Sukses


Deretan Fakta Menarik usai PSS vs Arema FC: Kemenangan Perdana di BRI Liga 1 2021/2022

Bola.com, Jakarta - PSS Sleman berhasil meraih kemenangan perdana di BRI Liga 1 2021/2022. Itu didapat usai mengandaskan perlawanan alot Arema FC di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (19/9/2021) WIB malam.

Laga pekan ketiga BRI Liga 1 2021/2022 berhasil dimenangani PSS 2-1. Skema serangan balik yang dirancang bisa membuat mereka memetik tiga poin meski sempat tertinggal lebih dulu.

PSS sempat memegang kendali serangan di menit awal. Namun justru Arema yang unggul lebih dulu. Di menit 34, kapten tim Arema, Ahmad Alfarizi berhasil memanfaatkan kemelut didepan hasil dari tendangan penjuru.

Arema hampir menggandakan kedudukan. Di menit 45, Fortes berhasil melewati kiper PSS, Ega Rizky. Tapi tendangannya masih bisa dibuang bek Mario Maslac.

Petaka bagi Arema datang di masa injury time babak pertama. Maslac berhasil menanduk bola tendangan sudut dan mengarahkan ke tiang jauh. Kiper Arema, Adilson Maringa tak sanggup menepis bola itu. Skor pun imbang 1-1.

Memasuki babak kedua, PSS mengubah pola permainan. Pelatih Dejan Antonic memasukkan Arsyad Yusgiantoro guna menambah daya dobrak, serta Eduardo Junior dan Wahyu Sukarta pada pertengahan interval kedua.

Benar saja, Junior yang baru masuk kurang dari 10 menit langsung membuktikan kelasnya. Lewat serangan balik cepat, ia berhasil membawa PSS unggul 2-1.

Tertinggal, Arema menambah intensitas serangan. Sayang, hingga akhir laga, mereka gagal menyamakan kedudukan.

PSS Sleman menyudahi perlawanan alot Arema FC dengan skor 2-1 pada pekan ketiga BRI Liga 1 2021/2022.

Laga ini juga memunculkan sejumlah fakta menarik. Bola.com merangkum ada 4 fakta dari duel PSS lawan Arema FC.

 

2 dari 6 halaman

Kemenangan Perdana PSS Musim Ini

Butuh tiga pertandingan bagi PSS untuk meraih kemenangan. Karena dua laga sebelumnya mereka hanya memeti hasil imbang lawan Persija dan takluk dari Persiraja Banda Aceh.

Kemenangan PSS diraih dengan kerja keras. Lantaran saat lawan Arema, mereka lebih banyak ditekan. Terutama di babak kedua.

Apalagi mereka sempat tertinggal lebih dulu. Tapi skema serangan balik yang diterapkan bisa berjalan apik. PSS berhasil membalikkan keadaan.

Tambahan tiga poin ini membuat PSS sementara mentas dari papan bawah. Sebelum laga, mereka menghuni posisi 16. Kini PSS meroket ke papan tengah atau 10 besar.

 

3 dari 6 halaman

Debut Berujung Gol Juninho

Bisa dibilang kemenangan PSS berkat kecerdikasn pelatih Dejan Antonic memasukkan striker asingnya, Eduardo Jose Barbosa Junior alias Juninho di pertengahan babak kedua.

Penyerang asal Brasil itu berhasil mencetak gol kemenangan PSS di menit 80. Atau 6 menit setelah dia masuk sebagai pengganti.

Padahal, Juninho baru beberapa hari diperkenalkan sebagai pemain baru PSS. Namun dia bisa memaksimalkan peluang pertama yang didapat jadi sebuah gol di laga debut.

Saat Juninho masuk, lini belakang Arema konsentrasinya juga mulai terpecah. Mereka terlalu fokus membantu serangan tim. Ketika sebuah serangan balik datang, Juninho bisa dapat bola dan mengarahkan ke sudut gawang Arema yang dikawal Adilson Maringa.

 

4 dari 6 halaman

Pemain Bertahan Lebih Banyak Cetak Gol

Dari tiga gol yang lahir di lag aini, dua diantaranya dicetak pemain belakang. Yakni Ahmad Alfarizi dari Arema dan Mario Maslac di PSS. Keduanya mencetak gol yang bermula dari tendangan penjuru. Kebetulan dua gol itu sama-sama lahir di babak pertama.

Ini jadi indikasi kedua tim sama-sama ngotot ingin meraih kemenangan perdana di BRI Liga 1. Sehingga saat situasi bola mati, para pemain bertahan pun berjuang memaksimalkannya jadi gol. Jadi, tugas mereka tak sekedar menghadang serangan lawan. Tapi juga memaksimalkan peluang yang didapat dalam situasi bola mati.

 

5 dari 6 halaman

Dave dan Yudo Hadapi Mantan Tim

Ada dua pemain eks PSS di musim 2019 yang kini membela Arema FC. Dave Musatine dan Kushedya Hari Yudo. Dua pemain ini dipercaya pelatih Arema, Eduardo Almeida jadi starter. Untuk Yudo, dia sudah jadi langganan pemain inti. Namun Dave, baru kali ini dipasang sejak menit awal.

Bisa jadi, Almeida ingin melihat semangat ekstra ketika Dave dan Yudo melawan bekas timnya. Tapi di sisi lain, cara bermain mereka memang dibutuhkan. Yudo ada disayap dengan skill dan kecepatannya. Sementara Dave jadi gelandang serang. Dua laga sebelumnya, masih mencari gelandang serang yang pas. Sayang, Dave harus ditarik keluar menit 53. Arema ingin menambah daya gedornya dengan memasukkan striker Dedik Setiawan.

Laga ini juga kali pertama Yudo dan Dave melawan PSS dengan mengenakan seragam Arema. Musim 2020 lalu mereka sudah membela Singo Edan. Tapi kompetisi terhenti akibat pandemi virus corona. Dan Arema belum sempat bersua dengan PSS.

6 dari 6 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2021/2022

Video Populer

Foto Populer