Sukses


    PSSI Isyaratkan Berminat, Indonesia Berpeluang Jadi Tuan Rumah Piala AFF 2020

    Bola.com, Jakarta - Piala AFF 2020 akan digelar dengan format home tournament atau secara terpusat. PSSI mengisyaratkan tertarik untuk menjadi tuan rumah.

    Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) masih mencari tuan rumah untuk Piala AFF 2020. Sejauh ini, Thailand dan Kamboja telah terang-terangat berminat untuk menjadi penyelenggara.

    "Soal kemungkinan menjadi tuan rumah Piala AFF 2020, kami masih proses negosiasi secara lisan dengan AFF," kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi kepada Bola.com, Rabu (22/9/2021).

    "Kami juga masih menunggu proposal dari AFF tentang hak dan kewajiban sebagai tuan rumah Piala AFF 2020," tutur Yunus Nusi.

    Piala AFF 2020 bakal berlangsung pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. AFF baru melakukan pengundian babak penyisihan pada Selasa (21/9/2021).

    AFF terpaksa mengubah format Piala AFF 2020. Akibat pandemi COVID-19, turnamen dua tahunan yang tertunda selama setahun itu tidak bisa dimainkan secara normanl.

    "AFF telah mengambil keputusan untuk menggelar Piala AFF 2020 di tempat yang terpusat ketimbang kandang dan tandang," tulis AFF dalam lamannya.

    "AFF saat ini sedang dalam tahap akhir pemilihan tuan rumah untuk Piala AFF 2020 dan akan memberitahu kelanjutannya dalam beberapa pekan ke depan," lanjut pernyataan AFF tersebut.

    2 dari 4 halaman

    Demi Keselamatan Para Peserta

    Presiden AFF, Khiev Sameth, menyatakan pihaknya memprioritaskan keselamatan dan kesehatan para peserta dengan menerapkan format sentralisasi Piala AFF 2020.

    "Kami sekarang sedang berkoordinasi dengan asoasiasi anggota yang telah menawarkan diri menjadi tuan rumah untuk mengonfirmasi rencana operasional yang aman dan terjamin nantinya," tutur Khiev Sameth.

    "Kami akan melakukan yang kami bisa, bekerja dengan otoritas terkait untuk memastikan keselamatan semua peserta dan ini memberi kami manfaat yang baik ketika turnamen dimulai pada Desember 2021," jelasnya.

    3 dari 4 halaman

    Drawing Piala AFF 2020

    Dalam drawing Piala AFF 2020, Timnas Indonesia tergabung di Grup B. Tim berjuluk Skuad Garuda itu akan menghadapi Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos.

    Timnas Indonesia bakal memulai kampanyenya di Piala AFF 2020 dengan melawan Kamboja pada 9 Desember 2021. Adapun, partai penuh gengsi dengan Malaysia akan berlangsung pada 19 Desember 2021.

    Sementara Grup A, berisikan Thailand, Myanmar, Filipina, Singapura, dan pemenang babak kualifikasi antara Brunei Darussalam/Timor Leste.

    4 dari 4 halaman

    Hasil Pengundian Grup

    Grup A

    • 1. Thailand
    • 2. Myanmar
    • 3. Filipina
    • 4. Singapura
    • 5. Brunei Darussalam/Timor Leste

    Grup B

    • 1. Vietnam
    • 2. Malaysia
    • 3. Timnas Indonesia
    • 4. Kamboja
    • 5. Laos

    Video Populer

    Foto Populer