Sukses


Hancur Lebur di Pekan Ketiga BRI Liga 1, Aji Santoso Menyesal Persebaya Meremehkan PSM

Bola.com, Bandung - Persebaya Surabaya meraih hasil yang buruk dalam pekan ketiga BRI Liga 1 2021/2022. Tim Bajul Ijo hancur lebur dihajar oleh PSM Makassar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (18/9/2021).

Rachmat Irianto dkk. sebenarnya unggul dulu di menit ke-20 lewat striker Jose Wilkson. Namun, keadaan berbalik dengan PSM yang mampu membalasnya melalui tiga gol sekaligus hasil sumbangan Anco Jansen (30’ dan 37’) dan Yakob Sayuri (38’).

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, mengakui bahwa para pemainnya sempat meremehkan PSM dalam kondisi unggul dulu. Hal itulah yang membuat timnya kemudian kebobolan tiga gol dalam waktu tak sampai 10 menit.

“Setelah unggul, anak-anak sedikit meremehkan, ini yang akan jadi catatan kami. Akhirnya bisa kemasukan yang gol-gol bukan dari kombinasi pemain lawan, tapi kesalahan kami sendiri,” ungkap Aji setelah pertandingan.

PSM memang sukses mengeksploitasi kesalahan lini belakang Persebaya Surabaya yang mulai kacau. Itu diawali dengan pelanggaran yang dilakukan oleh stoper Arif Satria pada menit ke-29.

2 dari 4 halaman

Kesalahan Sepele

Gol pertama PSM bermula dari gelandang Wiljan Pluim mengirim umpan terobosan kepada striker Anco Jansen ke kotak penalti. Bek Arif Satria secara mengejutkan melakukan tekel yang membuat wasit menunjuk titik putih untuk PSM.

Jansen yang mandul dalam dua laga sebelumnya pun tampil sebagai eksekutor penalti. Dia dengan tenang melepas tembakan mendatar saat kiper Persebaya Surabaya, Ernando Ari Sutaryadi sudah tertipu bergerak ke kanan di menit ke-30. Gol Jansen ini membuat kedudukan menjadi 1-1.

Lalu gol kedua lahir akibat bek kanan Syaifuddin melakukan pelanggaran terhadap Ilham Udin Armaiyn yang berbuah tendangan bebas. Ini pun dimanfaatkan oleh Jansen untuk mencetak gol lagi di menit ke-37.

“Golnya dengan tendangan bebas itu dengan gampangnya masuk melalui bol bawah. Padahal, di situ ada beberapa pemain,” ujar Aji Santoso.

3 dari 4 halaman

Gol Mengejutkan

Gol kedua ini memang mengejutkan karena Jansen tidak melepas tembakan keras. Dia memperdaya Ernando lewat tembakan pelan mendatar yang mampu menggetarkan jala gawang Persebaya. Peran Zulkifli yang sempat seolah akan mengubah arah bola mampu mengecoh pergerakan Ernando.

Lalu, gol ketiga lahir berawal dari Jansen yang mengirim umpan tarik dari sisi kiri serangan ke arah Ilham Udin di menit ke-38. Bola ditembak Ilham Udin dan berhasil ditepis Ernando. Bola rebound pun diselesaikan menjadi gol oleh Yakob Sayuri.

“Kami mendominasi permainan di babak pertama. Saya kecewa dengan kekalahan ini karena kesalahan kami. Semua golnya karena kesalahan pemain saya. Ini akan menjadi evaluasi kami untuk pertandingan-pertandingan berikutnya,” tutur pelatih berusia 51 tahun itu.

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer