Sukses


Duel Kapten Tim PSS vs Arema FC: Adu Kuat Bek Sayap Modern di BRI Liga 1

Bola.com, Bogor - PSS Sleman akan berduel dengan Arema FC dalam lanjutan pekan ketiga BRI Liga 1 2021/2022, Minggu (19/9/2021). Pertarungan ini diprediksi bakal menarik karena kedua tim sejauh ini belum mencatat kemenangan.

PSS dua kali bertanding dan baru mengemas satu poin usai menahan imbang Persija Jakarta 1-1 dan kalah 2-3 dari Persiraja Banda Aceh. Sementara Arema FC dua kali bermain imbang dengan skor identik 1-1 kontra PSM Makassar dan Bhayangkara FC.

Posisi PSS untuk sementara berada di peringkat 16 dengan nilai satu. Arema di peringkat tiga strip diatas PSS dengan torehan dua poin. Praktis, dalam duel nanti bakal berlangsung sengit demi kemenangan perdana yang diincar kedua tim.

Berbicara duel PSS dan Arema, berarti menjadi ajang pertempuran bagi sebelas pemain pilihan dari kedua tim. Akan tetapi, cukup menarik untuk membahas pertempuran antara masing-masing kapten baik di PSS maupun Arema.

Ada nama Bagus Nirwanto di kubu tim Elang Jawa (julukan PSS) dan Johan Ahmad Alfarizi di tim Singo Edan Arema FC. Hal menarik adalah kedua pemain sama-sama berposisi sebagai bek sayap kanan dan kiri. Sehingga akan banyak bertemu langsung di atas lapangan.

Bagus Nirwanto dan Johan Ahmad Alfarizi disebut sebagai pemain berposisi bek sayap modern yang tidak hanya jago dalam urusan mengawal pertahanan. Dalam menyerang pun tidak kalah baiknya.

2 dari 4 halaman

Sama-sama Pilihan Utama

Sosok Bagus Nirwanto merupakan pemain yang sulit dipisahkan dari perjalanan dan kesuksesan PSS dalam berberapa musim terakhir. Ia cukup lama bermain untuk tim pujaan Brigata Curva Sud (BCS) dan Slemania, bahkan sejak tampil di Liga 2.

Puncaknya adalah ikut sukses mengantarkan PSS menjuarai Liga 2 di tahun 2018 dan tampil mengesankan sepanjang Shopee Liga 1 2019. Didapuk sebagai kapten tim, semakin membuatnya matang dan menjadi kepingan penting untuk kualitas pertahanan PSS.

Bagus Nirwanto menjadi andalan dan tak tergantikan disektor bek sayap kanan. Ia memang dikenal memiliki daya jelajah tinggi untuk berani naik turun. Bertahan maupun menyerang juga sama baiknya.

Adapun Ahmad Alfarizi, banyak dikenal sebagai pemain dengan kaki kiri kuat. Sejak promosi ke tim senior Arema FC pada musim 2009, dia selalu menempati posisi sebagai bek kiri hingga kini di bawah naungan pelatih Eduardo Almeida.

Dengan berposisi di sektor kiri, Ahmad Alfarizi ternyata tidak hanya menjadi seorang pemain kidal. Kemampuan kaki kanannya juga kuat dan punya akurasi yang sama. Tidak terlepas ketika menjadi seorang bek tengah pada saat masih di Arema Junior.

Menjadi keuntungan tersendiri bagi Alfarizi punya dua kaki dengan akurasi dan kekuatan sama bagusnya. Dia bisa ditempakkan di bek sayap kanan, kiri, atau posisi lain. Hanya saja sekarang dia lebih sering menggunakan kaki kiri karena tuntutan posisi bermain di Arema FC.

 

3 dari 4 halaman

Siapa yang Lebih Kuat?

Keunggulan dari Bagus Nirwanto adalah piawai mengkoordinasi lini belakang bersama barisan stopper. Kemudian namanya masuk dalam skema penyerangan dengan sering melakukan manuver ke depan dari sisi sayap kanan, membantu Irfan Jaya.

Dia punya ketenangan, kecepatan, kelincahan, akselerasi, dan kemampuan crossing sehingga Bagus Nirwanto seringkali masuk dalam taktik penyerangan oleh pelatih Dejan Antonic di saat momen serangan balik.

Bagus Nirwanto termasuk satu diantara bek sayap mumpuni di Liga Indonesia saat ini. Ia hampir selalu tampil sejak menit pertama, kecuali absen karena akumulasi kartu kuning.

Sementara Johan Ahmad Alfarizi punya kemampuan lain yaitu dalam mengambil bola mati, baik tendangan penalti atau tendangan bebas. Kemampuan kedua kaki yang sama, ia tinggal menentukan untuk mengeksekusi bola dengan kaki kiri atau kanan.

Selama membela Arema, Alfarizi lebih sering menggunakan kaki kiri untuk mengeksekusi tendangan bebas. Tapi dia belum jadi spesialisasi tendangan bebas strategis Arema yang jaraknya dekat dengan gawang. Alfarizi melakukan tendangan bebas saat terjadi pelanggaran di sekitar daerah bek kiri yang ditempatinya.

Sebagai pemain belakang, Alfarizi juga dikenal sebagai bek yang keras dan tanpa kompromi. Ia tak akan membiarkan pemain lawan leluasa menguasai bola dan mengancam wilayahnya. Apalagi di momen saat menghadapi tekanan, Alfarizi tak sungkan melancarkan tekel meski harus berbuah kartu.

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer