Sukses


    Flashback Timnas Indonesia di Piala AFF 1998: Skuad Garuda Rasa Persebaya dan Berujung Pahit

    Bola.com, Jakarta - Kiprah Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 1998 dikenang sebagai salah satu momen terburuk pada sejarah sepak bola Tanah Air.

    Tragedi sepak bola gajah yang terjadi di laga Timnas Indonesia versus Thailand yang sama-sama menghindari Vietnam pada babak semifinal menjadi aib sampai dengan saat ini.

    Di luar aksi aib bagi sepak bola Indonesia itu, permainan Bima Sakti dkk. sebenarnya cukup menjanjikan.

    Itulah mengapa hingga kini banyak yang menyayangkan ketidakpercayaan diri Timnas Indonesia hingga terpaksa menempuh jalan pintas demi menghindari Vietnam.

    Dari 20 pemain yang dibawa Rusdy Bahalwan, didominasi pemain Persebaya sehingga kala itu sempat ada ungkapan "timnas rasa Persebaya".

    Pemilihan pemain yang dibawa ke Vietnam itu juga memunculkan kontroversi tersendiri karena almarhum Rusdy dinilai tidak objektif.

    2 dari 3 halaman

    9 Pemain Persebaya

    Selain sang pelatih, Rusdy Bahalwan, ada sembilan pemain tim Bajul Ijo di Skuad Garuda. Mereka adalah Hendro Kartiko, Bejo Sugiantoro, Yusuf Ekodono, Khairil Anwar, Uston Nawawi, Anang Ma’ruf, Hartono, Aji Santoso, dan Mursyid Effendi.

    Dari catatan yang ada, status pemain tertua di Timnas Indonesia pada Piala AFFF 1998 dipegang Yusuf Ekodono dengan usia 31 tahun sedangkan pemain termuda dipegang Uston Nawawi (20 tahun).

    Dari empat pertandingan yang dijalani Timnas Indonesia, dua pemain, yakni Miro Baldo Bento dan Aji Santoso, menyumbang masing-masing tiga gol. Hanya berselisih satu gol dari top scorer turnamen asal Myanmar, Myo Hlaing Win.

    Di sisi lain, pada penyelenggaraan Piala AFF 1998 ini sebenarnya Indonesia (Jakarta) didapuk sebagai tuan rumah. Namun, karena situasi yang belum kondusif pasca lengsernya Presiden Soeharto, AFF memindahkan lokasi turnamen ke Ho Chi Minh (Grup A) dan Hanoi (Grup B), Vietnam.

    3 dari 3 halaman

    Daftar Pemain Timnas Indonesia di Piala Tiger 1998

    Daftar Pemain Timnas Indonesia di Piala Tiger 1998

    Kiper: Kurnia Sandy, Hendro Kartiko

    Belakang: Anang Ma'ruf, Aji Santoso, Mursyid Effendi, Hartono, Alexander Pulalo, Sugiantoro. M. Halim, Nur'alim, Khairil Anwar Ohorella

    Tengah: Imam Riyadi, Bima Sakti, Kuncoro, Uston Nawawi, Jatmiko

    Depan: Widodo Cahyono Putro, Yusuf Ekodono, Miro Baldo Bento, Kurniawan Dwi Yulianto

    Pelatih: Rusdy Bahalwan

    Video Populer

    Foto Populer