Sukses


3 Pemain PSM yang Bisa Menghentikan Tren Positif Persebaya di BRI Liga 1: Biar Lokal tapi Jagoan

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar belum meraih kemenangan pada dua laga awal di BRI Liga 1 2021/2022.

Juku Eja hanya bermain imbang dengan Arema FC dan Madura FC dengan skor sama yakni 1-1.  Padahal, peluang skuad asuhan Milomir Seslija untuk meraih tiga poin penuh pada dua partai itu terbilang terbuka.

Menghadapi Arema di Stadion Pakansari Cibinong, Minggu (5/9/2021), PSM tak mampu memaksimalkan kelebihan jumlah pemain setelah gelandang Singo Edan, Jayus Hariono mendapat kartu merah langsung pada menit ke-4.

Begitu pun ketika menantang Madura United di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (12/9/2021). PSM sempat unggul lebih dulu lewat gol penyerang sayap, Ilham Udin Armaiyn pada menit 36. Namun, mereka gagal mempertahankan keunggulan itu setelah striker Madura United, Rafael da Silva Santos menjebol gawang Juku Eja yang dikawal Syamsuddin pada di menit ke-51.

Hasil ini membuat PSM terancam tergelincir ke papan bawah kalau kembali bermain imbang atau kalah saat menghadapi Persebaya Surabaya pada pekan ketiga BRI Liga 1 2021/2022. Apalagi, Bajul Ijo tengah berada dalam trend positif setelah melibas Persikabo 1973 dengan skor 3-1 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Sabtu (11/9/2021).

Kehadiran empat asing anyar, Alie Sesay, Bruno Moreira, Taisei Marukawa, dan Jose Wilkson membuat Persebaya kembali ke trek pacu perburuan trofi juara musim ini.

Meski berada dalam situasi sulit, salah besar kalau Persebaya memandang sebelah mata PSM Makassar. Skuad Juku Eja dikenal sebagai tim dengan determinasi tinggi saat menghadapi lawan yang lebih diunggulkan.

Tim kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan memiliki pemain yang berpotensi menghentikan trend positif Persebaya. Siapa saja mereka? Berikut ulasan Bola.com.

2 dari 5 halaman

1. Sutanto Tan

Direkrut PSM jelang Piala Menpora 2021 dari PSMS Medan, Sutanto Tan seperti menemukan tim yang pas untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya sebagai gelandang box to box.

Pada ajang pra musim itu, Sutanto yang pernah berkostum Hougang United (Singapura), Mitra Kukar, Persija Jakarta, Bali United dan PSIM Yogyakarta tampil prima untuk membawa PSM menembus semifinal.

Di bawah kendali Milomir Seslija yang menangani PSM di BRI Liga 1 2021/2022, Sutanto tetap mendapat tempat di tim utama meski Wiljan Pluim sudah bergabung.

Seperti diketahui, sang kapten absen di Piala Menpora 2021 karena terkendala kebugaran setelah berlibur di Belanda. Pada laga awal menghadapi Arema, Sutanto mencetak assist buat Ilham Udin Armaiyn.

Ia pun hampir mencetak gol andai tendangan kerasnya dari luar kotak penalti tak membentur mistar gawang Singo Edan.

 

3 dari 5 halaman

2. Wiljan Pluim

Wiljan Pluim memang belum berada dalam kondisi terbaiknya pada dua laga awal BRI Liga 1 2021/2022. Tapi, eks pemain Willem II tetap dijadikan 'musuh nomor satu' yang sangat diwaspadai tim lawan.

Saat Pluim bersama bola, minimal dua pemain datang mengadang pergerakannya. Meski belum optimal, Pluim tetap berkontribusi buat PSM dengan satu assist kepada Ilham Udin Armaiyn untuk menjebol gawang Madura United pada pekan kedua.

Seperti pada musim sebelumnya, Pluim diplot sebagai 'pemain bebas' di lapangan. Itulah mengapa, kapten PSM ini bisa terlihat dimana-mana. Ia bisa memainkan peran sebagai gelandang, penyerang sayap dan bahkan striker yang berkeliaran di area 16 tim lawan.

4 dari 5 halaman

3. Ilham Udin Armaiyn

Ilham Udin Armayin menjelma jadi bintang di PSM lewat dua golnya pada dua laga awal BRI Liga 1 2021/2022. Dua gol yang dicetak Ilham membuktikan kapasitasnya sebagai penyerang sayap dengan naluri dan insting tinggi dalam mencari ruang kosong di area pertahanan lawan.

Gol pertama Ilham lahir lewat tendangan first time menawan memanfaatkan umpan sundulan Sutanto Tan untuk menjebol gawang Arema FC. Sedangkan gol keduanya terjadi berkat kejeliannya memanfaatkaan kelengahan bek Madura United sebelum menyambut umpan terukur Wiljan Pluim sekaligus memperdaya kiper Madura United, M. Ridho.

Menghadapi Persebaya pada pekan ketiga BRI Liga 1 2021/2021, bukan tak mungkin Ilham kembali jadi momok menakutkan lawan. Tak hanya mencetak gol, pergerakan liat Ilham bisa memmbuat konsentrasi bek Persebaya terpecah sehingga memudahkan rekannya dari lini kedua merangsek ke kotak penalti Bajul Ijo.

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer