Sukses


BRI Liga 1: Sisi Kanan Pertahanan Persebaya Keropos, Aji Santoso Pusing

Bola.com, Jakarta - Sisi kanan pertahanan Persebaya Surabaya sedang menjadi sorotan. Penyebabnya, kekalahan yang baru saja mereka alami lahir dari eksploitasi lasan di keroposnya sektor tersebut.

Tim Bajul Ijo itu menelan kekalahan 1-3 dari PSM Makassar pada pekan ketiga BRI Liga 1 2021/2022, Sabtu (18/9/2021). Semua gol yang dicetak para pemain Juku Eja lahir dari serangan yang dilangsungkan sisi sayap kiri alias pertahanan kanan Persebaya Surabaya.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, mulai merasakan dampak absennya bek kanan muda Koko Ari Araya. Pemain asli Surabaya itu selama ini menjadi bek kanan andalan, tapi kini masih mengalami cedera.

"Dengan cederanya Koko, kami memang tidak memiliki banyak stok di posisi bek kanan. Yang ada pemain yang berpengalaman hanya (Mokhamad) Syaifuddin," ungkap pelatih berusia 51 tahun itu.

Syaifuddin yang dipasang sebagai bek kanan melawan PSM sebenarnya bukan nama baru. Meski berposisi asli sebagai stoper, dia beberapa kali dipasang sebagai bek kanan dan mampu menunjukkan penampilan impresif.

Sayangnya, penampilan pemain Persebaya Surabaya berusia 29 tahun itu di luar ekspektasi saat melawan PSM.

 

2 dari 4 halaman

Proses Gol

Itu terlihat dari gol-gol Juki Eja. Gol pertama terjadi setelah Anco Jansen merangsek ke sisi kanan pertahanan masuk kotak penalti sebelum dijatuhkan Arif Satria. Jansen kemudian mencetak gol lewat titik putih.

Gol kedua tercipta setelah Ilham Udin mencoba penetrasi dari sisi kanan yang kemudian bertabrakan dengan Syaifuddin. Jansen kembali membobol gawang Persebaya, tapi kali ini melalui sepakan bebas.

Hal yang sama dilakukan Jansen dengan melepas umpan silang dari sisi kanan pertahanan Persebaya. Sempat disambar oleh Ilham Udin, bola rebound lantas dieksekusi oleh Yakob Sayuri.

 

3 dari 4 halaman

Aji Santoso Kecewa

Secara mengejutkan, Aji Santoso malah menarik keluar Syaifuddin dan memasukkan Ady Setiawan yang notabene seorang gelandang. Ady pada akhirnya tidak bisa tampil maksimal di posisi bek kanan.

"Makanya di babak kedua saya pasangkan Ady di bek kanan karena selain Syaifuddin banyak pemain muda. Tapi, yang jelas, saya cukup kecewa dengan kekalahan ini," imbuh Aji Santoso.

"Karena kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh pemain kami sendiri hingga akhirnya kami kalah. Semua gol bukan dari proses, tapi kesalahan pemain saya," tutur pelatih asli Malang tersebut.

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Persebaya

Video Populer

Foto Populer