Sukses


BRI Liga 1: Tak Ada Masalah Lisensi, Pelatih Bali United Fokus Persiapan Hadapi Persib

Bola.com, Denpasar - Lisensi kepelatihan Stefano Cugurra sebagai pelatih kepala Bali United sempat menjadi polemik. Regulasi kepelatihan untuk BRI Liga 1 2021/2022 mengharuskan pelatih kepala memiliki lisensi setara AFC Pro, sementara lisensi yang dimiliki pelatih yang karib disapa Teco itu setara AFC A.

Hal tersebut yang membuatnya didaftarkan sebagai manajer Bali United pada laga pekan pertama BRI Liga 1 2021/2022, di mana Bali United menang 1-0 atas Persik Kediri. Sementara pada pekan kedua kontra Barito Putera, statusnya kembali berubah menjadi pelatih kepala.

Teco memberikan penjelasan bahwa AFC sudah mengirimkan surat kepada PSSI mengenai masalah lisensi kepelatihan tersebut.

"Setahu saya AFC sudah mengirimkan surat recognition of experience and current competence (RECC) kepada PSSI. Jadi saya boleh bekerja seperti biasa. Mungkin kalau ingin lebih jelas, bisa ditanyakan kepada PSSI," ujar pelatih asal Brasil itu.

Artinya, lisensi yang dimiliki Teco diakui oleh AFC untuk menangani klub di BRI Liga 1. Teco memang menegaskan bahwa lisensi yang dimilikinya memang tidak ada masalah sama sekali.

"Saya kerja di Timnas Brasil U-20, Brescia, Korea, Malaysia, Singapura, Thailand, Arab Saudi, Amerika Serikat, dan Indonesia. Tidak ada masalah dengan lisensi sebelumnya," tegas pelatih Bali United itu.

 

2 dari 3 halaman

Rekor Poin Jadi Motivasi Tambahan

Dengan situasi seperti itu, Teco sudah tidak ada masalah untuk fokus menangani Bali United. Apalagi Serdadu Tridatu bakal menghadapi Persib Bandung dalam laga pekan ketiga BRI Liga 1 2021/2022 pada akhir pekan ini, Sabtu (18/9/2021).

Teco, yang baru mencapai rekor pribadi mengoleksi 200 poin sebagai pelatih kepala klub Indonesia sejak Liga 1 2017, tentu bersemangat untuk bisa menambah pundi-pundi poinnya lewat pertandingan kontra Persib. Teco sejauh ini sudah mengoleksi 200 poin, di mana 123 di antaranya bersama Persija dan 77 poin bersama Bali United.

"Kabar bagus karena saya punya rekor pribadi di Indonesia. Saya selalu berusaha dan bekerja keras bersama Bali United dan Persija. Tapi, menurut saya yang paling penting adalah harus bisa menyelesaikan kompetisi sesuai dengan target dari manajemen atau lebih baik," ujar Teco.

 

3 dari 3 halaman

Laga Kontra Persib Akan Menarik

Mengenai laga kontra Persib Bandung pada Sabtu (18/9/2021), Teco menilai pertandingan tersebut akan berjalan menarik karena kedua tim sama-sama berada di puncak klasemen serta meraih perolehan poin yang sama.

Bali United dan Persib memang berada di puncak dengan enam poin yang sama dan memiliki produktivitas maupun selisih gol yang sama, yaitu tiga gol dalam 2 laga dan kebobolan satu gol.

"Baik kami maupun Persib, memulai Liga 1 dengan hasil yang bagus. Kami sama-sama berada di puncak klasemen. Saya pikir laga nanti akan menarik dan seru," ujar Teco.

"Pastinya akan banyak suporter yang menonton dari rumah. Kami pun punya waktu yang cukup untuk persiapan bagus melawan tim yang cukup kuat, lanjutnya.

 

Cara Persija Jakarta untuk Kembali Raih Kemenangan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer