Sukses


Hasil BRI Liga 1: Persita Tumbangkan Persela dengan 10 Pemain, Barito dan Borneo Berbagi Poin

Bola.com, Jakarta - Persita Tangerang sukses meraup poin penuh atas Persela Lamongan dalam lanjutan pekan ketiga BRI Liga 1 2021/2022. Pendekar Cisadane (julukan Persita) unggul tipis 1-0 atas Laskar Joko Tingkir Persela di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat (17/9/2021).

Kedua tim memainkan permainan dengan tempo yang relatif lambat untuk saling menunggu dalam mencari momentum penyerangan setidaknya sampai 10 menit pertama. Persita tampil lebih tenang dalam menguasai bola umpan satu-dua yang membuat lebih percaya diri.

Tuan rumah Persela menunggu momentum untuk melancarkan serangan balik. Duet bek Demerson dan Zainuri masih terlalu kuat dan sulit ditembus oleh beberapa kali percobaan serangan Persita.

Menit ke-14, Persita melalui Alex Goncalves nyaris mencetak gol namun sontekannya memanfaatkan umpan Cardozo masih melebar. Kapten tim Persita Agung Prasetyo menerima kartu kuning 18 saat berusaha menghentikan laju striker Persela Ivan Carlos dengan menarik badannya.

Persita mulai keluar dari tekanan untuk melancarkan serangan balik dari kedua sisi sayap, namun masih belum dapat dimaksimalkan oleh Ivan Carlos maupun Riyatno Abiyoso. Masih belum ada peluang berarti yang tercipta setidaknya hingga menit ke-23.

Persita Tangerang merespons pada menit ke-24 Taufiq Febrianto mencoba melakukan tendangan spekulasi dari jarak jauh tetapi bola terlalu tinggi melayang. Permainan kedua tim mulai panas untuk saling melancarkan jual beli serangan.

2 dari 5 halaman

Ujian Lini Belakang

Lini belakang Persita bekerja keras menempel ketat bomber Ivan Carlos yang selalu berupaya memaksimalkan skema umpan-umpan silang.

Cardozo nyaris membawa Persita unggul terlebih dahulu kembali ke 33, umpan terobosan Alex Goncalves diselesaikan dengan bola chip, namun bola terlalu tinggi dari mistar gawang.

Wasit kembali memberikan kartu kuning kepada pemain Persita, Aldi Al achya yang menggantikan laju Nasir. Sejurus kemudian Persela melalui Ahmad Bustomi mengancam gawang Persita. Tendangan bebasnya dapat ditepis oleh Rahmanuddin dan mengakibatkan sepak pojok.

Giliran pemain Persela, Malik Risaldi mendapatkan kartu kuning saat melanggar bek kanan Persita, Dallen Doke. Di akhir babak pertama, peluang didapat Persela melalui sundulan Riyatno Abiyoso namun bola masih terlalu lemah dan dengan mudah diamankan kiper Rahmanuddin. Skor kacamata 0-0 bertahan hingga waktu turun minum.

3 dari 5 halaman

Babak Kedua

Babak KeduaParuh kedua belum genap berjalan Tiga menit, Persita langsung menggebrak dengan peluang emas Aldi Al Achya. Sayangnya sontekan Achya masih lemah dan diamankan oleh kiper Dwi Kuswanto.

Memasuki menit ke-56, Persita harus bermain dengan sepuluh orang ketika Aldi Al Achya mendapat kartu kuning kedua setelah melanggar Riyatno Abiyoso. Unggul jumlah pemain membuat Persela leluasa dalam mendominasi permainan.

Birrul Walaidan mencoba peruntungan dengan melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti. Tetapi bola melebar dari sasaran. Persita harus bekerja keras untuk menghalau serangan Persela.

Pelatih Persita, Widodo C. Putro melakukan penyegaran skuad dengan memaaukkan Rizky Dwi Septiawan dan Toha untuk mengimbangi tekanan dari Persela yang unggul jumlah pemain.

Peluang tendangan keras kaki kiri Gian Zola masih menghantam mistar gawang Persela di menit ke-65. Persela ikut memasukkan pemain di babak kedua yaitu Riswan Yusman dan Iman Budi Hernandi.

Keasyikan menyerang, gawang Persela justru bobol oleh aksi memukau Rifki Dwi Septiawan yang baru masuk di babak kedua. Tendangan kaki kirinya dari luar kotak penalti melengkung indah menjebol gawang Dwi Kuswanto.

Menjelang waktu normal berakhir,nlaga berlangsung keras dengan adanya banyak pelanggaran. Striker Persela, Ivan Carlos mendapat kartu kuning saat melanggar Toha dan melakukan protes terhadap wasit.

Persita lebih banyak bertahan di sisa waktu pertandingan dan berhasil mempertahankan keunggulan 1-0 hingga laga usai. Hasil yang membuat Persita naik ke peringkat ketiga dengan enam poin. Sementara Persela di posisi 10 dengan nilai tiga.

4 dari 5 halaman

Poin Pertama Barito

Sementara pada pertandingan lain yang bersamaan, Borneo FC tertahan oleh Barito Putera dalam duel bertajuk Derbi Kalimantan. Kedua tim harus puas berbagai angka 1-1 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

Lutfhi Kamal lebih dulu membawa Barito Putera unggul di menit ke-62. Borneo FC menyamakan kedudukan menjadi 1-1 menit ke -83 melalui eksekusi penalti Francisco Torres. Dalam laga ini juga diwarnai kartu merah yang diterima gelandang Barito Putera, Bayu Pradana.

Tambahan satu angka membuat Borneo FC nangkring di urutan empat klasemen sementara dengan empat poin. Adapun bagi Barito Putera menjadi poin pertama mereka di BRI Liga 1 2021/2022.

5 dari 5 halaman

Susunan Pemain

Daftar susunan pemain:Persela Lamongan (4-5-1): Dwi Kuswanto (Kiper); Birrul Walidain, Zaenuri, Demerson, Nasir (Belakang); Malik Risaldi, Gian Zola Nugraha, Ahmad Bustomi, Syahroni, Riyatno Abiyoso (Tengah); Ivan Carlos (Depan)

Persita Tangerang (4-3-3): Rahmamuddin (Kiper); Dallen Doke, Adam Mitter, Agung Prasetyo, Edo Febriansyah (Belakang); Harisson Cardozo, Bae Shin Yeong, Taufiq Febriyanto (Tengah); Irsyad Maulana, Alex Goncalves, Al Achya (Depan)

Video Populer

Foto Populer