampai Jadi Bintang Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Evan Dimas dan Hansamu Yama, dua sahabat yang sama-sama membangun karier dari culun sampai menjadi bintang di Timnas Indonesia.

Nama mereka mulai mencuat ketika membawa Timnas Indonesia U-19 meraih trofi juara Piala AFF U-19 pada 2013. Pada laga final yang berlangsung di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, 22 September, skuad Garuda secara dramatis mengalahkan Vietnam via adu penalti dengan skor 7-6 setelah bermain tanpa gol pada waktu normal dan babak tambahan waktu.

Delapan tahun berlalu, keduanya sudah matang di klub dan timnas.

Evan Dimas dan Hansamu Yama sama-sama sudah berkeluarga. Evan menikahi wanita idamannya, Dewi Zahra pada Februari 2020. Sementara Hansamu malah sudah memiliki buah hati bernama Kansa Kireinako Xaviera yang dilahirkan sang istri Zerlinda Gitta Anggraeni.

"Setelah berkeluarga tentu gaya hidup kami berubah. Terutama menghargai waktu. Dalam mengambil keputusan juga melibatkan istri," kata Hansamu yang diamini Evan, di channel Youtube Hamka Story 23.

Keduanya pun mengaku kerap menyempatkan diri menyantap diri menyantap makanan buatan istri masing-masing. Evan yang juga senang masak, sangat menikmati oseng-oseng lontong.

Sementara Hansamu sangat menyukai sayur sop dengan tempe dan tahu hasil buatan sang istri.

Faktor keluarga pula yang membuat Evan dan Hansamu memiliki pandangan sama andai mendapat tawaran dari klub luar negeri. Menurut Evan, keinginan bermain di luar Indonesia seperti yang pernah dirasakannya ketika berkostum Selangor (Malaysia) pada 2018.

"Tapi, sekarang kondisinya berbeda. Sebelum memutuskan menerima atau tidak, saya tentu meminta pertimbangan istri," ungkap Evan. Begitu pun dengan Hansamu.

2 dari 3 halaman

Impian Kembali Tampil Bersama di Timnas Indonesia

Berada dalam satu tim di Bhayangkara FC, Evan dan Hansamu bertekad tampil optimal bila mendapatkan menit bermain di BRI Liga 1 2021/2022.

Keduanya punya merenda asa membawa klub mereka itu meraih trofi juara. Tampil baik bersama Bhayangkara, tentu jadi pembuka jalan buat keduanya kembali tampil bersama timnas Indonesia.

"Semua pesepak bola profesional pasti ingin membela tim nasionalnya, termasuk saya," tegas Hansamu.Hansamu ingin kembali bermain bersama Evan dan pesepak bola terbaik Indonesia dalam skuad Garuda.

Sebelumnya, nama Hansamu tak masuk dalam bagian skuad Garuda dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai. Seperti diketahui, ajang itu merupakan kiprah terakhir skuad asuhan Shin Tae-yong. Rencananya, Timnas Indonesia kembali berpartisipasi di Piala AFF 2021, Thailand, 5 Desember 2021-1 Januari 2022.

3 dari 3 halaman

Bahu Membahu di Bhayangkara FC

Evan bergabung di Persebaya ISL yang kemudian berganti nama menjadi Bhayangkara FC. Sedang Hansamu menerima tawaran manajemen Barito Putera.

Di level klub, Evan lebih beruntung dengan raihan juara Liga 1 2017 bersama Bhayangkara. Sukses itu membuat Evan dilirik klub Liga Super Malaysia, Selangor. Dari Selangor, Evan kembali ke Indonesia dengan bergabung di Barito Putera.

Sayang, pada momen itu, Hansamu justru meninggalkan Barito dengan menerima tawaran manajemen Persebaya Surabaya jelang Liga 1 2019.

Keduanya akhirnya bisa kembali bermain satu tim pada 2021. Hansamu hengkang dari Persebaya, sedang Evan meninggalkan Persija Jakarta, klub yang dibelanya setelah pergi dari Barito.

Video Populer

Foto Populer